Usaha yang Modalnya Kecil Untungnya Besar

Usaha yang Modalnya Kecil Untungnya Besar

Posted on

Usaha yang Modalnya Kecil Untungnya Besar – Bisnis modal kecil yang menggiurkan seringkali menjadi kendala bagi mereka yang tertarik untuk memasuki dunia bisnis. Bahkan di masa yang kompleks saat ini, ini bukan lagi halangan besar.

Saat ini sudah banyak bisnis modal kecil yang menggiurkan dengan prospek yang bagus untuk pemula atau bisnis rumahan. Belakangan ini bisnis modal kecil untung besar ini menjadi trend bisnis yang diminati banyak kalangan milenial. Namun, tidak dapat disangkal bahwa orang lain mungkin tertarik dengan ini juga.

Seiring dengan perkembangan zaman, roda perekonomian pun ikut berkembang. Industri yang sudah ada sejak lama mengalami kemajuan, dan banyak yang baru bermunculan seolah-olah tidak ingin kehilangan daya saing.

Meskipun ada banyak cara untuk memulai bisnis kecil dan menghasilkan keuntungan besar, masih banyak orang yang takut untuk keluar dari zona nyaman mereka. Padahal, dengan memulai bisnis rumahan dengan modal kecil akan membuka pintu bagi pengusaha dengan potensi keuntungan yang tinggi.

Selain itu, mereka memiliki fleksibilitas untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran mereka, mendapatkan lebih banyak uang, dan mereka memiliki kekuatan untuk mengatur waktu masuk dan keluar mereka sendiri. Sangat penting untuk menyadari alasan ini dan mendorong kita untuk melakukan bisnis di rumah kita sendiri.

Memiliki bisnis dengan modal kecil tidak lagi sulit. Apalagi di zaman yang sudah merambah teknologi dan media sosial. Peluang untung besar semakin lebar.

Namun, menjalankan bisnis membutuhkan pola pikir dan filosofi yang matang. Jangan sampai usaha modal kecil yang Anda jalankan menggantikan posisi untung, atau malah mandek.

Di era serba digital ini, seharusnya mudah bagi Anda untuk memasarkan produk dan memperluas jangkauan tanpa menghabiskan banyak uang.

Baca juga:

Contoh Daftar Peluang Bisnis Modal Kecil Untungnya Besar ditahun 2022

Jika Anda masih bingung memilih bisnis kecil tapi menguntungkan, artikel ini akan merangkum beberapa jenis bisnis yang bisa Anda jalankan dengan modal kecil. Tentu saja ada juga peluang keuntungan yang besar.

Usaha Jastip (Jasa titip)

Bisnis modal kecil untung besar berikutnya adalah bisnis jastip atau biasa disebut jasa titipan. Usaha titipan ini merupakan usaha kecil-kecilan yang menarik dan menggiurkan. Modal yang harus dimiliki juga tidak terlalu besar. Keuntungan dari jasa titipan untuk pembelian barang titipan.

Usaha modal kecil yang menghasilkan uang besar dalam jasa titipan ini memang tergolong baru di Indonesia. Dengan berkembangnya teknologi dan media sosial, bisnis jasa pengiriman ekspres ini semakin diminati. Variasinya juga sangat kaya, mulai dari jasa pengiriman luar negeri hingga jasa penyimpanan kargo di kota-kota besar di Indonesia. Umumnya barang yang paling banyak dicari untuk dijual adalah kosmetik, makanan, furniture, pakaian dan mainan anak.

Target pasar dan promosi adalah kunci sukses bisnis modal kecil untung besar ini. Jika Anda memiliki target pasar untuk barang-barang bermerek, Anda juga harus mencari pembeli dari orang-orang yang mencari kepercayaan pembelian barang-barang bermerek. Promosi jasa titipan Anda juga harus gencar untuk mendapatkan kepercayaan dari pembeli yang mempercayakan pembeliannya dari Anda. Jadi, dalam bisnis jasa titipan ini dananya kecil, dan Anda hanya perlu kepercayaan pembeli untuk menyetorkan pembelian ke Anda.

Dropshipper

Jika Anda ingin menggunakan dana yang ada untuk mempertahankan sisi pemeliharaan bisnis Anda, menjadi dropshipper bisa menjadi pilihan yang menarik untuk memulai bisnis modal kecil yang akan Anda jalani selama masa pandemi. Sebagai pengirim, Anda adalah penjual dan pembeli produk.

Pada dasarnya, Anda membeli barang berdasarkan pesanan pelanggan Anda. Dalam bisnis kecil yang menguntungkan ini, yang Anda butuhkan hanyalah pemasok produk atau informasi produk yang dapat Anda bagikan dengan pelanggan setia Anda. Kemudian Anda tinggal meneruskan pesanan tersebut ke pemasok produk.

Bisnis Jajan/Camilan

Bisnis jajanan atau jajanan tidak hanya diminati oleh anak-anak, tetapi juga oleh orang dewasa. Berawal dari pelajar dan pekerja kantoran, banyak orang yang suka jajan sambil beraktivitas.

Tak perlu bergantung pada jenis jajanan yang membutuhkan bahan mahal. Camilan berbahan tapioka, kentang, dan ubi jalar juga populer. Untuk usaha kecil yang menguntungkan, membuat keripik tapioka dalam berbagai rasa bisa menjadi pilihan yang menjanjikan.

Misalnya, hanya dibutuhkan 8-10 kg singkong untuk membuat 200 bungkus keripik kentang, yang kemudian diolah dan ditambahi berbagai bumbu. Bahkan usaha kecil yang menguntungkan tidak memiliki banyak uang. Jika Anda seorang karyawan atau pelajar swasta, Anda bisa mulai menggembar-gemborkan dagangan Anda ke rekan atau teman terdekat dengan rasa dan kualitas yang terjamin.

Waralaba / Bisnis Waralaba (Usaha Franchise)

Bisnis Waralaba atau Waralaba adalah bisnis yang beroperasi dalam kemitraan atau kemitraan dengan perusahaan yang produknya dikenal luas. Bisnis franchise ini memiliki peluang bisnis modal kecil yang menjanjikan. Sebab, Anda hanya perlu menjual produk yang sudah terkenal tanpa pemasaran yang pasti akan lebih cepat menarik pembeli.

Sebenarnya bisnis franchise ini sudah berkembang sejak lama, namun sebagian orang beranggapan bahwa bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar, dan hanya untuk bisnis makanan saja. Sebenarnya banyak sekali pilihan franchise yang dimulai dengan modal kecil, dan tentunya bisnis franchise ini lebih dari sekedar makanan. Sekarang sudah ada waralaba jasa laundry, gas, jasa pengiriman, bahkan waralaba tambal ban.

Oleh karena itu, bisnis franchise ini sangat menjanjikan bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis modal kecil dan mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan modal terbatas, Anda dapat memulai bisnis dengan produk perusahaan terkenal yang dapat Anda kembangkan dan memuaskan pembeli. Kunci dari bisnis franchise ini adalah melihat dengan cermat peluang bisnis, memilih jenis bisnis dan mitra bisnis yang terpercaya.

Bisnis kaos Pre Order

Industri fashion selalu berkembang dan tidak pernah mati, menjadi salah satu konsep bisnis yang bermodal kecil dan untung besar. Namun, memulai bisnis pakaian membutuhkan banyak modal. Jika Anda ingin memulai bisnis pakaian kecil-kecilan, Anda bisa memulainya dengan bisnis yang menjual kaos secara pre-order.

Dengan uang yang tidak terlalu banyak, Anda sudah bisa mulai mengembangkan bisnis pre-order kaos. Melalui sistem pre-order, hanya kaos atau pakaian jadi lainnya yang akan diproduksi jika ada pembeli yang berminat membelinya. Untuk meminimalkan biaya produksi, Anda dapat menetapkan batas minimum order untuk meningkatkan produksi.

jenis bisnis di atas adalah beberapa saran yang bisa Anda coba jalankan. Anda bisa mencari jenis usaha modal kecil hingga besar lainnya berdasarkan kondisi dan potensi yang ada di sekitar Anda. Berikut adalah beberapa tips startup agar sukses dalam berwirausaha.

Bisnis Laundry Kiloan

Banyak orang memilih jasa mencuci dengan membayar orang lain karena dianggap lebih praktis. Apalagi jika Anda tinggal di rumah kost. Bisnis laundry kiloan adalah angin segar dan bisa menguntungkan.

Banyak sekali penawaran paket usaha laundry kiloan yang rata-rata hanya membutuhkan modal awal sekitar Rp 5 juta. Ini masih sangat dapat disesuaikan.

Bisnis Jahit baju

Memiliki keterampilan tertentu memang merupakan anugerah. Dengan kemampuan tertentu, seperti menjahit, dapat digunakan untuk mencari keuntungan yang maksimal.

Tentunya di sini Anda harus memiliki keterampilan menjahit yang baik yang dipercaya banyak konsumen.

Layanan terjemahan

Memiliki kemampuan bahasa asing bisa menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Dengan menjadi penerjemah, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Anda hanya dapat memanfaatkan sepenuhnya keterampilan yang Anda miliki.

Buka Bisnis Fashion

Berbisnis di bidang fashion bisa dikatakan tidak ada habisnya. Karena apa yang dipakai orang merupakan kebutuhan pokok yang akan selalu terpenuhi. Juga, fashion dapat melambangkan cara hidup seseorang.

Apalagi saat ini ada tren bisnis thrift store yang tidak mengharuskan Anda merogoh kocek dalam-dalam. Anda bisa menggunakan media sosial sebagai tempat berbisnis. Dengan demikian, Anda menghemat biaya sewa toko karena bisa memasarkan langsung melalui media sosial.

Bergabunglah dengan Pemasaran Afiliasi

Saat ini bisnis modal kecil yang populer bergabung dengan program afiliasi. Anda akan mempromosikan barang dagangan orang lain di pasar di akun media sosial Anda.

Anda akan diuntungkan jika ada yang tertarik dan membeli barang tersebut melalui link yang Anda bagikan. Apalagi jika Anda memiliki banyak pengikut di media sosial, tentu ini merupakan peluang besar untuk mendapatkan keuntungan dari program afiliasi.

Guru Les

Menjadi seorang guru les tidak membutuhkan biaya yang besar. Selain dapat mengambil manfaat dari mengajar les, Anda juga dapat menggunakan ilmu yang Anda miliki untuk dibagikan kepada orang lain.

Tips Memulai bisnis Modal kecil

Di atas merupakan beberapa rekomendasi yang bisa coba Anda jalankan. Anda bisa mencari jenis bisnis modal kecil untuk besar lainnya sesuai dengan kondisi dan potensi yang ada di daerah sekitar Anda. Untuk mencapai kesuksesan dalam memulai usaha Anda sendiri, berikut ini ada beberapa tips memulai berbisnis.

Pilih jenis bisnis berdasarkan minat Anda

Tips cara menjalankan toko online tanpa modal sangatlah penting. Mengapa? Karena sebelum memulai bisnis, Anda harus menentukan ruang lingkup bisnis Anda berdasarkan minat Anda. Tujuannya agar bisnis yang akan Anda lakukan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Berdasarkan minat tersebut, Anda akan merasa lebih bersemangat dan pekerjaan membangun bisnis ini akan lebih mudah. Cara memulai bisnis ini dengan minat yang sesuai dengan bidang Anda dan hindari memilih bisnis yang tidak sesuai dengan minat Anda. Misalnya, jika Anda memiliki keterampilan dan hobi kuliner, maka jelas Anda akan memilih untuk masuk ke bisnis kuliner atau semacamnya. Dari hobi Anda, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Tentukan kapan harus memulai bisnis

Tentukan waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Jangan terburu-buru dalam mengatur waktu, karena berwirausaha bukanlah permainan. Jangan khawatir, karena memulai bisnis membutuhkan perhitungan yang cermat dan kesalahan sekecil apa pun dapat menyebabkan kerugian.

Misalnya, di bulan suci Ramadhan, bisnis yang paling cocok adalah menjual pakaian muslim dan kue lebaran. Dari contoh ini, Anda dapat dengan jelas memahami waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Jadi pilihlah waktu yang tepat untuk memulai bisnis Anda.

Gravatar Image
Saya aneli kuala salah satu penulis di website waktubaca.com yang sudah berpengalaman, dan saya hobi menulis kegiatan travelingku sendiri. Saya juga lulusan dari Universitas terkenal di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *