15+ Rekomendasi Film Horor Terseram Terbaik Sepanjang Masa

Rekomendasi Film Horor – Mencari tontonan seru sekaligus memicu adrenalin? Menonton film horor terseram bisa jadi pilihan lho. Ada banyak film horor yang memiliki jalan cerita menarik dan jumpscare yang menegangkan. Tak hanya itu, beberapa film horor ini juga diangkat dari kisah nyata. Jadi, jangan heran jika kamu akan dibuat merinding saat menyaksikannya.

Saat menonton film horor ini, sebaiknya kamu juga ditemani oleh pasangan kamu. Selain membuat suasana tidak seram, menonton film bersama pasangan juga bisa menjadi momen berkualitas untuk meningkatkan bonding.

Penasaran apa saja film horor terseram yang bisa menjadi menu hiburan kamu? Melansir berbagai sumber, yuk langsung saja simak rekomendasi terbaiknya di bawah ini!

15 Rekomendasi Film Horor Terseram Terbaik Sepanjang Masa

Nah, dilansir dari Broadband Choice (perusahaan pembanding seluler, televisi, dan internet) melakukan penelitian berjudul The Science of Scare. Studi ini dirancang untuk menentukan film paling menakutkan sepanjang masa.

The Science of Scare 2021 melibatkan 250 peserta untuk menonton 40 film horor terseram di dunia. Film-film tersebut dipilih berdasarkan riset tahun sebelumnya dan film-film baru dari rekomendasi di Reddit (situs forum) dan kritikus film.

Selama penelitian, setiap peserta dihubungkan ke monitor detak jantung untuk mengukur efek film terhadap detak jantung rata-rata peserta dibandingkan dengan detak jantung istirahat rata-rata mereka, yaitu 64 detak per menit (BPM). Ini dilakukan di bawah pengawasan medis.

Nah, berdasarkan hasil riset tersebut, berikut adalah rekomendasi film horor terbaik dan terseram.

Film The Counjuring Series (2013 – 2021)

Merupakan film horor supranatural dari barat yang sangat populer. Pertama kali dirilis pada tahun 2013, film ini juga berhasil mencuri perhatian dan kini memiliki total 3 season.

“The Counjuring” bercerita tentang perjalanan Ed dan Lorraine Warren, sepasang pengusir setan. Dalam ketiga musim film tersebut, keduanya harus menghadapi jenis iblis yang berbeda yang mengganggu kedamaian dan kehidupan manusia.

Mulai dari roh yang merasuki boneka seram terkenal seperti Anabelle, iblis bernama Valak, dan yang terbaru kasus kerasukan akibat ulah para pemuja setan yang mengorbankan banyak nyawa.

Menariknya, kisah dalam film “The Counjuring” juga diambil dari kisah nyata. Tidak lain adalah pengalaman pengusir setan Ed dan Lorraine Warren yang memang ada di dunia nyata.

Film The Exorcism of Emily Rose (2015), Film Horor Terseram Sepanjang Masa

Film The Exorcism of Emily Rose (2015), Film Horor Terseram Sepanjang Masa

Sama seperti “The Counjuring”, “The Exorcism of Emily Rose” juga diambil dari kisah nyata, yaitu kejadian yang menimpa seorang wanita bernama Anneliese Michel di tahun 1950-an.

Film ini bercerita tentang Emily Rose yang meninggal setelah melakukan ritual pengusiran setan dari tubuhnya. Namun, seorang pengacara bernama Erin Bruner tidak percaya bahwa wanita tersebut meninggal karena kerasukan. Dia juga mengambil kasus ini dan menuduh Pendeta Richard Moore membunuh Emily.

Film Us (2019), Film Horor Terseram Bertema Psikologis

Ini adalah film thriller horor yang disutradarai oleh Jordan Peele. Walaupun tidak ada setan atau makhluk gaib, film “Us” adalah salah satu film horor terbaik yang bisa bikin merinding.

Menceritakan tentang sebuah keluarga yang sedang berlibur di suatu tempat. Namun, di saat yang sama, sekelompok keluarga berbaju merah lain yang mirip dengan mereka datang dan mencoba membunuh.

Film Hereditary (2018)

Film Hereditary (2018)

Merupakan film horor Hollywood yang menceritakan tentang sebuah keluarga. Anak pertama dari keluarga ini sangat ingin hidup bebas, sedangkan adiknya adalah sosok yang unik. Suatu hari, keluarga itu dilanda banyak teror mengerikan.

Film Don’t Breathe (2016)

Sesuai dengan judulnya, film horor ini akan membuat kalian sesak napas saat menontonnya karena saking menyeramkannya. Ini adalah film thriller horor dari Hollywood. Meski bukan tentang makhluk gaib, “Don’t Breath” adalah salah satu film horor terseram yang wajib kamu tonton.

Film Sinister (2012)

Waktubaca, “Sinister” adalah film yang bisa memicu adrenalin Anda. Bahkan, menurut para pakar film, inilah film horor paling seram dan mencekam sepanjang masa.

Bercerita tentang seorang penulis yang harus pindah rumah. Namun, saat menempati rumah tersebut, penulis mendapat banyak teror mengerikan yang mengancam nyawanya.

Film Insidious (2010)

Film Insidious (2010)

Ini adalah film horor populer yang harus ditonton. Meski plotnya cenderung klasik, “Insidious” punya cara tersendiri untuk membuat penonton merinding. Hingga saat ini, film “Insidious” telah memiliki total 3 film seri.

Film The Autopsy of Jane Doe (2016)

Satu lagi film horor Hollywood yang menarik untuk ditonton. Film ini bercerita tentang mayat wanita berjuluk Jane Doe yang sedang diotopsi. Namun, selama proses otopsi, banyak hal aneh dan menakutkan yang terjadi.

Film The Exorcist (1973)

Film The Exorcist (1973)

THE EXORCIST adalah film horor Amerika yang diadaptasi dari novel tahun 1971 dengan judul yang sama karya William Peter Blatty, tentang seorang gadis kecil yang dirasuki setan dan upaya nekat ibunya untuk mencoba menyembuhkan putrinya melalui ritual eksorsisme atau pengusiran setan yang dilakukan oleh dua orang. Pendeta Katolik.

Film dan novel ini terinspirasi dari kisah nyata, di mana pengusiran setan dilakukan pada tahun 1949 pada seorang anak laki-laki berusia 14 tahun. Film ini menjadi salah satu film horor paling menguntungkan sepanjang masa di seluruh dunia. Film THE EXORCIST juga mendapat sepuluh nominasi Oscar.

Namun, faktanya film THE EXORCIST dilarang di masing-masing kota dan negara karena alasan yang terlalu mengerikan atau menakutkan, dan juga karena alasan agama di beberapa negara. Nggak heran kalau THE EXORCIST jadi salah satu rekomendasi film horor terseram yang sayang banget untuk kamu lewatkan.

Film The Amityville (1979)

Film THE AMITYVILLE HORROR 1979 merupakan salah satu film horor klasik dan tentunya yang terbaik dari semua adaptasinya, baik dalam jumlah sekuel maupun remake. Ya, film yang diadaptasi dari kisah nyata ini sudah beberapa kali dibuat, namun THE AMITYVILLE HORROR tahun 1979 cukup sukses.

Gaya penceritaan horor tahun 70-an ini tidak kalah dengan horor klasik lainnya, seperti THE EXORCIST (1973) atau THE OMEN (1976), namun disajikan dalam narasi horor yang realistis, sehingga layak untuk dinikmati. Nggak heran kalau film THE AMITYVILLE HOROR menjadi salah satu rekomendasi film horor terseram yang sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Film The Shining (1980)

Film The Shining (1980)

Rekomendasi film horor terseram selanjutnya adalah film berjudul THE SHINING. Film ini dirilis pada tahun 1980. Film THE SHINING merupakan salah satu film horor besutan sutradara kawakan Stanley Kubrick. Diadaptasi dari novel Stephen King dengan judul yang sama, film ini bercerita tentang Jack Torrance, yang bekerja sebagai juru kunci di sebuah hotel bersejarah di Colorado.

Dia mengurus hotel dengan nama Overlook Hotel ini bersama dengan istrinya Wendy dan bayinya Danny. Seiring berjalannya waktu, Danny melihat masa lalu hotel yang mengerikan. Kondisi mental Jack juga memburuk seiring berjalannya waktu karena pengaruh kekuatan supranatural di hotel tersebut. THE SHINING sebenarnya cerita fiksi lho KLovers.

Namun, latar belakang ceritanya terinspirasi dari salah satu hotel bersejarah yaitu Stanley Hotel yang juga menginspirasi terciptanya novel The Shining. Dan menjadi salah satu rekomendasi film horor terseram yang tidak boleh kamu lewatkan.

Film The Possession (2012)

Rekomendasi film horor terseram selanjutnya adalah film berjudul THE POSSESSION. Film yang rilis pada tahun 2012 ini merupakan salah satu film horor supranatural Amerika yang disutradarai oleh Ole Bornedal. Film ini diangkat dari kisah nyata kotak Dybbuk yang diduga berhantu.

THE POSSESSION bercerita tentang Emily, seorang gadis remaja yang menemukan kotak Dybbuk di rumah ayahnya, Clyde Brenec. Setelah bertemu dengan kotak itu, tingkah laku Emily berangsur-angsur menjadi semakin aneh. Film THE POSSESSION terinspirasi dari sebuah laporan di sebuah surat kabar tentang sebuah keluarga yang melawan setan yang dikenal sebagai ‘Dybbuk’.

Dalam cerita rakyat Yahudi, roh dalam kotak Dybbuk dikatakan mampu merasuki tubuh manusia dan melahapnya. Nah, film ini menjadi salah satu rekomendasi film horor terseram yang sangat sayang untuk kamu lewatkan.

Film Sam Was Here

Film Sam Was Here

Rekomendasi film horor terseram selanjutnya adalah SAM WAS HERE. Film yang mengambil setting tahun 1998 ini bercerita tentang seorang salesman bernama Sam. Dia menjelajahi daerah California, alih-alih menemukan seseorang atau sesuatu untuk dicari, dia malah mendapat masalah.

Mobilnya mogok di tempat yang benar-benar sunyi dan tegang. Keadaan semakin parah ketika terjadi teror dan munculnya orang-orang yang ingin membunuhnya. Lalu, apa yang akan terjadi pada Sam selanjutnya? Tonton sendiri film ini!

Film Paranormal Activity

Ada film yang disebut fenomenal di kalangan pecinta horor. Maka dari itu, wajar jika film berjudul PARANORMAL ACTIVITY ini masuk dalam rekomendasi film horor terbaik untuk kamu tonton. Secara garis besar film ini bercerita tentang pasangan muda yang sering diganggu oleh kekuatan gaib dari malam hingga pagi hari.

Layaknya orang yang tidak percaya hantu, Katie (Katie Featherston) dan Micah (Micah Sloat) juga merasa skeptis. Memasang kamera video adalah langkah yang mereka pilih. Akhirnya mereka bisa mengetahui semua ketegangan yang terjadi. Gangguan yang datang semakin parah dan suasana semakin mencekam.

Film Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

Film Keluarga Tak Kasat Mata (2017)

Tidak hanya film barat, ada juga film horor Indonesia yang diambil dari kisah nyata. Meskipun sebagian besar berasal dari legenda dan cerita rakyat. Sebut saja film Keluarga Tak Kasat Mata yang rilis pada 2017. Disutradarai oleh Hedy Suryawan, sedangkan ceritanya ditulis oleh Bonaventura Genta, Lele Laila dan Evelyn Afnilia.

Cerita ini berdasarkan pengalaman mistis yang ditulis oleh Bonaventure Genta di sebuah forum internet. Genta dan teman-temannya bekerja di perusahaan yang sama di Yogyakarta. Ketika mereka pindah ke gedung perkantoran, mereka mulai mengalami hal-hal aneh dan malam mereka menjadi saat-saat tegang karena roh.

Dan yang lebih mencengangkan, membuat cerita hantu ini. Ternyata bukan main-main lho KLovers. Ya, pembuatan film ini meminta izin terlebih dahulu kepada arwah yang menunggu di kantor. Maka, tak heran jika film Keluarga Tak Kasat Mata menjadi salah satu rekomendasi film horor terseram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *