10 Foto Tebing Keraton Bandung Tips Lokasi Fasilitas Tiket Masuk 2020

3 min read

wisata tebing keraton

Kota Bandung merupakan salah satu kota terbesar di Jawa barat, terdapat beberapa tempat wisata bandung yang hits dan terkenal seperti wisata alam tebing keraton dago dengan pemandangan dan panorama alam yang sangat alami menambah kesan sejuk dan nyaman.

Sebuah wisata alam yang cocok dijadikan sebagai tempat relaksasi bersama alam yang asli. Tempat wisata alam ini dikenal dengan tebing keraton bandung atau tebing karaton dago yang mempunyai view atau pemandangan lembah, hutan hijau dengan semilir angin serta kabut tebal yang bisa kamu saksikan pada pagi hari.

Jika kamu ingin mendapatkan foto terbaik datanglah lebih awal saat menjelang waktu pagi hari seperti melihat sunrise atau datang sore hari untuk melihat sunset.

Harga tiket masuk

harga tiket masuk tebing keraton

Alamat: Ciburial, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40198
Htm: Rp. 11.000 per orang
Telepon: (022) 2515895
Lokasi google maps: klik disini
Jam buka/tutup: Buka setiap hari pukul 05:00-18:00 WIB

Para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan suasan tempat di tempat wisata bandung ini akan dikenakan biaya masuk yang cukup murah.

Harga tiket masuk tebing keraton terbaru 2020 sekitar Rp.15.000 per orang, lalu untuk wisatawan asing atau WNA akan dikenakan harga tiket masuk (htm) sekitar Rp.76.000 per orang, selain itu jika pengunjung membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir Rp.5.000 untuk motor dan Rp.10.000 mobil.

Bagaimana sangat murah bukan untuk ukuran wisata alam yang memberikan sebuah landscape yang sangat indah.

Baca juga:

Lokasi

lokasi tebing keraton bandung

Alamat dan lokasi tebing keraton berada dekat dengan pusat kota Bandung yang masih dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, terletak di kampung Ciharegen puncak, desa ciburial, bandung Jawa barat.

Jalur dan akses jalan tebing keraton bandung cukup mudah dilalui kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.

Berikut cara menuju lokasi tebing keraton dengan menggunakan kendaraan mobil dan motor

Berkendaralah ke arah utara menuju terminal Dago lalu kearah juanda, mungkin akan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 16 menit.

Selanjutnya ke arah ciburial atau yang dikenal dago pakar dan carilah jalan ke arah kawasan tama hutan raya (tahura), setelah itu lihat penunjuk jalan menuju tebing keraton, lalu beloklah ke kanan.

gambar tebing keraton dago

Ikuti arah jalan yang cukup sempit yang membawa kamu melewati pemukiman rumah penduduk, perjalanan sudah dekat ketika kamu menemukan warung skuteng atau bandrek, setelah itu kamu harus melewati beberapa tanjakan yang tidak rata ke arah kampung Ciharegam Puncak.

Yes sampai Lokasi. Eiss tunggu dulu..

Nah tantangan selanjutnya kamu ada 2 pilihan jika kamu membawa kendaraan mobil, untuk sampai atas tebing, kamu bisa berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek dengan biaya yang cukup mahal untuk sampai ujung tebing yakni sekitar 50 ribu per orang bisa di nego.

Jika kamu takut kesasar atau tidak tahu sama sekali jalan sekitar sini, Rekomendasi agar Lebih mudah gunakan google maps jika kamu bukan asli warga bandung silahkan klik disini

Bisa juga kamu gunakan jasa ojek online seperti grab dan gojek.

Namun jika kamu nekat ingin menggunakan transportasi umum sampai ke tebing keraton, sayangnya tidak ada yang sampai lokasi. Angkutan umum seperti angkot hanya mengantar sampai terminal dago saja, selanjutnya kamu harus naik ojek untuk sampai lokasi.

Daya tarik

Berbagai wisatawan yang hobi traveler pasti mencari apa saja daya tarik tebing keraton dago ini, selain menikmati suasan alam yang sejuk.

Ketinggain tebing keraton dago ini kurang lebih 1200 Mdpl yang memiliki berbagai fakta dan hal menarik, antara lain:

Pemandangan hutan kabut

Pemandangan kabut tebal yang bisa kita lihat diatas bukit dengan berbagai pohon yang tetutup kabut menambah kesan panorma alam yang bisa kamu gunakan untuk background foto.

Sunrise dan Sunset

Jika kamu ingin menikmati panorama alam seperti sunset dan sunrise di tebing keraton datanglah lebih awal, cocok untuk para instagramable yang ingin mendapatkan view foto yang keren pada pagi hari dan sore hari, untuk diabadikan di sosial media seperti di instagram.

Camping Ground atau Ngecamp

Kamu ingin menikmati suasana alam disini dan ingin bermalam, kamu bisa mendirikan tenda atau ngecamp di tebing keraton bersama teman.

Jika kamu ingin ngecamp disini akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp.40.000 dengan membawa peralatan camp sendiri, namun jika tidak membawa kamu bisa menyewa disini dengan biaya tambahan lagi sekitar Rp.140.000

Jam Operasional

Tempat wisata alam Bandung ini memiliki pemandangan dan panorama alam yang sangat asri dan alami. Jam buka tebing keraton dibuka pada jam 5 pagi dan tutup pada jam 6 sore (05:00-18:00 WIB)

Sejarah

Sejarah asal usul penamaan sendiri ada sebuah misteri oleh masyarakat sekitar yang kabarnya dulu sering terjadi kesurupan, karena takut akan terjadi yang tidak di inginkan lalu di ganti nama tempat ini menjadi tebing keraton yang dulunya dikenal dengan nama Pasir jontor atau Cadas jontor.

Dalam bahas sunda pasir yang berarti bukit, cadas yang berarti batu padas yang berlapis lapis dan Jontor yang berarti Memble.

Hal ini disebabkan karena bentuk tebing karaton memiliki bentuk yang monyong seperti orang yang habis kena pukul.

Fasilitas

Ketika kamu ingin berkunjung tempat wisata di dago ini, wajib ketahui dulu fasilitas apa saja di tempat ini.

Terdapat beberapa fasilitas umum yang sangat dibutuhkan oleh pengunjung di tebing keraton bandung ini antara lain, Mushola, Saung, Toilet dan hal menarik lainnya.

Terdapat warung makan atau cafe sekitar tebing keraton yang cukup murah dan sangat terjangkau di kantong dengan view pemandangan alama dan bukit yang indah, untuk mendapat suasana yang bagus datanglah pada pagi hari dan malam hari.

Penginapan

Jika ingin bermalam atau menginap di tebing karaton terdapat beberapa penginapan murah seperti villa, hotel dan homestay yang bisa gunakan untuk menginapa bersama keluarga.

Selain itu kamu bisa mendirikan tenda atau ngecamp bersama teman atau keluarga yang sudah disediakan oleh pengelola seperti Camping Ground.

Tips berwisata Tebing Keraton

  1. Datanglah lebih awal untuk melihat sunrise atau sunset
  2. Gunakan jaket tebal dan celanan panjang karena udara disini cukup dingin
  3. Jika membawa anak lebih gunakan jaket atau baju yang lebih tebal
  4. Jika membawa kendaraan pribadi naik motor saja lebih irit dan mudah hanya membutuhkan waktu perjalanan 20 menit dari pusat kota Bandung
  5. ketika kamu ingin menggunakan jasa ojek untuk sampai ke atas tebing belajar lah negosiasi agar lebih murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *