Rumah Atsiri Tawangmangu & Harga Tiket Masuk 2020

3 min read

Rumah Atsiri Tawangmangu

Rumah Atsiri Tawangmangu – Tempat wisata edukasi yang sangat terkenal di daerah Tawangmangu ini memiliki tempat yang sangat luas dan terkenal sebagi salah satu tempat spot Foto terbaik untuk para instagramable.

Jika pengunjung ingin menuju tempat wisata Rumah Atsiri, tidak akan pernah menyesal, bagaimana tidak? suasana yang nyaman dan sejuk serta banyak bunga bunga dan makanan enak, selain itu kamu akan mencium wangi wangian hasil penyulingan minyak yang harum menambah kesan nyaman.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Tawangmangu Terbaru 2020

Tempat wisata tawangmangu ini sebagai salah satu tempat wisata Edu-Rekreasi dengan Fasilitas MICE butik yang berlokasi di Desa Plumbon, Tawangmangu.

Alamat: Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792
Htm: Rp. 50.000
Telepon: 0812-1112-2263
Lokasi Google Maps: Klik disini
Jam buka: Buka setiap hari 08:00-19:00 WIB

Ada banyak hal menarik disini yang wajib kamu tahu antara lain Sejarah, lokasi, Harga tiket masuk (Htm), Harga Makanan dan Info menarik lainnya

Daftar Baca

Sejarah

Sejarah Rumah Atsiri Tawangmangu sendiri Merupakan sebuah Peninggalan Bung Karno yang tidak banyak diketahui, berawal dari sebuah Pabrik yang sudah lama ditinggalkan, Pada dulunya bekas pabrik ini sebagai fasilitas penyulingan Citronella dari tahun 1963 yang dimana Indonesia bekerjasama dengan Bulgaria.

Bulgaria terkenal dan ahli dalam membuat minyak atsiri mawar dan memasok sekitar 80% minyak atsiri di Dunia.

Lalu pada tahun 2015 secara resmi PT Rumah Atsiri Indonesia mengambil alih kepemilikan dan menghidupkan kembali menjadi kompleks Edu-Rekreasi.

Edu-rekreasi mencakup fasilitas Meeting, Incentive, Conference and Exhibition (MICE), Penelitian, dan Pengembangan serta pasar minyak Atsiri.

Apa itu minyak atsiri ?

Minyak atsiri atau asiri adalah minyak yang terbuat dari tanaman tertentu digunakan untuk meringkan badan yang pegal pegal.

Pemiliki PT Rumah Atsiri ialah Paulus Mintarga sekaligus sebagai Owner yang bergelut dalam dunia Arsitektur.

Lokasi

Jika kamu ingin mengunjung Rumah atsiri Tawangmangu siapkan jaket tebal karena suasan disini sangat dingin dan sejuk, apalagi pada pagi hari.

Lokasi Rumah Atsiri Tawangmangu terletak di desa Plumbon yang masih di kecamatan Tawangmangu, Karanganyar.

Jika kamu dari kota solo seperti Mimin, dan ingin menuju lokasi tempat wisata penyulingan minyak di Tawangmangu ini akan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 Jam 15 menit dengan menggunakan kendaran pribadi seperti Mobil, pada pagi hari yaa.

Jalan menuju lokasi sangat mudah dan menyenangkan, cukup untuk liburan keluarga dan jika kamu masih muda akan lebih romantis membawa pasangannya.

Banyaknya orang yang kesasar menuju lokasi wisata rumah atsiri tawangmangu yang berada di luar kota Jawa Tengah seperti Jakarta, akan saya jabarkan.

Jika kamu dari Jakarta dan ingin menuju lokasi tempat wisata ini setelah memasuki jalan tol trans Jawa, lalu keluar dari pintu tol Karanganyar, selanjutnya menuju ke arah Tasikmadu, ke arah kota Karanganyar dan mengikuti petunjuk arah ke Tawangmangu.

Tidak perlu takut kesasar untuk sekarang ini, karena sudah ada fasilitas seperti Plang di jalan raya.

Hati hati menggunakan Google Maps, karena Google maps akan mengarahkan ke jalan pintas atau rute terpendek, nanti kamu akan dibawa jalan yang sempit penuh dengan tanjakan dan turunan, jadi gunakan jalur raya utama saja, ikuti marka jalan saja agar lebih mudah meskipun agak sedikit jauh, agar lebih aman.

Harga Tiket Masuk

Pengunjung yang ingin menikmati wisata Rumah Atsiri Tawangmangu akan dikenakan Harga tiket masuk (HTM) seperti Voucher Loket senilai Rp. 50.000 per orang.

Lalu Voucher tersebut bisa digunakan untuk melihat atau ditukar untuk melihat museum, Taman , Restoran dan Belanja yang langsung dipandu oleh guide.

Harga Makanan

Selanjutnya setelah berkeliling kamu bisa menikmati beberapa kuliner yang wajib kamu coba, karena makanan disini cukup enak enak bagi lidah orang Jawa.

Harga makanan di Rumah Atsiri Tawangmangu sendiri rata rata 25ribu keatas, seperti Nasi goreng harganya 25ribu dan makanan seperti sate tanpa lontong 30ribu jika ingin menambahkan lontong bayar lagi 10ribu.

Lalu untuk Harga minuman disini cukup dikantong pelajar seperti air mineral dikenakan biaya 10ribu, es teh 15ribu dan untuk Jus varian rasa rata rata 20ribuan.

Wajib coba, minuman hasil rempah rempah dari kebun yang bisa dibilang seperti Jamu dikenakan biaya 30ribu saja.

Toko Souvenir

Setelah kamu membaca sejarah, harga tiket masuk dan harga makanan Rumah Atsiri Tawangmangu ada hal menarik.

Kamu bisa membeli beberapa souvenir di toko toko disini untuk oleh oleh dibawa pulang seperti Baju, Minyak atsiri dan Tanaman

Harga souvenir disini cukup murah dan pas dikantong.

Tips Mengunjungi Wisata Tawangmangu

Kita tahu jika Tawangmangu berada dekat dengan Lereng Gunung Lawu dengan suasana yang sejuk dan dingin,

Pada pagi hari dan Malam hari, suhu dingin disini sampai 8 derajat, bayangin saja dinginnya seperti apa, jadi untuk kamu yang ingin mengunjung beberapa tempat wisata di tawangmangu, wajib ikuti 5 Tips berkunjung di Tawangmangu.

Bawa Baju tebal atau Jaket

Suhu udara di Tawangmangu sendri sejuk pada siang hari dan sangat dingin pada pagi hari dan malam hari, Jika kamu berencana berwisata di Tawangmangu diharapkan membawa baju yang lebih tebal atau Jaket.

Tentukan Musim dan Cuaca

Jangan datang pada musim atau cuaca tidak mendukung seperti hujan, karena cuaca disini tidak menentu, kadang panas dan tiba tiba hujan.

Cari informasi kondisi jalan menuju lokasi

Jika kamu berencana untuk berwisata di daerah Tawangmangu, cukup siapkan tenaga dan semangat yang tinggi, kenapa?

Berbeda dengan tempat wisata wisata di kota lain yang dimana jalannya sudah bagus dan minim sekali tanjakan dan temurunan.

Ada beberapa tempat wisata di rawangmangun yang cukup sulit medan jalannya, jadi tidak salah jika kamu mencari informasi ini.

Gunakan alaskaki dan Anti UV

Biarpun di daerah Tawangmangu tidak begitu panas, jadi untuk berjaga jaga agar kulit tidak terkena langsung oleh sinar matahari seperi Ultra Violet (UV) gunakan pelembab atau lotion anti UV.

Lalu gunakan perlatan alas kaki untuk mendaki gunung seperti sendal dan sepatu gunung.

Pasar Wisata Tawangmangu

Jika kamu mencari tempat oleh oleh di daerah Tawangmangu tidak perlu khawatir, disini sudah disediakn pasar oleh oleh khas Jawa tengah.

Harga sangat terjangkau dan murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *