Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

6 Resep Es Kolang Kaling & Cara Membuatnya 2020

3 min read

es kolang kaling

Resep Es Kolang kaling – Siapa yang tidak kenal buah kolang kaling yang berbentuk lonjong berwarna putih dan sangat menyegarkan. Apalagi jika dibuat es dan manisan pastinya sangat enak dan kenyal kenyil.

Mungkin sebagian kalia hanya bisa menikmati kolang kaling pada bulan puasa saja, benar.. Karena di pasaran sangat jarang menjual buah koling kaling pada hari biasa, ramai nya pembeli kolang kaling ini pada saat lebaran dan bulan puasa saja.

Baca juga : 5 Cara membuat Es dalgona Coffe anti Gagal

Manfaat buah kolang kaling

Ada 4 manfaat kolang kaling yang terkandung pada buah kolang kaling yang wajib kamu tahu, buah ini ternyata mempunyai nutrisi vitamin yuk simak..

1. Nutrisi Tinggi

Buah dari pohon aren ini, mempunyai vitamin yang sangat di perlukan tubuh, seperti mengandung protein, karbohidrat, vitamin, kalsium, potasium, zinc, zat besi, antioksidan, dan antiinflamasi.

2. Baik untuk Kulit

Kolang kolang mengandung sifat antiinflamasi yang membantu kemerahan pada kulit yang terbakar matahari

3. Mencegah dehidrasi

Kolang kaling dapat mengobati panas pada perut. Kandungan air yang begitu banyak pada buah aren ini membantu agar tubuh tetap terdehidrasi.

4. Memperkuat tulang

Kolang kaling mengandung 92 mg kalsium per 100 gram. Hal ini menunjukan bahwa kolang kaling mempunyai kandungan kalsium yang begitu tinggi.

Setelah mengetahui manfaat penting pada buah kolang kaling ini, Ada beberapa resep es kolang kaling yang wajib kamu buat, yang bisa kamu menikmati pada saat buka puasa atau dijual untuk usaha sambilan, mulai dari untuk dibuat manisan, es kolak dan lain lain.

Resep Es kolang kaling gula merah

Hari yang panas segar segar emang enak minum atau makan kolang kaling dengan gula merah, Bagaimana cara membuatnya… Yuk simaakkk !!

Sebelum kita mulai siapkan dulu bahan bahanya,

  1. 200 gram kolang kaling di potong menjadi 2 bagian yaa (sesuaikan)
  2. 2 buah Kelapa muda, keruk sampai habis usahakan kerukannya panjang yaa
  3. 300 ml air kelapa muda
  4. 100 gram Cincau hitam, potong kotak kotak yaa

Bahan bahan yang harus di sediakan

  1. 100 gram gula merah sisir halus yaa
  2. 200 ml air putih
  3. 1 lembar daun pandan ( di ikat yaa)
  4. 2 Buah Nangka, potong kecil kecil (sesuaikan)

Cara membuat,

  1. Rebus gula merah,, air, kolang-kaling, dan daun pandan hingga mendidih sampai gula merah larut, angkat lalu saring , tambahkan juga nangka dan dinginkan sebentar.
  2. Selanjutnya hasil rebusan tadi masukan dalam gelas,
  3. Lalu susun kelapa muda yang di keruk tadi, campurkan cincau hitam kolang kaling dalam gelas yang telah di sediakan.
  4. Tambahkan es batu agar lebih segar.

Silahkan menikmati ala ala aku yaaa….

Resep Es kolang kaling cincau

Tentu tidak asing lagi saat berbuka puasa kita sering menikmati es yang begitu menyegarkan, cobalah untuk menikmati es yang seger seger seperti kolang kaling cincau yang pasti rasanya enak dan menyegarkan, yuk simak..

Bahan yang harus di sediakan,

  1. Kolang kaling secukupnya ( untuk satu gelas ya)
  2. 100 gram Cincau dipotong kotak kotak (sesuaikan)
  3. 5 Sdm susu kental manis (SKM) lalu cairkan
  4. Es batu

Cara membuat kolang kaling cincau

  1. Masukan kolang kaling dalam gelas, kemudian masukan cincau yang telah di potong
  2. Lalu masukan SKM yang sudah di cairkan
  3. Masukan es batu
  4. Siap disajikan.

Resep Es Kelapa muda Kolang Kaling

Cara membuat es koalng kaling itu mudah dan gampang yang penting cara kamu membuat itu dengan benar, dan harus di dampingin oleh orang lebih pintar dari kamu dalam hal membuat es kelapa kolang kaling.

Bahan pertama yang harus disediakan,

  1. 250 gram buah kolang kaling potong kecil kecil (sesuaikan)
  2. 340 ml air putih
  3. 2 sdm gula pasir (sesuaikan jika suka manis tambah lagi)
  4. 2 sdm Jeruk nipis (sesuaikan agar lebih segar)
  5. ½ Sdt Vanili Bubuk
  6. 2 tetes pewarna merah ( sesuaikan)

Bahan pelengkap lainnya,

  1. Kelapa muda (jika tidak ada beli Wongcoco kelapa)
  2. Air kelapa
  3. Sirup Marjan
  4. Es batu
  5. SKM putih

Cara membuat kolang kaling kelapa muda

  1. Rebus bahan bahan pertama sampai matang
  2. Lalu sajikan dengan mangkuk atau gelas,

Resep Es kolang kaling Selasih

Bosen dirumah aja tanpa aktifitas apapun, iseng iseng aja yuk, pergi ke pasar untuk beli kolang kaling lalu dan jangan lupa beli biji selasihnya pastinya seger banget,siapkan dulu bahan bahannya, yuk simak..

Bahan bahan yang harus di sediakan,

  1. 100 gram kolang kaling potong kecil kecil (sesuaikan)
  2. ½ Cincau hitam potong kotak kotak (sesuaikan)
  3. 1 bks Jelly
  4. 1 bks biji selasih
  5. 10 sdm gula pasir
  6. 1 daun pandan
  7. 500 ml air
  8. Es batu secukupnya

Cara membuat kolang kaling selasih,

  1. Siapakan panci, lalu rebus air masukan kolang kaling, daun pandan dan gula pasir tadi, sampai matang, matikan apinya lalu dinginkan di suhu ruangan
  2. Sambil menunggu hasil rebusan yang telah didinginkan, siapkan terlebih dahulu saja seperti cuci cincau hitam yang di potong tadi dengan air matang,
  3. Siapkan gelas atau mangkuk
  4. Campur semua bahan, sesuaikan kreatifitas kamu yaa..

Es Kolang kaling Betawi

Tahu ngga sih, kalo makanan kolang kaling itu berasal dari Betawi yang menjadi makanan khas betawai sebagai asinan. Kita tahu jika kondisi jakarta sangat panas dan macet pasti perlu tuh membuat minuman yang seger seger seperi es seger kolang kaling khas betawi, yuk simak

Bahan bahan yang perlu disediakan.

  • 250 gram buah kolang kaling, potong bagi dua (sesuaikan)
  • 150 gram gula pasir
  • 500 ml air
  • 2 tetes pewarna merah
  • 100 ml sirup merah (sesuaikan)
  • 3 sdm jeruk nipis
  • 350 gram leci kalengan ditiriskan
  • 1 bks agar-agar putih
  • 500 ml air
  • 150 gram gula pasir
  • susu kental manis
  • Es batu secukupnya

Cara membuat:

  1. Masak air lalu rebus, 100 gram gula, kolang-kaling, air dan teteskan pewarna merah sampai kolang-kaling lembut atau empuk
  2. selanjutnya masak agar-agar, tambahkan 100 gram gula dan 500 ml air, masak hingga matang atau mendidih. taruh di loyang lalu serut agar agar sesuaikan selera.
  3. Masukkan dalam gelas atau mangkok, semua bahan tadi, lalu sajikan Mantap bukan.

Es Kolang kaling Nata de Coco

Ketika kita mempunyai bahan seperti kolang kaling bingung ingin membuat apa, dan iseng kita membuka kulkas ada Nata de coco, bagaimana kalau kita membuat kolang kaling nata de coco dengan leci, leci disini tidak diharuskan jika tidak ada..

Bahan bahan yang perlu di sediakan,

  • 1 Kg Kolang-kaling potong kecil kecil (sesuaikan)
  • aiir cucian beras (sesuaikan)
  • 500 ml Air
  • Sirup cocopandan, disini saya pakai 4 centong sayur saja (sesuaikan)
  • 2 sdt Pewarna merah rose (sesuaikan)
  • Kayu manis panjang 5 Cm
  • 4 Cengkeh (sesuaikan)
  • 1 kaleng Buah leci (sesuaikan)
  • Nata de coco secukupnya

Cara membuatnya,

  1. Rendam kolang kaling dengan air beras tadi, kurang lebih 1 jam yaa, fungsi air cucian beras yakni sebagai pengganti air kapur, setelah 1 jam bersihkan dengan air matang, lalu sisihkan.
  2. Siapkan panci dan air yang telah di sediakan, Masukan Cengkeh, kayu manis dan sirup tadi, sampi mendidih.
  3. Lalu masukan kolang kaling dan tambahkan pewarna, aduk rata sampai merata yaa.
  4. Angkat lalu dinginkan dengan suhu ruangan,
  5. Siapkan gelas atau mangkuk, Campur dengan leci kaleng tadi serta nata de coco nya.
  6. Masukan kulkas, atau tambahkan es batu, agar lebih nikmat..

Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *