Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

Pantai Ngliyep Malang & Harga Tiket Masuk 2020

3 min read

Pantai Ngliyep Malang Harga tiket masuk lokasi dan penginapan – Lagi lagi Kota malang, pantai di malang dengan segala bentuk nilai budaya yang kental menjadi salah satu sasaran utama para traveler lokal ataupun traveler mancanegara untuk berlibur menikmati keindahan pantai dan berbagai wisata di kota ini.

Pantai Ngliyep Malang : Harga tiket lokasi dan penginapan

Keindahan tempat wisata pantai di indonesia setelah bali tentu adalah kota malang, di kota yang mayoritas penduduk berbahasa jawa ini memiliki beberapa pantai andalan seperti pantai balekambang dan pantai ngliyep.

Lokasi

Pantai ngliyep adalah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Hindia berlokasi di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur sekitar 66 km ke arah selatan dari Kota Malang.

Waktu itu kami dan rombongan saat tiba di Bandar Udara Abdul Rachman Saleh kota malang, ingin langsung menuju lokasi pantai ngliyep, namun setelah di telusuri dengan menggunakan google map jaraknya cukup jauh yakni 75 Km dan kurang lebih 2 jam perjalanan untuk sampai titik lokasi, akhirnya saya dan rombongan menginap dulu di kota malang dan melanjutkan perjalanan hari esok.

Jalan menuju lokasi

Jika kamu membawa kendaraan mobil ataupun motor dari kota Malang, Kepanjen, Karangkates, Donomulyo, untuk akses jalan sampai titik lokasi pantai, meskipun sudah di aspal ternyata banyak jalan rusak berlubang dan terdapat tikungan tajam yang curam serta ada beberapa jurang, kabarnya banyak terjadi kecelakaan di tikungan tersebut.

Harga tiket masuk

Para pengunjung untuk menikmati pantai ngliyep pada tahun 2020 pengunjung akan dikenakan biaya masuk atau harga tiket masuk senilai Rp. 15.000 per orang dan untuk biaya parkir kendaraan mobil dikenakan tarif harga Rp. 10.000 dan untuk motor Rp. 5.000, harga tiket Rp. 15.000 itu termasuk juga menikmati pantai pasir panjang.

Sebelum masuk, ternyata dari bisik bisik para pengunjung penduduk sekitar ada nilai sejarah dan mitos yang mistis di pantai ini.

Mitos dan sejarah

Pantai di indonesia pasti ada saja cerita mitos dan legenda, masyarakat sekitar percaya arti dari pantai ngliyep sendiri memiliki arti tertentu, ternyata benar ada arti dari nama pantai ini, “Ngliyep” adalah bahasa jawa (liyep-liyep) yang artinya “Tertidur atau mengantuk”.

Lalu masyarakat sekitar percaya akan hal tersebut, yang di artikan setiap orang jika seseorang melihat pantai ini akan merasa ngantuk dan tertidur.

Mitos dan budaya masyarakat sekitar masih melakukan ritual yang kental dengan penunggu pantai selatan yakni Nyi Roro kidul, dengan melakukan sesaji seperti acara labuhan.

Sejarah tradisi acara labuhan merupakan tradisi secara turun temurun dari sejak masa Mba Atun, masyarakat pun percaya jika Mba atun adalah salah satu penemu pantai ngliyep.

Mba atun merupakan perantauan asli dari kota jogja pada tahun 1919 dan setelah itu pantai ngliyep dibuka untuk umum pada tahun 1959 lalu.

Tradisi Labuhan adalah kegiatan masyarakat adat jawa yang berupa selamatan dengan menyembelih kambing dan sapi.

Setelah itu daging daging tersebut di bagikan kepada masyarakat sekitar lalu sebagian lagi ditebarkan di laut.

Adapun misteri gunung kombang yang ramai dikunjungi penziarah untuk berdoa karena area gunung tersebut sebagai salah tempat acara labuhan berlangsung.

Acara labuhan akan dilakukan pada saat 14 bulan Maulud (Rabiulawal) jadi jika ingin berkunjung pantai ngliyep catat baik baik bulan dan tanggalnya.

Daya tarik dan Objek wisata

Pantai ngliyep memiliki daya tarik dan objek wisata dengan keindahan yang tidak kalah indah dari pantai lain, pasir putih yang lembut yang memiliki ketebalan sekitar 41 cm dan ada beberapa pohon hijau yang rindang di sekitar pantai terasa nambah adem.

Ada hal menarik yakni ada sebuah teluk putri dan pantai pasir panjang, yang tidak jauh dari pantai ngliyep.

Kamu bisa berjalan dari sisi kiri dan sedikit mengeluarkan tenaga untuk menaiki bukit, di teluk putri ini kamu akan menermukan pasir putih yang bersih yang tebal dan lembut menjadi salah tempat bermain dan tempat santai bagi pengunjung.

Spot Foto

Terdapat banyak spot foto menarik di pantai ngliyep yang bisa di abadikan di Hp kamu, apalagi untuk para instagramable yang ingin mendapat spot foto terbaik. Ada beberapa spot foto yang menarik di pantai ini antara lain.

  • Panggung Bambu
  • Bukit Karang Lietiong Ngliyep
  • Bingkai Kekinian
  • Ayunan Everlasting
  • Perahu Gantung
  • Pergola Everlasting Ngliyep
  • Pendopo Nuswantara

Penginapan

Sebelum mencari penginapan sekitar pantai ngliyep, jika kamu membawa tenda atau perlengakapan camping kamu bisa mendirikan tenda disekitar pantai, supaya lebih hemat pengeluaran.

Lalu untuk harga penginapan sekitar pantai ngeliyep cukup memadai dan lengkap, mulai guest house dan home stay yang dibuat oleh warga sekitar harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp.100.000 s.d Rp. 450.000  per malam (Nego pake bahasa jawa jika ingin lebih murah hahaha)

Fasilitas

Jika sebuah pantai tidak terdapat fasilitas umum yang lengkap pasti para pengunjung juga kapok untuk datang ke tempat wisata,  disini terdapat cukup lumayan untuk masalah fasilitas umum di pantai ngliyep, antara lain:

  • Toilet
  • Kamar ganti
  • Mushola
  • Penginapan
  • Tempat parkir luas
  • Warung kuliner
  • Spot Foto
  • Gazebo

Kekurangan dan kelebihan pantai ngliyep

Kelebihan

  • Pantai cukup indah
  • Tempat sejuk dan tidak begitu ramai
  • Pasir putih yang lembut
  • Spot foto yang cukup lumayan bagus
  • Harga tiket dan jajan makanan cukup murah

Kekurangan

  • Siapkan uang receh yang banyak karena pengamen di pantai ini cukup banyak
  • Tidak bisa berenang karena ombak yang cukup besar
  • Terdapat banyak sampah di pinggir pantai (mau salahin pengelola atau pengunjung serba bingung)

Tips mengunjungi Tempat wisata pantai

Ada beberapa tips untuk kamu para treveler pecinta pantai yang wajib kamu lakukan, yuk simak !

Mencari Informasi dan tempat tujuan

Sebaiknya mencari info terlebih dahulu tentang pantai tujuan kita, bagaimana kondisi akses menuju pantai lokasi tersebut, apakah tersedia penginapan atau hotel di sekitar pantai, apakah ada yang menjual makanan dan minuman dan serta info lainnya yang berguna bagi kita sebelum mengunjungi pantai tujuan kita.

Jangan pergi sendiri

Menikmati keindahan alam seperti pantai sangat menyenangkan bila kita bersama teman, keluarga dan kerabat, dengan bersama sama kita bisa menikmati keindahan pantai, muali dari berjemur dan bermain main air, wujudkan suasana kebersamaan yang menyenangkan.

Berbilaslah segera setelah bermain air laut

Setelah kita puas bersenang senang bermain air serta berenang, ada baiknya kita segera mandi atau berbilas, karena air laut banyak mengandung garam yang bisa menyebabkan alergi pada kulit bagi yang belum terbiasa.

Jangan berlama lama dengan pakaian yang basah setelah bermain air di pantai karena kandungan garamnya akan membuat kulit kita lebih kering. Sebaiknya segera lah untuk berbilas di kamar mandi yang telah disediakan oleh pengelola pantai.

Penutup

NOTE: Jika ada informasi atau kesalahan kata pada artikel diatas yang kami buat mohon untuk berkomentar dibawah. Berikan kritik dan saran untuk kami.. Terimakasih..

Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *