Pantai Menganti Kebumen Lokasi & Tiket Masuk 2020

2 min read

Foto pantai menganti Kebumen

Pantai Menganti yang berlokasi di desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Pantai ini Merupakan tempat Wisata Pantai di Kebumen terbaru dan hits, keindahan yang masih asri menjadikan salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Sebelum kamu ingin mencoba untuk datang tempat wisata pantai ini, maka ngga ada salahnya jika kamu harus tahu tentang beberapa informasi seperti Mitos, sejarah, legenda, lokasi dan harga tiket masuk (htm) pantai menganti..

Sejarah

foto pantai menganti kebumen

Sebelum menjadi objek wisata, sejarah dan legenda nama pantai Menganti bersumber dari seorang panglima perang Majapahit yang melarikan diri dari hubungannya dengan kekasih yang merupakan putri dari Raja yang tidak direstui.

Pasanga kekasih tersebut berjanji untuk bertemu di pesisir pantai pasir putih, sehingga panglima perang tersebut menunggu tanpa henti hentinya sambil memandang laut biru.

Penantian yang begitu panjang itulah yang membuat panglima perang itu menunggu, sampai pantai ini dinamakan “Pantai Menganti” yang artinya Menunggu.

Bukan hanya itu terdapat peninggalan Mercusuar yang tingginya sekitar 200 meter pada masa sejarah Belanda yang dibangun pada tahun 1912 – 1915 letaknya berada diatas bukit.

Mitos

Kamu masih percaya dengan mitos mitos yang ada di beberapa tempat wisata ? teruma Mitos Pantai Menganti yang dipercaya warga sekitar, tetapi wajib di hormati ya.

Ada mitos yang cukup kamu tau di pantai ini, menurut masyarakat sekitar jika kamu ingin berkunjung tempat wisata pantai di kebumen ini, jangan pernah menggunakan kaos atau baju berwarna hijau, Masyarakat sekitar percaya jika pengunjung yang sedang berkunjung di pantai ini menggunakan kaos atau baju berwarna hijau, akan di bawa oleh Nyai Roro Kidul, yang kita tahu Nyai roro kidul adalah ratu pantai selatan.

Tentang Pantai

jembatan merah pantai menganti

Alamat: desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Provinsi Jawa Tengah
Htm: Rp. 10.000
Telepon: –
Lokasi google Maps: Klik disini
Jam buka/tutup: Buka setiap hari selama 24 Jam

Tentang Pantai menganti di kebumen sendiri diresmikan pada tahun 2011 bersama diselenggarakannya lomba selancar nasional yang digelar di pantai ini.

Wisata pantai menganti merupakan dari beberapa pantai di kebumen yang termasuk wisata pantai terbaru, pantai ini dulunya adalah hanya sebuah tempat pendaratan para nelayan setelah mencari ikan di laut, hingga sekarang.

Namun karena banyaknya antusias masyarakat datang ke tempat ini, pemerintah daerah mengembangkan pantai ini dengan membangun beberapa fasilitas dan sarana.

Daya tarik

gambar pantai menganti

Daya tarik pantai menganti dari panorama alam yang dikelilingi bukit tinggi seperti mengepung, sehingga siapapun yang melihat suasana alam ini akan terkagum, itu lah mengapa banyak wisatawan luar dan lokal berbondong bondong datang kesini.

Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata paling ramai di datangi pengunjung dari beberapa pantai yang ada di kebumen seperti:

Belum puas, ada beberapa daya tari lain di pantai indah ini seperti air terjun dan goa, menjadi bonus untuk para pengunjung.

lokasi pantai yang cukup jauh dari perkampungan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk menghilangkan rasa yang dikecewakan atau tempat piknik keluarga.

Namun satu hal yang wajib kamu tahu, saat musim liburan atau lebaran pantai ini ramai dikunjungi wisatawan yang bisa melebihi batas normal.

Ada tempat spot foto menarik untuk para instagramable di pantai ini yakni Jembatan Merah.

Lokasi

foto selancar pantai menganti kebumen

Pantai Menganti berlokasi di desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Provinsi Jawa Tengah. Pantai ini memilki garis pantai yang membujur dari wialayah kabupaten Cilacap sampai kabupaten Purworejo.

Jika kamu berada di kota Kebumen dan ingin menuju rute lokasi pantai menganti akan menempuh jarak 43 Km dan membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam 15 menit.

Untuk menuju lokasi pantai, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi seperti motor ataupun mobil, karena belum ada transportasi umum yang melewati area pantai ini.

Akses jalan menuju lokasi pantai menganti cukup mudah dan tidak terlalu berbahaya, hanya beberapa jalan saat memasuki pintu masuk pantai saja yang perlu perbaikan.

Harga Tiket Masuk

Pantai yang sangat ramai di kunjungi oleh para wisatawan lokal maupun luar daerah ini, terkenal dengan ombak yang begitu besar maka banyak para perselancar lokal ataupun turis asing sering mengunjungi tempat ini.

Harga tiket masuk pantai menganti hanya dikenakan biaya masuk senilai Rp. 10.000 belum termasuk biaya parkir kendaraan Rp.5.000 untuk mobil dan Rp. 3.000 untuk motor.

Fasilitas

Pantai yang begitu luas nan indah ini dengan hamparan pasir putih yang begitu luas salah satu bukti mengapa banyaknya pengunjung betah berlama lama disini terutama tentang fasilitas umum.

Terdapat fasilitas umumyang menarik dan sangat dibutuhkan oleh pengunjung, antara lain: Toilet, Mushola, Tempat parkir, gazebo, warung dan tempat jajan.

Penginapan

Belum puasa menikmati keindahan pantai ini, para pengunjung yang ingin bermalam dan mencari penginapan di pantai menganti tidak perlu bingung , terdapat penginapan murah yang dekat sekitar pantai seperti homestay, guest house, hotel dan Villa.

Bila ingin mencoba untuk mendirikan tenda sekitar pantai sangat dibolehkan oleh pengelola, kamu bisa ngecamp bersama teman di pantai menganti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *