Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

Pesona Pantai Goa Cina Malang & Tiket Masuk 2020

3 min read

Pantai Goa Cina Malang – Selagi masih ada di kota malang ngga salahnya kita telusuri semua pantai yang populer di kota malang seperti Beach goa cina yang berada cukup jauh dari pusat kota malang.

Pantai Goa Cina Malang : Harga tiket rute jalan lokasi dan penginapan

Alamat: Pantai Goa Cina, Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176
Htm: Rp. 5.000
Jam buka: Buka setiap hari 24 Jam
Lokasi Google Maps: Klik disini

Keindahan tempat wisata pantai di indonesia setelah bali tentu adalah kota malang yang memiliki beberapa pantai andalan dan terkenal seperti pantai balekambang, pantai ngliyep dan goa cina.

Lokasi

12 Foto Pantai Goa Cina Malang: Tiket Masuk dan Lokasi

Dimana lokasi Pantai Goa cina? Pantai ini berada di daerah tambak, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur.

Jarak lokasi wisata goa cina dari pusat kota malang kurang lebih 75 Km dan membutuhkan waktu tempuh 2 jam perjalanan, cukup capek yaa padahal kami menggunakan mobil, tidak rekomendasi untuk kamu yang ingin menggunakan motor dengan pasangan kesayangan.

Pasti ribet banget kalau ngajak cewek pakai kendaraan bermotor dengan perjalanan 2 jam lebih, belum lagi macet perjalanan , ngomel,  dan yang paling ngeselin kencing harus nyari tempat aman seperti tempat SPBU atau POM bensin, kalau ngajak cowok kan gampang buang air kecil bisa sembarangan ( hahaha becanda)

Jalan menuju lokasi

12 Foto Pantai Goa Cina Malang: Tiket Masuk dan Lokasi

Saat sebelum sampai titik lokasi agak sedikit kaget dan heran, untuk menuju lokasi pantai ini agak lumayan bikin emosi, jalannya jelek dan seperti ngga ter urus, entah apa kerjanya pengelola dan pemerintah daerah ini.

Penuh dengan lubang, berdebu, dan yang paling ngeselin jalannnya ga ada yang bagus,  aspal pun sudah rusak..

Mau balik kota malang jauh, sudahh lahh….Gass aja ….!!!

Penginapan

12 Foto Pantai Goa Cina Malang: Tiket Masuk dan Lokasi

Terdapat beberapa penginapan di dekat pantai goa cina antar lain Homestay, Guest house, Villa atau Hotel sekalipun, ada disekitar pantai ini.

Harga penginapan sangat murah dan terjangkau mulai dari 100ribu per malam sampai 200ribu per malam, sesuaikan kebutuhan dan kualitas penginapan itu sendiri.

Harga tiket masuk

12 Foto Pantai Goa Cina Malang: Tiket Masuk dan Lokasi

Para pengunjung untuk menikmati pantai indah ini akan dikenakan tarif harga tiket masuk Rp. 15.000 / orang + bonus air mineral dan untuk biaya parkir kendaraan mobil dikenakan tarif harga Rp. 10.000 dan untuk motor Rp. 5.000,

Dari bisik bisik para pengunjung penduduk sekitar jika kalian ingin membawa pasangan dan menggunakan kendaraan bermotor di pantai ini dikenakan harga tiket masuk Rp. 35.000 + Air mineral ( sudah termasuk tarif parkir kendaraan).

Akan tetapi jika kamu jomblo dan ingin sendiri menggunakan kendaraan bermotor dikenakan harga tiket masuk Rp. 25.000 + Air mineral ( sudah termasuk tarif parkir kendaraan).

Mitos dan sejarah

12 Foto Pantai Goa Cina Malang: Tiket Masuk dan Lokasi

Duhhh.. Di kota malang ada saja tentang mitos dan kisah misteri yang ada setiap pantai, apalagi goa cina ini kabarnya ada beberapa mitos dan misteri dibalik pantai yang indah ini:

  • Kisah biksu meninggal

Ada kisah seorang biksu yang meninggal tanpa sebab di pantai ini, kabarnya pada 20 tahun lalu ada seorang biksu yang bertapa di dalam goa sekitar pantai ini yang tiba tiba meninggal tanpa sebab dan ditemukan oleh warga sekitar.

  • Sering terjadi penampakan

Percaya atau tidak percaya, katanya sering ada penampakan biksu yang meninggal di sekitar pantai ini.

12 Foto Pantai Goa Cina Malang: Tiket Masuk dan Lokasi
  • Suara aneh

Masyarakat sekitar kabarnya atau sering mendengar suara suara aneh pada malam hari di dekat pantai.

  • Pantai goa cina sering meminta tumbal

Kabar ini sering di kaitkan dengan peminta tumbal padahal jika secara logika, pantai ini memang memiliki arus ombak yang besar jadi jika pengunjung nekat berenang di pantai ini ya sudah GAME OVER. Positif thinking aja yaa.

Daya tarik dan Objek wisata

12 Foto Pantai Goa Cina Malang: Tiket Masuk dan Lokasi

Pantai cina ini memiliki daya tarik yang menarik seperti air laut yang jernih dan setiap pinggir pantai di jadikan tempat untuk bermain air bagi pengunjung. Untuk ombak pada siang hari tidak begitu besar namun jangan bermain air di sore hari karena pantai disini sering terjadi air pasang mendadak.

Jika kamu ingin menikmati sunset di goa cina mungkin agak menyesal karena tertutup oleh beberapa bukit tinggi disekitar pantai.

Karena rute jalan disini jsangat jelek dan untuk kembali ke hotel di malang terlalu jauh, akhirnya saya menginap di sekitar goa cina,  Kabarnya Sunrise di pantai ini istimewa.

Ke Esokan paginya bersama teman teman, untuk pertama kalinya di kota malang dan ternyata sunrise di pantai ini sangat memukau, pagi yang indah di goa cina kota malang dengan alam yang begitu indah.

Spot Foto

12 Foto Pantai Goa Cina Malang: Tiket Masuk dan Lokasi

Terdapat banyak spot foto menarik di pantai indah ini yang bisa kamu abadikan, apalagi untuk para instagramable yang ingin mendapat spot foto terbaik. Ada beberapa spot foto yang menarik di pantai ini antara lain.

  • Masuk Goa cina bayar (Rp. 10.000)
  • Gapura pintu masuk goa cina
  • Jembatan
  • Vihara
  • Penginapan
  • Rumah di atas bukit (Rp. 10.000)

Sebelum mencari penginapan sekitar pantai ini, jika kamu membawa tenda atau perlengakapan camping kamu bisa mendirikan tenda disekitar pantai, supaya lebih hemat pengeluaran, untuk tempat camping sendiri sudah di sediakan dari pengelola,

12 Foto Pantai Goa Cina Malang: Tiket Masuk dan Lokasi

Lalu untuk harga penginapan sekitar pantai ngeliyep cukup memadai dan lengkap, mulai guest house dan home stay yang dibuat oleh warga sekitar harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp.150.000 s.d Rp. 430.000  per malam (Nego pake bahasa jawa jika ingin lebih murah ngaku asli orang malang)

Fasilitas

12 Foto Pantai Goa Cina Malang: Tiket Masuk dan Lokasi

Jika sebuah pantai tidak terdapat fasilitas umum yang lengkap jangan pasti pengunjung juga kapok, terdapat cukup lumayan untuk masalah fasilitas umum di pantai ini, antara lain :

  • Toilet
  • Kamar ganti
  • Mushola
  • Penginapan
  • Tempat parkir luas
  • Warung kuliner
  • Spot Foto

Kekurangan dan Kelebihan

Kelebihan

  • Pantai cukup indah
  • Tempat sejuk dan tidak begitu ramai
  • Pasir putih yang lembut
  • Spot foto yang cukup lumayan bagus
  • Harga tiket dan jajan makanan cukup murah

Kekurangan

  • Tidak bisa berenang karena ombak yang cukup besar
  • Terdapat banyak sampah di pinggir pantai

Tips mengunjungi Tempat wisata pantai

Ada beberapa tips untuk kamu para treveler pecinta pantai yang wajib kamu lakukan, yuk simak !

Mencari Informasi dan tempat tujuan

Sebaiknya mencari info terlebih dahulu tentang pantai tujuan kita, bagaimana kondisi akses menuju pantai lokasi tersebut, apakah tersedia penginapan atau hotel di sekitar pantai, apakah ada yang menjual makanan dan minuman dan serta info lainnya yang berguna bagi kita sebelum mengunjungi pantai tujuan kita.

Jangan pergi sendiri

Menikmati keindahan alam seperti pantai sangat menyenangkan bila kita bersama teman, keluarga dan kerabat, dengan bersama sama kita bisa menikmati keindahan pantai, muali dari berjemur dan bermain main air, wujudkan suasana kebersamaan yang menyenangkan.

Berbilaslah segera setelah bermain air laut

Setelah kita puas bersenang senang bermain air serta berenang, ada baiknya kita segera mandi atau berbilas, karena air laut banyak mengandung garam yang bisa menyebabkan alergi pada kulit bagi yang belum terbiasa.

Jangan berlama lama dengan pakaian yang basah setelah bermain air di pantai karena kandungan garamnya akan membuat kulit kita lebih kering. Sebaiknya segera lah untuk berbilas di kamar mandi yang telah disediakan oleh pengelola pantai.

Penutup
NOTE: Jika ada informasi atau kesalahan kata pada artikel diatas yang kami buat mohon untuk berkomentar dibawah. Berikan kritik dan saran untuk kami.. Terimakasih..

Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *