Manfaat Menjemur Burung Peliharaan di Pagi Hari

Manfaat Menjemur Burung Peliharaan di Pagi Hari

Posted on

Manfaat Menjemur Burung – Memelihara burung peliharaan tentunya banyak hal yang harus dilakukan dalam perawatannya, seperti mengatur pakan, memandikan, menjemur dan lain sebagainya.

Mungkin sebagian pembaca pernah melihat burung peliharaan seseorang di jemur ketika pagi hari, dan tentunya bagi seseorang yang belum mengetahui tentang perburungan tidak tau mengetahui tentang manfaat menjemur burung.

Dalam menjemur burung di pagi hari hampir setiap jenis burung sering di jemur oleh pemiliknya dilakukan pada pagi hari, meskipun ada beberapa orang yang menjemur burung peliharaannya dilakukan pada sore hari juga.

Baca juga: Jenis Burung Kecil dengan Suara Merdu

Manfaat Menjemur Burung Pagi Hari

Seperti yang kami kutip di Kicaumania.net menjemur burung bagus untuk kesehatannya sehingga burung mjadi lebih aktif dan menjadi rajin berkicau.

Namun, di balik itu ada beberapa manfaat lainnya yang didapatkan oleh burung ketika sering di jemur pada pagi hari tersebut.

Waktu yang Tepat untuk Jemur Burung

Untuk menjemur burung pada pagi hari, sebaiknya dilakukan pada awal mula matahari terbit, dan jangan terlalu siang di atas jam 10.00, karena suhu sinar mataharinya terlalu panas , kurang bagus untuk kesehatan burung.

  1. Meningkatkan Hormon

Penjemuran burung pada pagi hari bisa membuat kesehatan burung menjadi baik, seperti membuatnya menjadi rajin berkicau dan meningkatkan reproduksi burung.

Untuk burung betina bermanfaat yang dapat meningkatkan hosmon estrogen dan hormone progestin, sedangkan manfaat untuk burung jantan bisa meningkatkan hormone testosterone.

  • Ultraviolet

Kandungan ultraviolet dari menjemur burung pagi hari bermanfaat untuk perkembangan organ tubuh burung seperti baik untuk tulang dan daya tahan tubuh.

Kandungan ultraviolet sangat bagus untuk meng-ekstrak pro-vitamin D pada tubuh burung dan merubahnya menjadi vitamin D yang membantu kesehatan burung terus terjaga.

  • Memaksimalkan metabolisme tubuh

 Metabolisme tubuh yang baik pada burung berperanan penting dalam penyerapan sari makanan yang di cerna oleh burung, sehingga pendistribusian makanan di cerna dengan baik oleh burung.

Dengan penjemuran di pagi hari, memiliki peranan yang membuat metabolisme burung terjaga dengan baik.

  1. Membunuh Virus dan Jamur

Cahaya matahari pada pagi hari bisa membuat virus yang ada pada tubuh burung akan hilang, sehingga bisa menghindari burung terkena virus.

Selain itu, jamur yang ada pada sangkar, cepuk pakan, cepuk air minum dan jamur yang ada pada burung bisa hilang dengan menjemurnya di pagi hari.

Akibat Burung Kurang di Jemur

Untuk durasi lama penjemuran burung, bisa disesuaikan dengan karakter burung itu sendiri, karena setiap burung memiliki karakter tersendiri, ada yang suka lama di jemur dan juga kurang suka lama di jemur.

Untuk ciri-ciri burung yang kurang di jemur biasanya burung kurang aktif, jarang berkicau dan juga birahinya kurang stabil, cenderung kurang birahi.

Akibat Burung Terlalu lama di Jemur

Terlalu lama menjemur burung juga bisa berakibat fatal pada burung peliharaan kamu, karena bisa membuat suhu tubuhnya meningkat dan terlalu panas yang bisa membuat burung heat stroke dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *