Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

Cara Menuju Lokasi Gili Trawangan Lombok 2020

4 min read

foto gili trawangan lombok

Gili Trawangan merupakan salah satu pulau terindah dari 3 pulau yakni Gili air dan Gili Meno yang berada di barat laut Lombok terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan pemandangan yang cantik asri dan eksotis.

Dari 3 pulau itu yang paling terkenal ialah island Trawangan karena pulau ini merupakan spot pertama sekaligus terbesar dari pulau lainnya, selain itu pulau Trawangan merupakan salah satu dari beberapa pulau yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

Baca juga: Cara Menuju Lokasi Gili Air Lombok 2020

Jika kamu ingin menuju Pulau Trawangan ? Baiknya, simak beberapa informasi sekaligus panduan untuk mengetahui apa saja yang ada di dalam pulau indah ini, sekaligus harga paket wisata dan akomodasi untuk sampai pulau terkenal di lombok ini.

Daya tarik

patung dalam laut gili trawangan

Pengunjung yang ingin menuju pulau Trawangan harus mengetahui dulu apa saja daya tarik di pulau cantik ini, salah satunya adalah pulau ini sering dijadikan sebagai pesta oleh para wisatawan, mulai dari untuk pesta acara pernikahan, Honeymoon atau bulan madu dan menjadi tempat pulau yang romantis di Lombok.

Lebih jelas Pesona Kota Gili ini yakni dari Ciri khas pulau yang begitu luas dari 3 Gili indah lainnya ialah Kelestarian di pulau ini dan ekosistem laut sangat terjaga hampir semua bisa kita menikmati kekayaan alam yang indah di Pulau Lombok ini.

Meskipun pada pasca gempa tempo lalu banyak berubah, namun semakin lama Alam bawah laut di pulau ini tidak bisa kamu biarkan, kamu harus menyelam untuk menikmati panorama bawah laut yang begitu alami dan indah tidak ada kekecewaan, semua sangat mengesankan.

snorkeling diving gili trawangan

Dengan air yang begitu jernih berwana biru tosca, secara jelas kita bisa melihat biota laut yang hidup karang karang berwarna indah menjadi salah satu daya tarik pengunjung.

Tempat wisata pantai ini sering dijadikan sebagai kiblat traveler dunia pecinta pantai dan para Backpacker seluruh indonesia.

Tapi itu dulu, sekarang semua bisa bebas datang berekreasi bersama keluarga, pasangan atau bersama para rombongan pecinta pantai untuk menikmati keindahan pulau ini.

Selain itu di pulau ini kamu bisa melihat sunset atau matahari terbenam secara jelas dan pastinya kamu wajib menginap di salah satu penginapan di gili trawangan.

Mengapa harus menginap, kamu akan menyesal jika hanya satu hari saja untuk menikmati pulau ini, 90% orang yang datang ke tempat wisata ini minimal 2 hari 1 malam menginap atau bermalam di pantai trawangan.

Cara menuju lokasi Gili Trawangan

Lalu bagaimana cara atau akomodasi untuk menuju lokasi pulau Trawangan ? ada banyak cara untuk sampai pulau Gili, daripada kamu bingung yuk simak..

Cara Menuju Gili Trawangan dari Bali

Jika kamu sedang berkunjung di Bali dan ingin menuju pulau gili trawangan yakni dengan Speed Boat, tentunya sudah ada atau punya jadwal reguler dari pulau Bali ke Gili trawangan, biaya atau harga tiket berkisar Rp. 400.000 dalam satu kali jalan saja.

  • Jika kamu ingin lebih jelas klik disini untuk informasi lengkapnya jadwal speed boat da harganya

Akomodasi Kapal & Speed Boat

Jika kamu sudah berada di pusat kota pulau lombok atau di bandara Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, kamu bisa menyewa kendaraan untuk menuju pelabuhan bangsal. Dermaga umum pelabuhan bangsal merupak alternatif kedua untuk kamu yang ingin menuju pulau Gili. Harga tiket kapal dari pelabuhan bangsat ke pulau gili beriksar Rp. 29.000 untuk sekali jalan.

Masih dari Pelabuhan bangsal kamu bisa menggunakan Public Boat, namun harus sedikit bersabar karena harus menunggu penuh dahulu baru jalan, tapi santai tidak lama kok. Biaya atau harga Public Boat untuk sampai pulau gili hanya Rp. 15.000 per orang.

Jadwal penyeberangan Kapal public boat ke pulau gili dari jam 9 pagi sampai dengan jam 5 sore, catat yaa jangan sampai lupa..

Alternatif lainnya tidak jauh dari pelabuhan bangsal ialah di Teluk Kodek kamu bisa menaiki atau menumpang kapal Fast Boat dengan harga tiket atau tarif Rp. 350.000, biasanya sering digunakan untuk para rombongan yakni maksimal sampai 8-10 orang saja.

Untuk jadwal Fast Boat sesuaikan penumpang saja, karena jadwal bebas.

Sewa Kendaraan Mobil

Selain jalur laut kamu bisa menyewa atau menggunakan jasa transportasi seperti menyewa mobil dari Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid dengan harga sewa mobil berkisar Rp. 350.000, namun jika kamu dari kota Mataram harga sewa mobil lebih murah yakni berkisar Rp. 250.000 untuk sampai ke pulau gili.

Setelah sampai menuju pulau Gili indah Trawangan, apakah kamu bingung untuk melakukan apa, simak terus aktifitas seru di pulau gili indah di lombok. KUY SIMAK !

Fasilitas Menarik di Pulau Gili Lombok

Setelah kamu sampai di pulau trawangan, pasti langsung mengambil foto dan memotret sekitar pulau untuk di abadikan di media sosial apalagi tempat ini menjadi salah satu tempat favorit para instagramable pecinta pantai.

Ada beberapa fasilitas menarik yang wajib kamu coba untuk menikmati pulau gili trawangan, Yuk simak

Harga sewa sepeda, Naik Delman atau Naik kuda

Hal menarik selain mengambil foto ialah berkeliling di sekitar pulau, Kehidupan di pulau Gili sangat sederhana tidak ada fasilitas kendaraan, jadi jangan berharap menggunakan kendaran motor atau mobil karena disini hanya disediakan sepeda, Cidomo (delman) dan kuda saja.

Harga sewa sepeda di pulau trawangan cukup murah yakni hanya berkisar Rp. 20.000 per jam, untuk mengelilingi pulau indah ini hanya membutuhkan waktu 1.5 jam saja dengan menggunakan sepeda.

Lalu jika ingin menikmati keliling pulau dengan delman atau kuda dikenakan harga sewa Rp. 45.000 per jamnya,.

Snorkeling, Diving dan Perahu Kano

Tidak lengkap jika kamu mengunjungi tempat wisata pantai tidak mencoba snorkeling di gili terawang, caranya ialah kamu ikut trip gabungan grup snorkeling setiap jam 9 pagi, spot kumpulnya di Reggae Bar dikenakan tarif harga Rp. 150.000 per orang plus alat untuk menyelam.

Namun jika kamu bersama rombongan kurang lebih 10 orang untuk snorkeling, Diving sekaligus hanye perlu mengeluarkan biaya senilai Rp. 1.200.000, harga tersebut sudah termasuk mengelilingin 3 Gili sekaligus seperti Gili Air dan Gili Meno.

Setelah melakukan Snorkeling dan Diving cobalah untuk bermian perahu kano harga sewa cukup murah yakni hanya Rp. 35.000 per jamnya.

Penginapan

Pengunjung yang ingin mengunjungi tempat wisata pulau Trawangan, jangan khawatir untuk fasilitas penginapan di tempat ini, terdapat banyak penginapan yang terjangkau sampai dengan hotel atau resort bintang lima.

Semua penginapan disini sangat berkelas dan tentu cukup mahal, jadi siapkan kantong dan budget yang cukup banyak, lebih hemat datanglah bersama rombongan minimal 10 orang untuk datang ke pulau ini.

Namun harus kamu tahu, ada sebuah lagu Gili Trawangan yang menjadi lagu andalan warga sekitar dan para pengunjung wisatawan, yang di nyanyikan oleh Richard D’Gillis. Jika ingin mendengarkan klik disini

Tips Wisata

Jika kamu ingin mengunjungi pulau pulau cantik ini seperti Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno akan kamu berikan beberapa tips untuk lebih mudah da hemat untuk sampai lokasi pulau.

  • Jangan datang sendiri, kamu wajib mengajak teman atau pasangan kalo bisa ajak rombongan agar lebih asik da hemat.
  • Jangan gunakan kendaraan darat, gunakanlah akomodasi laut seperti kapal lebih cepat dan murah, namun harus mengetahui dahulu jadwal keberangkatan kapal.
  • Menginap lah, mengapa harus menginap ? tentunya ini wajib apalagi jika kamu membawa pasangan, namun menurut pengalaman sepertinya tidak cukup untuk menikmati pulau gili dalam sehari, makanya wajib menginap atau bermalam disini.
  • Jangan berharap ada sinyal, susah sinyal di pulau gili.
  • Bawalah makanan secukupnya karena banyak warung dan makanan kuliner di sekitar pulau.
  • Bawa pakaian secukupnya, jika hanya beberapa hari saja di pulau gili.
    Jangan lupa, gunakan pakain dan perlengkapan khusus untuk ke pantai.

Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *