Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

Keindahan Gili Meno Lombok & Cara Menuju Lokasi

3 min read

Gili meno lombok

Gili Meno merupakan pulau yang indah yang berada di Lombok NTB (Nusa Tenggara Barat) dan berdekatan dengan Kepulauan Gili indah lainnya seperti Gili Trawang dan Gili Air.

Baca juga: Gili Air Lombok dan Cara Menuju Lokasi

Wisatawan yang sedang berkunjung di Pulau Bali ataupun Lombok pasti tidak akan melewatkan untuk berkunjung ke pulau ini dengan keindahan yang sangat cantik, pasir putih yang halus, jauh dari keramaian dan menjadi salah satu tempat romantis.

Kenapa kamu wajib ke Gili Meno ? silahkan simak ulasan menarik tentang aktivitas pulau yang cantik ini mulai dari daya tarik, lokasi dan harga akomodasi, penginapan dan makan secara jelas dan singkat.

Daya Tarik

  • Alamat: Gili Meno, Gili Indah, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat
  • Htm: Rp. 25ribu ( Wajib Paket Wisata)
  • Lokasi Google Maps: Klik Disini

Pulau yang sangat berdekatan dengan Gili Trawang dan Gili Air ini tidak kalah menarik dengan Gili meno, selain fasilitas yang lengkap dan sangat dibutukan pengunjung tempat ini sering dijadikan sebagai tempat bulan madu untuk para wisatawan luar negeri dan wisatawan lokal.

Baca juga: 10 Foto Gili Trawangan Lombok Lokasi da Harga Akomodasi

Daya tariknya terletak pada air laut yang berwarna hijau tosca, dengan suasana tempat yang sepi nan alami jauh dari hingar bingar kebisingan.

Lalu pulau ini memiliki keunikan sendiri dari Gili Gili lainnya yakni Hewan air Seperti penyu biasa berenang di pagi hari hingga sore hari, tentunya untuk para wisatawan yang hobi olahraga air pasti akan lebih betah di pulau ini.

Baca juga :  Cara Menuju Lokasi Gili Trawangan Lombok 2020

Ada yang lebih unik lagi ada sebuah patung bawah laut yang hanya terdapat di island Meno, kamu bisa melihat keajaiban ini dengan cara menyelam dengan kedalam kurang lebih 5 meter dari dasar laut.

Jika kamu ingin mencari ketenangan untuk sendiri atau bersama pasangan, Gili meno wajib kamu pilih.

Buka hanya itu saja, jika kamu ingin berkeliling sekitar pulau meno jangan berharap menggunakan kendaraan bermotor ataupun mobil, karena warga sekitar hanya menggunakan Sepeda, Cidomo (gerobak,delman) atau hanya berjalan kaki.

Rute dan Jalan Menuju Lokasi

Gili meno lombok

Pengunjung yang berada di Bali ataupun pusata Kota Lombok untuk sampai menuju lokasi Island Meno akan cukup melelahkan karena letaknya lumayan jauh.

Jika kamu berada di Pulau Lombok ingin menuju lokasi Gili Meno akan menempuh jarak dan waktu tempuh sampai 2-4 jam perjalanan, dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Namun jika berada di Kota Mataram dan ingin menuju lokasi pulau ini akan menempuh jarak kurang lebih 35 Km dan membutuhkan waktu perjalanan 59 menit saja.

Alternatif lainnya untuk menuju pulau meno wisatawa harus menumpang dengan kapal dari Lombok atau Gili Trawangan.

Lokasi Kepulauan Gili meno sendiri berada dekat dengan Gili Trawangan, untuk sampai lokasi pulau meno harus dari Gili trawangan terlebih dahulu lalu menaiki kapal.

Harga dan Biaya akomodasi Kapal (accommodation)

Pengunjung baru yang ingin berkunjung kepulau meno atau gili trawangan tentu harus mengetahui biaya atau harga akomodasi (Accommodation) untuk sampai pulau Meno, Gili Air dan Gili Trawangan.

Jika pengunjung sudah sampai lokasi Gili trawangan dan ingin menuju lokasi Gili Meno dan Gili air harus menaiki kapal yang sediakan guide atau pengelola pulau, harga akomodasi kapal umum atau kapal cepat dari gili trawangan untuk Trip ke gili meno akan dikenakan harga tiket Rp. 25.000-, kapal akan berangakt dua kali dalam sehari biasanya.

Baca juga :  Air Terjun Tretes Wonosalam Harga tiket masuk 2020

Sedangkan Kapal cepat akan lebih mahal yakni setiap 1 hari akan berangkat dalam satu jam sekali, dengan harga tiket Rp. 89.000-,

Lalu jika kamu berada di Lombok dan ingin menuju lokasi Pantai Meno dengan menggunakan kapal umum dari pelabuhan Bangsal, akan dikenaka harga tiket Rp. 28.000-, membutuhkan waktu perjalanan 25 menit saja kok.

Harga sewa Sepeda, Kuda dan Delman

Lalu setelah kamu sudah berada di Pulau Nemo dan ingin berkeliling telah di sediakan oleh warga sekitar yakni Kuda, Delman dan Sepeda.

Namun yang paling sering pengunjung menggunakan sepeda untuk berkeliling harga sewa sepeda sendiri berkisar Rp. 35.000- Rp.50.000 untuk satu hari, untuk berkeliling pulau ini hanya butuh waktu 85menit saja.

Namun jika kamu hobi dan bisa menaiki kuda kamu bisa menyewa untuk berkeliling, dengan harga sewa Rp. 50.000 lalu jika ingin mengunakan delman atau warga sekitar menyebutnya dengan Cidomo akan dikenakan harga sewa Rp. 35.000-,

Fasilitas

Ada beberapa fasilitas menariik yang wajib kamu, apalagi fasilitas di Pulau Gili Meno ini sangat dibutuhkan oleh para pengunjung dan wisatawan, antara lain:

  • Toilet

Ada beberapa toilet yang ada di pulau yang cantik ini lebih dari 5 kamar kecil, jika ingin mengunakan kamu akan dikenakan tarif Rp. 2.000 s.d Rp. 3.000 saja-,

  • Gazebo

Tempat berteduh dari siang hari yakni gazebo, telah disediakan oleh pengelola pulau gili disini, sebagai tempat berkumupul atau berteduh dari panas dan hujan.

  • Permainan air

Ada banyak permaianan olaharga air di pulau gili mulai dari Snorkeling, Diving dan alat berenang lainnya,

  • Keamanan

dan tentu fasilitas tentang beberapa penginapan yang pasti sangat dibutuhkan pengunjung untuk bermalam di pulau gili NTB.

Baca juga :  10 Tempat Makan Bakso Terenak di Jakarta Selatan

Penginapan

Pulau yang indah nan alami ini memiliki penginapan yang sediakan oleh warga sekitar dan pengelola pulau sebagai salah satu kebutuhan umum untuk para pengunjung yang ingin bermalam di pulau cantik ini.

Ada beberapa macam penginapan yang berada di Gili Nemo mulai dari Homestay, Guest house, Resort atau Villa dan Hotel.

Harga penginapan di pulau Meno sendiri cukup murah dan terjangkau mulai dari 80ribu permalam sampai dengan satu jutaan, sesuai dengan fasilitas penginpan sendiri,

Penginapan sering penuh pada hari terentu seperti pada hari lebaran, Natal dan Tahun baru.

Tips Wisata

Jika kamu ingin mengunjungi pulau pulau cantik ini seperti Gili Nemo, Gili Air dan Gili Trawang akan kamu berikan beberapa tips untuk lebih mudah dan hemat untuk sampai lokasi pulau.

  1. Jangan datang sendiri, kamu wajib mengajak teman atau pasangan kalo bisa ajak rombongan agar lebih asik dan hemat
  2. Jangan gunakan kendaraan darat, gunakanlah akomodasi laut seperti kapal lebih cepat dan murah, namun harus mengetahui dahulu jadwal keberangkatan kapal.
  3. Menginap lah, mengapa harus menginap ? tentunya ini wajib apalagi jika kamu membawa pasangan, namun menurut pengalaman sepertinya tidak cukup untuk menikmati pulau gili dalam sehari, makanya wajib menginap atau bermalam disini.
  4. Jangan berharap ada sinyal, susah sinyal di pulau gili.
  5. Bawalah makanan secukupnya karena banyak warung dan makanan kuliner di sekitar pulau.
  6. Bawa pakaian secukupnya, jika hanya beberapa hari saja di pulau gili.
  7. Jangan lupa, gunakan pakain dan perlengkapan khusus untuk ke pantai.
Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *