20 Rekomendasi Drama Indonesia Terbaik

Posted on

Sinema Indonesia memiliki sejarah panjang dan kaya akan tradisi, mempersembahkan beberapa drama terbaik yang memukau dan mengharukan. Beberapa drama Indonesia memiliki alur cerita yang sangat memikat dan menghadirkan beberapa aktor dan aktris terbaik yang membawakan performa memukau.

Sejarah dan Kemajuan Drama Indonesia

Sejak zaman dahulu, sinema Indonesia sudah mulai berkembang dan menjadi salah satu bentuk hiburan yang populer di masyarakat. Dalam perjalanannya, sinema Indonesia telah mengalami banyak perubahan dan peningkatan kualitas, terutama dalam hal produksi dan teknologi.

Dalam beberapa tahun terakhir, produksi drama Indonesia semakin maju dan inovatif, menghasilkan beberapa karya yang memukau dan memiliki alur cerita yang sangat menarik. Beberapa drama terbaik seperti “Sinetron Anak Jalanan”, “Cinta Elif”, dan “Surga Yang Tak Dirindukan” telah menjadi fenomena dan menarik perhatian masyarakat luas.

Baca juga:

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Drama Indonesia

Beberapa faktor penting yang mempengaruhi kualitas drama Indonesia antara lain adalah:

  1. Kualitas Skrip dan Alur Cerita: skrip dan alur cerita adalah faktor utama dalam menentukan kualitas sebuah drama. Sebuah drama harus memiliki alur cerita yang menarik, memukau dan memiliki ending yang memuaskan.
  2. Pemain Utama: aktor dan aktris utama yang membawakan performa memukau sangat penting dalam menentukan kualitas sebuah drama. Banyak drama Indonesia memiliki beberapa bintang utama yang memiliki popularitas tinggi dan membawakan performa memukau.
  3. Produksi: produksi adalah faktor penting dalam menentukan kualitas sebuah drama. Sebuah drama harus memiliki produksi yang baik, termasuk teknologi canggih dan alat produksi yang berkualitas.
  4. Sinematografi: sinematografi adalah bagian penting dari sebuah drama, menentukan suasana dan mood dalam sebuah adegan. Sebuah drama harus memiliki sinematografi yang baik dan memukau, membantu memperkuat alur cerita dan meningkatkan kualitas drama.

Beberapa Daftar Rekomendasi Drama Indonesia Terbaik 2023

Berikut adalah beberapa drama Indonesia terbaik yang perlu ditonton oleh pencinta sinema Tanah Air:

Drama Indonesia Layangan Putus

Nonton Film Layangan Putus Gratis

Rekomendasi drama Indonesia terbaik Layangan Putus mengisahkan kehidupan rumah tangga Aris (Reza Rahadian) dan Kinan (Putri Marino). Mereka telah dikarunia seorang putri bernama Raya dan sedang menantikan kehadiran anak kedua.

Awalnya, rumah tangga Aris dan Kinan berjalan harmonis. Namun, situasi itu mulai berubah dan kerap mengalami masalah.

Aris yang semula sangat romantis perlahan mulai berubah. Aris sering terlambat pulang kerja dan jarang memberi kabar kepada Kinan. Hal itu membuat Kinan mulai curiga terhadap perilaku suaminya.

Kupu Malam Drama Indonesia Terbaik

Kupu Malam

Kupu Kupu Malam sendiri menceritakan kehidupan Laura yang harus berjuang demi kehidupan dirinya dan adiknya yang mengalami kelainan jantung.

Membutuhkan banyak biaya membuat Laura terpaksa menyetujui tawaran Mami Rachel (Dinda Kanya Dewi) sebagai PSK.

Drama Indonesia Antares Season 1

Antares

Seorang gadis bernama Zea tidak sengaja merusak motor milik ketua geng Calderioz, yakni Ares. Zea harus bertanggung jawab atas kesalahannya dan mengikuti permintaan Ares. Lama-lama, Ares jatuh hati pada Zea. Namun, ia harus bersaing dengan Finno yang juga menyukai Zea

Bad Boys vs Crazy Girls

Bad Boys vs Crazy Girls

Bad Boys vs Crazy Girls menceritakan tentang dua siswa populer dan saling bermusuhan bernama Katrina “Kate” Azzalea (Megan Domani) dan Liam Fredie Fernandez (Devano Danendra). Keduanya terkejut setelah dipindahkan oleh orangtua masing-masing ke sekolah asrama bernama SMA Merah Putih.

Baru masuk di SMA tersebut, Liam dan Kate langsung membuat kekacauan sebagai bentuk protes atas kepindahan mereka. Saking hebohnya aksi protes mereka, muda-mudi yang saling bermusuhan ini makin populer di SMA Merah Putih.

Drama Indonesia Imperfect: The Series

Imperfect The Series

Drama indo komedi terbaik berjudul Imperfect The Series adalah cerita ringan, tetapi dekat dengan kehidupan sehari-hari. Imperfect The Series menyajikan konflik berbeda dalam setiap episodenya dan benar-benar bisa menghibur para penonton.

Dikutip dari IMDB, Imperfect The Series berlangsung setahun sebelum film Imperfect. Saat itu Dika belum bertemu Rara, dan sedang mengerjakan proyek fotografi di luar kota. Benang merah konflik ada di kisah cinta Neti.

Serigala Terakhir Season 2

Serigala Terakhir Season 2

Serigala Terakhir 2 mengisahkan Alex (Abimana Aryasatya) yang menghilang setelah ia dibebaskan dari penjara. Hal tersebut ia lakukan untuk menjauhi dunia kelam yang membuatnya harus mendekam di jeruji besi selama bertahun-tahun.

Namun, kabar menghilangnya Alex tetap tercium oleh bos geng Naga Hitam, Delon (Revaldo). Delon mencurangi Alex yang menjadi informan bagi unit polisi khusus pemberantas organisasi kriminal (Denpator) dan kelompok Laba-Laba Merah yang baru saja meluncurkan produk baru yaitu Blue Paradise.

Drama Indonesia Ratu Drama

Ratu Drama

Sinopsis Drama Ratu Drama berpusat pada karakter Ijul, seorang aktris yang ingin melepaskan citra antagonis setelah sinetron yang dibintanginya harus tamat.

Sering mendapat peran antagonis, Ijul dibenci ibu-ibu di dunia nyata. Ada yang menyebutnya perusak hubungan orang, dianggap jahat seperti ibu tiri dan banyak lagi.

Drama Indonesia Little Mom

Nonton Little Mom

Garis besar cerita film Little Mom, yaitu tentang kehidupan remaja dengan tokoh utama bernama Naura, yang diperankan oleh Natasha Wilona.

Naura yang masih berusia 16 tahun dan merupakan anak SMA harus mengalami goncangan mental, karena kehamilan yang dia alami.

Naura berusaha untuk menyembunyikan kehamilannya tersebut.

Drama Sianida

Nonton Film Sianida Sub Indo

Kisah ini berawal ketika sepasang suami istri sedang mendatangi pesta malam tahun baru yang dibuat oleh ayahnya. Amelia (Jihane Almira) dan David (Rio Dewanto) menikmati pesta yang sangat meriah, namun Amelia tiba-tiba menghilang malam itu.

Wanita ini dengan tergesa-gesa berjalan menuju sebuah kamar, disitulah Amelia bertemu dengan Jenny (Aghniny Haque). Wanita yang paling dicintainya, malam itu keduanya menghabiskan malam bersama di kamar hotel.

Suka Duka Berduka

Suka Duka Berduka

Suka Duka Berduka’ mengisahkan tentang kehidupan keluarga Afan yang merupakan keluarga terpandang di Ibu Kota. Rauf Afan, 77 tahun, ditemukan oleh Istri mudanya Lilis (Atiqah Hasiholan), telah meninggal dunia karena serangan jantung, setelah berturut-turut menyantap sate kambing, durian dan bir dingin.

Drama Indonesia Yang Hilang dalam Cinta

Yang Hilang dalam Cinta

YANG HILANG DALAM CINTA menceritakan tentang Dara (Sheila Dara) yang punya hubungan toxic dengan calon suaminya yaitu Rendra (Reza Rahardian). Menjelang pernikahannya Dara menghilang dari semua orang.

Sebetulnya Dara bukan benar-benar menghilang, Dara hanya tidak dapat dilihat, disentuh ataupun diajak berbicara dengan siapapun kecuali teman masa kecilnya Satria (Dion Wiyoko).

Wedding Agreement the Series

Wedding Agreement the Series

Serial ini menceritakan kehidupan rumah tangga sebuah pasangan suami istri yang dijodohkan. Bian (Refal Hady) yang saat itu memiliki seorang pacar bernama Sarah (Susan Sameh) harus menuruti ibunya yang sedang sakit untuk mau dinikahkan dengan perempuan lain bernama Tari (Indah Permatasari). Sebuah premis yang sama dengan filmnya, namun memiliki konflik dan pemeran baru yang tentunya menambah warna warni pernikahan Bian dan Tari.

The Sexy Doctor is Mine

The Sexy Doctor is Mine

Serial web ini berkisah tentang Arini, seorang wanita yang punya cita-cita menjadi perancang busana. Arini sendiri berasal dari keluarga yang memiliki rumah sakit sendiri, jadi sebenarnya kurang setuju dengan karier yang ingin dijalani Arini. Karena itu, Arini pun dijodohkan dengan Revano, seorang dokter spesialis yang bekerja di rumah sakit keluarga Arini.

Sebenarnya Arini juga nggak mencintai Revano. Tapi demi mencapai impian menjadi perancang busana, ia rela mempertahankan hubungannya dengan Revano hingga mereka benar-benar menikah. Arini sendiri saat ini sedang menjalani koas sebagai. Di sela-sela tugasnya, Arini menyempatkan diri untuk merancang pakaian yang memang sudah jadi passion sejatinya.

Drama Indonesia My Lecturer, My Husband

My Lecturer My Husband

My Lecturer My Husband menceritakan tentang kehidupan Inggit (Prilly Latuconsina) selama berkuliah di ibu kota Jakarta. Ia telah menjalin hubungan dengan Tristan (Kevin Ardilova). Inggit memiliki perasaan benci kepada dosennya, Arya (Reza Rahardian) karena kepribadiannya yang lurus dan dijuluki sebagai dosen killer.

Inggit semakin kesal ketika mata kuliah yang dia ambil mendapatkan nilai C dari Arya. Suatu hari, Inggit mendapatkan telepon dari keluarganya yang menyatakan bahwa ayahnya (Tegar Satrya) sedang sakit. Karena hal itu, Inggit pun bergegas pulang ke kampung halamannya, Yogyakarta untuk bertemu ayahnya.

Drama Married with Senior

Drama Married with Senior

Married with Senior menceritakan Mika (Caitlin Halderman) yang harus menikah dengan Angkasa (Kevin Ardilova), seniornya di SMA.

Pernikahan tersebut merupakan wasiat dari ayah Mika yang meninggal dunia akibat serangan jantung.

Satu Amin Dua Iman

Satu Amin Dua Iman

Satu Amin Dua Iman mengisahkan tentang Aisyah (Nikita Willy) seorang dokter cantik yang sedang dalam koas di sebuah rumah sakit. Saat koas di bawah bimbingan Dokter Hanan (Dimas Anggara), seorang dokter residen ketus yang selalu membuat hari Aisyah terasa melelahkan.

Namun dibalik sikap ketusnya itu, sebenarnya Dokter Hanan merupakan orang yang baik. Ia hanya lebih mengedepankan nilai-nilai idealisnya, yang kadang membuat Aisyah salah tingkah.

Kaget Nikah

Nonton Film Kaget Menikah Gratis Lk21 indoxxi

Sinopsis “Kaget Nikah” menceritakan hidup Lalita awalnya begitu sempurna, seperti dalam ringkasan cerita di WeTV. Ia memiliki sahabat baik dan juga pacar idaman. Bahkan di ulang tahunnya ke-19, orangtuanya menjanjikan Lalita berlibur ke Alaska.

Namun, semua itu berubah ketika pernikahan Carissa, kakak perempuannya, yang baru berumur sehari harus berakhir akibat mertuanya mengetahui ia tak lagi perawan. Kejadian itu membuat Lalita dikekang oleh orangtuanya.

Kisah Untuk Geri Season 1

Kisah Untuk Geri

Kisah ini bermula saat kehidupan dinda yang berubah 180 derajat setelah ayahnya ditangkap oleh KPK karena melakukan kasus korupsi. Dia yang awalnya hidup serba mewah, dipaksa keluar dari rumah dan menjalani kehidupan baru di rumah kontrakan kecil. Tak hanya itu ia juga di bully di sekolahan oleh teman-temannya, serta ia juga dimusuhin oleh beberapa teman dekatnya.

Dia bergabung dalam salah satu geng nya yaitu The Satan, yang memiliki fisik sempurna, dan ayah yang mempunyai pengaruh kuat. Serta dinda dulu sering melakukan hal yang semena-mena, dan banyak anak sekolah yang tidak menyukasi sifatnya.

Pretty Little Liars (Remake Indonesia)

Pretty Little Liars Remake Indonesia

5 sahabat menjadi renggang setelah Alissa, si alpha di geng, mendadak menghilang saat prom night. Dinyatakan meninggal, ke-4 teman lainnya moving on. Namun, 1 tahun kemudian, Hanna, Ema, Sabrina, dan Aria berkumpul kembali setelah mendapatkan pesan misterius dari “A”.

I Love You Silly

I Love You Silly

Bergenre komedi romantis, Series ini menceritakan tentang seorang gadis SMA yang naif, polos, lugu, dan selalu positif thinking bernama Lily.

Lily (Prilly Latuconsina) sering dimanfaatkan oleh tetangga sekaligus sahabatnya sejak kecil yang bernama Jordy (Jourdy Pranata), ia adalah sosok yang tengil dan menyebalkan.

Namun, sejak kecil hingga remaja keduanya selalu sekolah disekolah yang sama.

Mengapa Drama Indonesia Terbaik Penting ?

Drama Indonesia terbaik memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk budaya dan tradisi sinema Tanah Air. Drama-drama ini membawakan pesan yang dalam dan inspiratif, memotivasi dan membangkitkan semangat dalam masyarakat.

Selain itu, drama-drama terbaik juga membantu memperkenalkan kebudayaan dan tradisi Indonesia kepada dunia, memperluas jangkauan dan pengaruh sinema Tanah Air.

Kesimpulan

Drama Indonesia terbaik memiliki sejarah panjang dan kaya akan tradisi, mempersembahkan beberapa karya yang memukau dan mengharukan. Faktor-faktor seperti kualitas skrip, pemain utama, produksi, dan sinematografi mempengaruhi kualitas sebuah drama.

Beberapa drama Indonesia terbaik seperti “Sinetron Anak Jalanan”, “Cinta Elif”, dan “Surga Yang Tak Dirindukan” patut ditonton oleh pencinta sinema Tanah Air. Drama-drama ini memiliki peran penting dalam membentuk budaya dan tradisi sinema Indonesia dan membantu memperkenalkan kebudayaan dan tradisi kepada dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *