Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Singkat

15 min read

Contoh teks laporan Hasil Observasi – Apakah kamu tahu Oberservasi adalah sebuah penelitian yang menjadi teknik salah satu dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian tertentu.

Lalu untuk Teks Hasil Observasi memiliki arti atau pengertian isi teks yang menjelaskan tentang informasi baik itu tanaman, hewan, fenomena alam, hasil karya manusia serta fenomena sosia yang sesuai fakta, bukan hasil karangan yaa.

Selanjutnya kamu bisa lihat beberap contoh teks laporan hasil observasi pada artikel berikut ini. Singkatnya hasil observasi yakni sebuah teks yang memamparkan hasil dari oberservasu secara sistematik dan objektif sesuai kenyataan yang ada dan sesuai fakta.

Dari Hasil Observasi ini lah yang akan mendiskripsikan bentuk, ciri serta sifat umum dari suatu objek. Objek yang bisa dijadikan observasi ada beberapa macam dan jenis seperti Manusia, Hewan, Benda, Tumbuhan serta beberapa peristiwa yang sudah atau pernah terjadi dalam dunia ini.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi singkat

Waktubaca akan memberikan contoh hasil observasi singkat tentang hewan, lingkungan, bagi kamu yang belum mengerti betul cara mengerjakan atau merangkai suatu kalimat supaya lebih mudah dipahami dan dibaca.

Kami tidak perlu menjelaskan Struktur Laporan Hasil Observasi, Ciri-Ciri Laporan Hasil Observasi, kamu harap kalian sudah paham betuh bagian bagian itu dan bisa merangkainya sendiri..

1. Contoh Teks hasil observasi Hewan

Disini saya akan memberika contoh hasil observasi tentang hewan beruang kutub dan burung Elang. Yuk simak

Beruang kutub

Beruang kutub adalah jenis beruang yang memiliki ciri kulit dan bulu berwarna putih yang sering kita kenal dengan beruang Es, untuk beruang dewasa memiliki berat 0,5 Ton dengan panjang mencapai 2.6 Meter.

lalu untuk anak beruang yang baru lahir memiliki berat yang hampir sama dengan tikus Belanda/ Guine pih dengan berat 0.8 kg sampai dengan 1.5 Kg.

Beruang kutub merupakan salah satu jenis hewan Mamalia yang hidup di cuaca dingin lebih tepatnya di Kutub utara.

Hewan ini tergolong pemakan daging, yang lebih mengejutkan beruang kutub ini bisa berenang sejauh 689 Km dalam sekali jalan.

Selain memiliki jangkau berenang yang jauh ternyata beruang kutub mampu memproduksi susu terkaya dengan kandungan lemak sebesar 49.8 persen atau setara dengan Double Cream.
Observasi Beruang Kutub
Burung Elang

Burung elang ialah salah satu dari hewan yang berada diseluruh Indonesia. Jika dalam bahasa inggris Eagle. Elang salah merupakan burung pemangsa yang memiliki ukuran yang besar dari ukuran burung lainnya.

Ciri ciri burung Elang adalah jenis hewan predator berdarah panas, memiliki parut yang panjang dan tidak bergigi, paruh tersebut berbentuk melengkung dan sangat kokoh sehingga mampu mengoyak kulit pemburuannya dengan mudah dan juga berkembang biak dengan cara bertelur. Serta memiliki kaki yang kokoh untuk mencerkam mangsa dan memiliki penglihatan yang begitu tajam dari jarak jauh untuk memburu mangsa.
Sistem pernapasan elang cukup baik, mampu membekali dirinya dengan oksigen yang banyak, sehingga saat terbang burung elang tidak perlu khawatir kehabisan karena dapat mengatur pernapasan yang baik.

Burung elang memiliki masalah tentang berkembang biak, jenis hewan ini sulit memiliki keturuan yang hanya bisa bertelur 1 dalam sekali setahun. Burung ini membutuhkan waktu lama untuk mengerami telurnya sampai dengan 50 hari dan hanya memiliki beberapa butir telur saja per tahunnya.
Observasi Burung Elang

Kalian bisa menambahkan kata kata yang sesuai data dari hasil penelitian yang sesuai dengan kenyataan dan fakta.

2. Contoh Teks hasil Observasi Lingkungan Sekolah

Jika kalian melakukan penelitian tentang lingkungan sekolah kamu bisa menyimak contoh teks observasi tentang lingkungan berikut ini :

SMK 2 Kota Bandar Lampung merupakan sekolah Menengah kejuruan yang terletak di Jl, gunung sugih, kelurahan ganteng selalu kecamatan tampan apa adanya Kota Lampung. Sekolah terbesar di Bandar Lampung ini memeriliki 6 jurusan yaitu, TKJ, Otomotif Mesin, Listrik, Gambar bangunanm Audio Video. Semua jurusan itu dilambangkan dengan warna yang berbeda dari beberapa lencana pundak.

Peraturan di Sekolah ini mengahruskan semua siswa untuk memiliki rambut rapih dan pendek maksimal 2 cm dibagian atas kepala dan 1 cm dibagian sisi kepala. Rata rata jumlah siswa laki laki mendominasi dengan persentase 90% dibandingakn wanita yang hanya 10% saja.
SMK Bandar Lampung memiliki banyak prestasi yang diantaranya ialah lomba senasional pada tahun 2020 dengan mengeraih juara 1.

Lingkungan abiotik SMK 2 Bandar lampung berupa gedung sekolah yang terdiri dari ruang kelas, ruang guru dan ruangan lain seperti sekolah pada umumnya, dan juga terdapat gudang praktek siswa terdiri dari bengkel otomotif, bengkel mesin dan gedung lainnya sesuai dengan jurusan masing masing lengkap dan memiliki kualitas yang baik.

Selanjutnya peralatan sekolah seperti kursi, mejad dan lainnya. Peralatan olahraga yang lengkap beserta lapangannya. ada juga halaman sekolah yang luas sebagau lapangan upacara dan tempat para siswa beristirahat.
Lingkungan biotik SMK 2 Bandar lampung terdiri dari pepohonan besar seperti mangga dan pohon mahoni. Lalu ada banyak tanaman hias yang ditanam sepanjang jalan gerbang sampai dalam sekolah.
Observasi lingkungan sekolah

3. Contoh Teks Observasi Lingkungan Rumah

Jika kamu sedang ada tugas sekolah pelajaran bahasa Indonesia tentang Observasi lingkungan rumah kamu bisa mencontoh teks observasi lingkungan ini

Lingkungan ialah suatu yang terdapat di sekitar manusia, menopang kehidupannya, sekaligus mempengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan hidup merupakan kesatuan yang tercipta dari bersama terhubungnya ruang, benda, dan makhluk hidup di dalamnya. Termasuk manusia. Oleh sebab itu lingkungan wajib dilindungi supaya keberlangsungan hidup manusia senantiasa berjalan sebagaimana mestinya.

Dalam lingkungan hidup terdapat 2 ekosistem ialah, ekosistem darat serta ekosistem perairan. Di antara keduanya, ekosistem airlah yang sangat mempengaruhi terhadap kehidupan manusia. 2/ 3 bumi merupakan air. 60%– 70% kandungan dalam badan manusia serta air.

Ciliwung merupakan sungai yang sering menimbulkan banjir tiap tahunnya. Paling utama di bagian hilir. Sungai ini melewati daerah DKI Jakarta, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, serta Kota Depok. Sungai ini menjadi salah satu sungai terutama di Tatar Pasundan dengan panjang aliran utama 120 kilometer.
( jelaskan tentang fakta- fakta sungai ciliwung; kenaikan debit air kala curah hujan, dll)
Hasil pengamatan kami, banjir kali ciliwung diakibatkan oleh 2 aspek:

Ulah Manusia

Ledakan penduduk di Jakarta, paling utama di dekat sungai ciliwung tidak dibarengi dengan pemahaman tentang bahayanya membuang hingga di kali, kesimpulannya terjalin penimbunan sampah di sungai ciliwung…( dipaparkan cocok kenyataan yang terdapat, ini cuma contoh).

Aspek Alam

Setelah diteliti lebih lanjut, terdapat aspek lain yang pengaruhi banjir kali ciliwung, ialah rusaknya ekosistem di sepanjang kali ciliwung. Normalisasi yang dilaksanakan oleh PemProv DKI pun hanya menyasar sebagian daerah saja, dampaknya…( dijabarkan sesuai dengan pengamatan yang dicoba).
Oberservasi Lingkungan

4. Contoh hasil teks Observasi Tumbuhan dan Pohon

Jika kamu sedang meneliti tentang tumbuhan atau pohon berikut ini beberapa contoh oberservasi pisang dan mangga.

Pohon pisang atau musa pariasiace merupakan tanaman dengan batang semu yang permukaannya terlihat bekas pelapah daun. Tinggi pohon pisang ini mencapai 3-4 meter. Tanaman ini bisa tumbuh ditanah yang cukup air.

Pada pisang adalah sebutan dari nama buah yang dihasilkan dari tumbuhan ini. Tumbuhan ini dimanfaatkan sebagian manusia yang bisa dianggap sebagai tumbuhan yang serba guna.

Bagian baian dari tumbuhan ini adalah bonggol pisang, daun pisang, batang dan buah pisang.

Jenis pohon pisang terbagi dari 20 jenis yakni pisang raja, pisang ambon lumut, posang raja molo, pisang giant cavendish, pisang raja sereh, pisang mas, pisang kepok, pisang raja molo, pisang giant cavendish, pisang kluai hong thong, pisang nangka, pisang tanduk, pisang ambon putih, pisang kapas, pisang tongkat langit, pisang kidang, pisang badak dan pisang raja uli.

Adapun jenis pisang yang terkenal di Amuntai seperti pisang awa, manurun, pisang mahuli,pisang talas, pisang galubuk, pisang ambon, pisang raja, pisang manggala dan pisang jaranang.

Bagi narasumber yang sudah aku wawancarai tumbuhan pisang mempunyai proses perkembangbiakan dengan metode bertunas, pisang wajib dilindungi siklus penanamannya selalu untuk menentukan hasil panen yang normal, sebab penyakit pada tumbuhan pisang selalu mengurangi jumlah yang dihasilkan oleh tumbuhan tersebut. Tumbuhan pisang berkembangbiak dengan metode membentuk anak pisang yang disebut sebagai tunas. Tunas umumnya tumbuh dekat dengan induknya, nantinya tunas inilah yang hendak tumbuh jadi tumbuhan pisang. Tunas pisang berasal dari tunas ketiak bagian di dalam tanah.

Pohon pisang merupakan tanaman yang akan kaya khasiat dan pohon pisang diucap juga sebagai tumbuhan serba guna. Di dalam buah pisang ada vit, mineral, serta karbohidrat. Pisang dapat diolah jadi bahan olahan santapan semacam keripik, sale pisang, serta tepung pisang. Daunnya yang masih menggulung bisa dijadikan obat serta daunnya yang telah tua bisa dijadikan buat membungkus santapan. Batangnya ketika di tebang hendak menghasilkan getah, getah itu bisa dijadikan obat diare, obat sentri, serta saluran kencing. Bunga yang bercorak ungu bisa dijadikan sebagai olahan makanan.
Observasi pohon pisang
Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat teratas yang struktur batangnya tercantum kelompok eurboreus. Tumbuhan mangga mempunyai beberapa jenis ialah, pohon mangga arum manis serta pohon mangga golek.

Jenis buah mangga yang satu ini dinamai arum serta manis karna benar ke 2 nama tersebut mewakili kualitasnya. Buah ini memanglah mempunyai bau yang khas serta juga manis.

pohon mangga golek ialah tipe mangga yang gampang di kenali sebab bentuknya yang khas, tidak bundar seperti mangga yang lain. Buah ini mempunyai rasa yang sangat manis serta lebih dominan daripada rasa asamnya. Dalam keadaan matang sempurna, daging buahnya tebal dan lunak dengan warna kuning tua menjurus ke orange.

Baik mangga arum manis ataupun mangga golek sebetulnya sangat berguna untuk kehidupan ialah, dapat mengurangi indikasi penyakit diabet, penangkalan indikasi kanker, membantu pencernaan, serta lain lain.
Observasi pohon Mangga

5. Contoh hasil teks Observasi Bunga

Jika dalam tugas kamu sedang meneliti tentang berbagai macam bunga seperti Melati, anggrek, matahari, kamboja dan bunga sepatu., mungkin ini bisa menjadi contoh untuk kamu yakni hasil teks observasi bunga Mawar.

Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan salah satu tumbuhan hias yang termasuk dalam genus rosa dan lumayan terkenal di golongan pecinta bunga. Bunga ini umumnya berkembang di wilayah yang sejuk. Spesies mawar rata- rata ialah tanaman semak yang berduri yang tingginya dapat mencapai 2 hingga 5 m. Meski tidak sering ditemui, tinggi tumbuhan mawar yang merambat di tumbuhan lain dapat mencapai 20 m.

Bunga mawar terdiri dari bermacam berbagai warna seperti warna merah muda, merah, kuning, putih, biru, apalagi hitam. Tumbuhan mawar biasanya digolongkan jadi 3 golongan besar, ialah mawar liar, old garden rose, serta modern garden rose. Jenis bunga mawar yang sangat popular merupakan bunga mawar merah. Sebagian tipe bunga mawar yang kerap ditemui di Indonesia, antara lain: mawar talitha, mawar pertiwi, serta mawar gadis.

Sebagian besar spesies bunga mawar memiliki daun yang panjangnya antara 5–15 centimeter dengan daun- daun berlawanan. Daun majemuk bunga mawar terdiri dari setidaknya sedikit 3 ataupun 5 sampai 9 ataupun 13 anak daun serta daunnya berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi tepi beringgit, meruncing pada ujung daun serta berduri pada batang yang dekat ke tanah. Di bagian mahkota bunga, ada 4 hingga 5 helai daun mahkota.

Sebab bentuk serta rupanya yang indah, bunga mawar biasanya dijadikan tanaman hias. Tetapi dibalik keindahannya bunga mawar mempunyai bermacam khasiat. Seperti antidepresan, antiviral, antibakteri, antiperadangan, serta sumber vit C. Bunga mawar juga banyak digunakan sebagai bahan buat kecantikan semacam sabun, parfum, pelembab. Tidak hanya itu, mawar juga bisa digunakan sebagai bahan makanan seperti teh, jeli, serta selai.
Observasi bunga mawar

6. Contoh hasil teks Observasi Sampah

SAMPAH

Sampah ialah material sisa yang tidak di idamkan sehabis berakhirnya sesuatu proses. Sampah bisa bersumber dari alam, manusia, mengkonsumsi, nuklir, industri, serta pertambangan. Sampah di bumi hendak terus meningkat sepanjang masih terdapat aktivitas yang dicoba oleh baik alammaupun manusia. Sampah yang dihasilkan di Indonesia menggapai 11. 330 ton per hari. Sampahdapat dibedakan bersumber pada watak serta wujudnya. Bersumber pada sifatnya, sampah bibagi jadi 2, ialah sampah organik serta anorganik. Sampah organik ialah sampah yang bisa dijabarkan atau degradable

. Contoh sampahorganik merupakan sampah yang gampang membusuk semacam sisa santapan, sayur- mayur, daun- daun kering, serta sebagainya. Sampah ini bisa diolah jadi kompos. Sebaliknya sampah anorganikmerupakan sampah yang tidak gampang dijabarkan atau undegradable

. Contoh sampah anorganikadalah sampah yang tidak gampang membusuk, semacam plastik, kayu, kaca, kaleng, serta sebagainya. Sampah anorganik didaur ulang oleh home industry buat kurangi jumlah sampah sertadi jadikan bagaikan kesempatan usaha. Bersumber pada wujudnya, sampah bisa dibedakan jadi sampah padat, cair, alam, mengkonsumsi, manusia serta radioaktif. Sampah padat merupakan sampah yang berwujud padat. Sampah padat bisa berbentuk sampahrumah tangga: sampah dapur, kebun, plastik, metal, gelas serta lain- lain. Sampah organik dananorganik tercantum sampah padat. Sampah ini bisa dibedakan bersumber pada keahlian diuraioleh alam atau biodegrability jadi sampah padat biodegradable( sampah yang dapatdiuraikan oleh proses hayati) serta sampah padat
non- biodegradable( tidak bisa dijabarkan olehsuatu proses hayati. Sampah padat non- biodegradable terdapat 2 tipe yaitu recyclable ( dapat diolah kembali) dan non- recyclable( tidak bisa diolah kembali). Sampah Cair merupakan bahan cairan yang sudah digunakan serta tidak dibutuhkan lagi sepertilimbah. Limbah merupakan sampah cair yang dihasikan dari kegiatan industri.

Limbah bisa dibagimenjadi 2 ialah limbah gelap serta limbah rumah tangga. Limbah hitan merupakan sampah cairyang memiliki patogen beresiko yang berasal dari wc, sebaliknya limbah rumah tanggaadalah sampah cair yang dihasiklan dari dapur, kamar mandi, serta tempat cucian. Sampah alam ialah sampah yang dibuat oleh alam serta dijabarkan lewat prosesdaur ulang natural. Contoh dari sampah alam merupakan daun kering di hutan yang terurai menjaditanah. Sampah manusia merupakan sebutan yang digunakan terhadap hasil- hasil pencernaan manusia, semacam feses serta kemih. Sampah manusia bisa memunculkan akibat negatif untuk kesehatanmanusia sebab bisa dikatakan bagaikan fasilitas pertumbuhan penyakit yang diakibatkan olehvirus serta kuman. Sampah mengkonsumsi ialah sampah yang dihasilkan oleh aktivitas mengkonsumsi manusia dandibuang ke tempat sampah.

Jumlah sampah mengkonsumsi hingga saat ini tidak melebihi jumlahsampah industri. Limbah radioaktif merupakan sampah nuklir yang ialah hasil dari fusi nuklir serta fisinuklir yang menciptakan uranium serta thorium. Limbah radioaktif beresiko untuk lingkungandan kehidupan manusia sebab menciptakan radiasi yang berakibat kurang baik terhadap kesehatanmanusia. Oleh sebab itu sampah nuklir ditaruh ditempat- tempat yang tidak berpotensi tinggi buat melaksanakan kegiatan tempat- tempat yang dituju umumnya sisa tambang garam ataupun dasarlaut
Observasi Sampah

7. Contoh hasil teks Observasi Alam

BULAN

Bulan ialah satu- satunya satelit alami yang diperuntukkan buat bumi. Buat Bulan sendiri jadi satelit terbanyak ke 5 dalam urutan tata surya. Bulan pula tidak senantiasa terletak di belahan bumi yang sama, sebab bulan sendiri berbalik mengelilingi porosnya ialah bumi. Seperti itu sebabnya kita tetap memandang bulan di malam hari, dan sinar yang dipancarkannya ialah pancaran dari sinar matahari.

Jarak antara bumi serta bulan sendiri sangat jauh ialah dekat 384. 405 kilometer ialah 3 puluh kali diameter bumi. sebaliknya buat diameternya sendiri ialah 3. 474 kilometer. Bulan mengelilingi bumi tiap 27, 4 hari. Sebaliknya buat alterasi periodik antara bumi, bulan serta matahari tersebut bertanggung jawab pada fase bulan yang senantiasa kesekian sebanyak 29, 5 hari.

Bulan yang ditarik oleh gravitasi bumi tidak jatuh ke bumi sebab style sentrifugalnya yang disebabkan dari bulan mengelilingi bumi. Sebaliknya besarnya style sentrifugal bulan sendiri sedikit lebih besar dari style gravitasi antara bumi serta bulan. Perihal tersebut yang menimbulkan bulan terus menjadi menghindar dari bumi dengan kecepatan 3, 8 centimeter per tahunnya. Di bulan sendiri tidak terdapat kehidupan sama sekali.
Observasi Bulan atau Planetarium

8. Contoh hasil teks Observasi Usaha Kecil

Usaha Kecil

Saat ini, usaha kecil menengah telah jadi salah satu persaingan bisnis kecil- kecilan yang berkaitan dengan perekonomian pada warga. Banyak sekali tipe usaha kecil yang silih berlomba buat memperoleh mangsa pasar. Hingga dari itu, memotivasi para wirausahawan hendak melaksanakan bermacam berbagai strategi supaya usahanya tersebut tidak tersisih.

Usaha kecil menengah tersebut bisa kurangi jumlah pengangguran di Indonesia sendiri. contoh bisnis kecil yang kerap dicoba oleh para wirausahawan ialah bisnis dibidang kuliner. Kuliner jadi opsi sebab santapan ialah kebutuhan pokok manusia.

Terlebih bila tipe makanannya sendiri beda dari yang lain. salah satu tipe santapan yang banyak digemari oleh orang- orang merupakan santapan siap saji contohnya merupakan nasi goreng.

Deskripsi Hasil Observasi
Tipe usaha: Kuliner
Nama Usaha: Nasi Goreng Ayah Bojo
Nama Owner: Ayah Bojo Andriawan
Alamat Usaha: Jalur Kampung ceremai 5 Nomor. 43 Bandung

Aktivitas: Membuat nasi goreng yang dikombinasikan dengan toping yang berbeda antara lain, nasi goreng sosis, nasi goreng ikan asin, nasi goreng ayam, nasi goreng daging kambing, dan nasi goreng telur istimewa. Nasi goreng Ayah Bojo ini lumayan laris di pasaran, perihal tersebut sebab memiliki cita rasa yang lezat serta buat porsinya sendiri lebih banyak daripada nasi goreng yang yang lain. Nasi goreng Ayah Bojo sendiri buka dari jam 17. 00 hingga 24. 00. Tetapi bila telah habis saat sebelum jam 24. 00 hingga warung telah tutup terlebih dulu.
Data Keuangan
Satu jatah nasi goreng: Rp. 13. 000 hingga Rp. 16. 000.
Pemasukan kotor/ hari: Rp. 550. 000.
Pemasukan bersih/ hari: Rp. 200. 000.

Kesimpulan

Mengawali bisnis pada bidang kuliner spesialnya dibidang berjualan nasi goreng ini sesungguhnya lumayan gampang. Perihal yang sangat berarti merupakan hasrat dan usaha yang keras. Satu perihal yang wajib dicermati dalam berjualan nasi goreng merupakan melindungi mutu rasa dan kebersihan dari nasi goreng tersebut. Supaya para pelanggan setia senantiasa tiba kesana serta jumlah pelanggan juga terus menjadi meningkat tiap waktunya.
Observasi Usaha Kecil

8. Contoh hasil teks Observasi perkembangan Anak

Proses pertumbuhan manusia diawali dari masa anak- anak, apalagi diawali dari pertumbuhan masa kelahiran dikala kanak- kanak masih jadi balita, pertumbuhan di dini masa kanak- kanak, pertumbuhan pada masa akhir kanak- kanak, pertumbuhan pada masa anak muda, dan pertumbuhan pada masa berusia, hingga pertumbuhan pada masa umur lanjut.

Pada waktu anak lahir, sesungguhnya keahlian otaknya telah tumbuh sebesar 50%. Serta keahlian tersebut hendak terus menjadi meningkat hingga anak berumur 5 tahun.

Perkembangan otak anak sendiri bergantung pada gizi santapan yang dimakan dan keadaan kesehatan anak itu sendiri baik kesehatan jasmani ataupun rohani.

Proses pertumbuhan rohani anak sendiri hendak terus menjadi tumbuh dari waktu ke waktunya. Misalnya pada masa balita, anak cuma hendak menggerakkan tangannya, dan dikala dia menginginkan suatu hingga dia hendak menangis serta tertawa. Pertumbuhan tersebut masih hendak terus
bersinambung hingga dia betul- betul dapat berjalan serta berlari.

Tujuan Observasi

Tujuan dari observasi ini sendiri antara lain buat mengenali pertumbuhan anak baik secara psikologis ataupun secara fisiknya. Tidak hanya itu guna penuhi tugas psikologi dalam perihal pertumbuhan anak
Aspek Pertumbuhan Sosial Emosi Pada Anak Pada anak sendiri ada sebagian aspek sosial emosi dalam perkembangannya.

Ada pula aspek pertumbuhan sosial emosi anak sendiri antara lain amarah, cemburu, mau ketahui, khawatir, gembira, pilu, iri hati, malu, bersalah, bangga, kasih sayang, serta masih banyak lagi yang yang lain.
Observasi Perkembangan Anak

8. Contoh hasil teks Observasi Pemanasan Global

Pemanasan global secara sebutan kerap diucap dengan global warming ialah suatu proses meningkatnya temperatur bumi tiap tahunnya yang disebabkan meningkatnya gas buang karbon yang salah satunya berasal dari kegiatan industri. Terbentuknya pemanasan global akibat terdapatnya dampak gas rumah kaca yang berbentuk gas karbon dioksida( CO2), karbon monoksida( CO), dan gas metan.

Gas- gas tersebut yang memunculkan greenhouse effect ataupun dalam bahasa Indonesianya dampak gas rumah kaca pada suasana bumi sehingga cahaya uv tertahan dari dalam suasana. Perihal tersebut hendak menimbulkan peningkatan temperatur rata- rata di bumi. sehingga bila perihal ini terjalin dalam jangka panjang, hendak menyebabkan bertambah menaiknya air permukaan laut akibat dari es kutub utara serta selatan yang mencair.

Tidak hanya itu pemanasan global juga pula disebabkan oleh penguraiannya ozon( O3) jadi oksigen( O2) dan faktor O. Jadi ozon tidak dapat mencegah dari cahaya UV sehingga secara langsung hendak menembus ke permukaan bumi. sebaliknya pemicu utamanya sendiri dari dampak rumah kaca ini merupakan oleh sikap manusia itu sendiri salah satunya merupakan penebangan tumbuhan serta konsumsi listrik secara kelewatan.
Observasi Pemanasan Global

8. Contoh hasil teks Observasi lingkungan Sosial

Lingkungan hidup, kerap diucap Sebagai Lingkungan, adalah
sebutan yang bisa mencakup seluruh makhluk hidup serta tidak hidup di alam yang terdapat di bumi ataupun bagian dari Bumi, yang berperan secara natural tanpa campur tangan manusia yang kelewatan.

Lawan dari Lingkungan hidup merupakan Lingkungan buatan, yang mencakup daerah serta komponen- komponennya yang banyak dipengaruhi oleh manusia. deskripsi bagian: Bagi Undang Undang Nomor. 23 Tahun 1997, Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan seluruh barang, energi, kondisi, serta makhluk hidup, tercantum manusia serta perilakunya, yang pengaruhi kelangsungan perikehidupan serta kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lain. Sebaliknya ruang lingkup area hidup Indonesia meliputi ruang, tempat Negeri Kesatuan Republik Indonesia yang berwawasan Nusantara dalam melakukan kedaulatan, hak berdaulat, serta yurisdiksinya.

Dalam area hidup ada ekosistem, ialah tatanan faktor area hidup yang ialah kesatuan utuh merata serta silih pengaruhi dalam membentuk penyeimbang, stabilitas, serta produktivitas area hidup. Merujuk pada definisi di atas, hingga area hidup Indonesia tidak lain ialah Pengetahuan Nusantara, yang menempati posisi silang antara 2 daratan serta 2 samudera dengan hawa tropis serta cuaca dan masa yang membagikan keadaan alamiah serta peran dengan peranan strategis yang besar nilainya, tempat bangsa indonesia menyelenggarakan kehidupan bernegara dalam seluruh aspeknya.

Indonesia tercantum dalam perjanjian: Biodiversitas, Pergantian Hawa, Desertifikasi, Spesies yang Terancam, Sampah Beresiko, Hukum Laut, Larangan Ujicoba Nuklir, Proteksi Susunan Ozon, Polusi Kapal, Perkayuan Tropis 83, Perkayuan Tropis 94, Dataran basah, Pergantian Iklim- Protokol Kyoto( UU 17/ 2004), Proteksi Kehidupan Laut( 1958) dengan UU 19/ 1961. Permasalahan Lingkungan hidup di Indonesia dikala ini: penebangan hutan secara liar/ pembalakan hutan; polusi air dari limbah industri serta pertambangan; polusi hawa di wilayah perkotaan( Jakarta ialah kota dengan hawa sangat kotor ke 3 di dunia); asap serta kabut dari kebakaran hutan; kebakaran hutan permanen/ tidak bisa dipadamkan; perambahan suaka alam/ suaka margasatwa; perburuan liar, perdagangan serta pembasmian hewan liar yang dilindungi; penghancuran terumbu karang; pembuangan sampah B3/ radioaktif dari negeri maju; pembuangan sampah tanpa pembelahan/ pengolahan; semburan lumpur liar di Sidoarjo, Jawa Timur; hujan asam yang ialah akibat dari polusi hawa. deskripsi khasiat:

Dari Lingkungan hidupnya, manusia menggunakan bagian- bagian area hidup semacam hewan- hewan, tumbuh- turnbuhan, air, hawa, cahaya matahari, garam, kayu, beberapa barang tambang serta lain sebagainya buat keperluan hidupnya. Namun tidak cuma manusia yang hidup semacam itu. Makhluk hidup yang lain semacam hewan serta binatang- binatang mikroba dan tumbuh- tumbuhan, pula dapat hidup sebab Lingkungan hidupnya. Burung mencari santapan serta sumber- sumber yang ada serta lingkungannya, ialah ulat, cacing, air, biji- bijian. Cacing dapat hidup serta tumbuh biak serta tanah serta binatang- binatang yang lebih kecil( mikroba) serta serta daundaunan ataupun serta binatang- binatang yang membusuk. Tumbuh- tumbuhan bisa hidup sebab air, hawa, humus, zat- zat hara serta sebagainya
Observasi Lingkungan Sosial

9. Contoh hasil teks Observasi Sampah Plastik

Jika kamu bingung mencari ide tentang bagaimana cara untuk membuat teks observasi Sampah Plastik kamu bisa mencontoh teks dibawah ini, gunakan bahasa yang umum lalu tambakn yang ada didalam kurung sesuai dengan judul observasi yaa..

Sampah Plastik

Sampah merupakan kata yg digunakan untuk barang yang sudah tidak di gunakan lagi atau (bisa ditambahkan tentang sampah secara umum)
Sampah dibedakan menjadi dua..yaitu sampah organik dan non organik.

Contoh sampah organik adalah daun daun nan dan lainnya.sampah anorganik adalah contohnya plastik dan lain lain…(ditambahkan tentang contoh contoh tsb)…

Sampah dpt dimanfaatkan sebagai benda berharga yaitu dengan didaur ulang. Jika sampah organik dapat dijadikan sebagai pupuk (ditambahkan manfaat sampah)…
Observasi Sampah Plastik

10. Contoh hasil teks Observasi tentang Wayang

Wayang merupakan seni pertunjukan yang sudah diresmikan sebagai peninggalan budaya asli Indonesia. UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang bagaikan pertunjukan bayangan boneka terkenal berasal dari Indonesia. Wayang ialah peninggalan mahakarya dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur( Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa telah membagi wayang jadi 3. Wayang kulit di Timur, wayang wong ataupun wayang orang di Jawa Tengah, serta wayang golek ataupun wayang boneka di Jawa Barat. Penjenisan tersebut disesuaikan dengan pemakaian bahan wayang.

Wayang kulit terbuat dari kulit hewan ternak, misalnya kulit kerbau, sapi, ataupun kambing. Wayang wong berarti wayang yang ditampilkan ataupun diperankan oleh orang. Wayang golek merupakan wayang yang memakai boneka kayu bagaikan pemeran tokoh.

Berikutnya, buat mempertahankan budaya wayang supaya senantiasa dicintai, seniman meningkatkan wayang dengan bahan- bahan lain, antara lain wayang suket serta wayang motekar.

Wayang kulit dilihat dari usia, serta gaya pertunjukannya juga dipecah lagi jadi berbagai tipe. Tipe yang sangat populer, sebab diperkirakan mempunyai usia sangat tua merupakan wayang purwa.

Purwa berasal dari bahasa Jawa, yang berarti dini. Wayang ini dibuat dari kulit kerbau yang ditatah, serta diberi warna sesuai kaidah pulasan wayang pendalangan, dan diberi tangkai dari bahan tanduk kerbau bule yang diolah sedemikian rupa dengan nama cempurit yang terdiri dari: tuding serta gapit.

Wayang wong( bahasa Jawa yang berarti‘ orang’) merupakan salah satu pertunjukan wayang yang diperankan langsung oleh orang. Wayang orang yang diketahui di suku Banjar merupakan wayang gung, sebaliknya yang diketahui di suku Jawa merupakan wayang topeng. Wayang topeng dimainkan oleh orang yang memakai topeng. Wayang tersebut dimainkan dengan iringan gamelan serta tari- tarian.

Pertumbuhan wayang orang juga dikala ini bermacam- macam, tidak cuma digunakan dalam kegiatan ritual, namun pula digunakan dalam kegiatan yang bertabiat menghibur.

Berikutnya, tipe wayang yang lain merupakan wayang golek yang mempertunjukkan boneka kayu. Wayang golek berasal dari Sunda. Tidak hanya wayang golek Sunda, wayang yang dibuat dari kayu merupakan wayang menak ataupun kerap pula diucap wayang golek menak sebab cirinya mirip dengan wayang golek. Wayang tersebut awal kali dikenalkan di Kudus. Tidak hanya golek, wayang yang berbahan dasar kayu merupakan wayang klithik. Wayang klithik berbeda dengan golek. Wayang tersebut berupa pipih semacam wayang kulit. Hendak namun, cerita yang dinaikan merupakan cerita Panji serta Damarwulan. Wayang lain yang dibuat dari kayu merupakan wayang papak ataupun cepak, wayang timplong, wayang potehi, wayang golek techno, serta wayang ajen.

Pertumbuhan terkini dunia pewayangan menciptakan kreasi berbentuk wayang suket. Tipe wayang ini diucap suket sebab wayang yang digunakan dibuat dari rumput yang dibangun menyamai wayang kulit. Wayang suket ialah tiruan dari bermacam figur wayang kulit yang dibuat dari rumput( bahasa Jawa: suket). Wayang suket umumnya terbuat bagaikan perlengkapan game ataupun penyampaian cerita pewayangan kepada kanak- kanak di desa- desa Jawa.

Dalam tipe lebih modern, ada wayang motekar ataupun wayang plastik bercorak. Wayang motekar merupakan sejenis pertunjukan teater bayang- bayang ataupun seragam wayang kulit. Tetapi, bila wayang kulit mempunyai bayangan yang bercorak gelap saja, wayang motekar memakai metode terkini sampai bayang- bayangnya dapat tampak dengan warna- warni penuh.

Wayang tersebut memakai bahan plastik bercorak, sistem pencahayaan teater modern, serta layar spesial.
Seluruh tipe wayang di atas ialah bentuk ekspresi kebudayaan yang bisa dimanfaatkan dalam bermacam kehidupan antara lain bagaikan media pembelajaran, media data, serta media hiburan. Wayang berguna bagaikan media pembelajaran sebab isinya banyak membagikan ajaran kehidupan kepada manusia.

Pada masa modern ini, wayang pula banyak digunakan bagaikan media data. Ini antara lain bisa kita amati pada pagelaran wayang yang disisipi data tentang program pembangunan semacam keluarga berencana( KB), pemilihan universal, serta sebagainya. Yang terakhir, walaupun terus menjadi tidak sering, wayang masih senantiasa jadi media hiburan.
Observasi tentang Wayang

Baca juga : Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa Singkat

Contoh Teks Pidato Bahasa Jawa Singkat

Contoh pidato Bahasa jawa ini bisa kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan seperti acara pendidikan, lingkungan, sosial dan peresmian acara tertentu. Teks pidato adalah...
waktubaca
5 min read

Puisi Guru

waktubaca
10 min read

Puisi Tentang Ibu

waktubaca
8 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *