Cara Pasang Google Analytics di WordPress

Kamu sedang mencari tutorial cara memasang Google Analytics di WordPress dengan plugin atau tanpa plugin? Karna, ingin tahu performa website dan memahami pengunjung lebih baik? kamu sudah menemukan artikel yang tepat lhoo..

Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara setting Google Analytics di WordPress. Nantinya, kamu jadi bisa tahu dari mana pengunjung berasal, apa perangkat yang digunakan, dan konten mana yang paling disukai.

Tapi sebelumnya, kamu harus tahu dulu bagaimana cara daftar Google Analytics.Hayuk, langsung saja simak panduan tutorial lengkapnya di bawah ini yhaa.

Bagaimana Cara Daftar Akun Google Analytics

Pastikan kamu sudah memiliki akun Google untuk membuat akun Google Analytics. Lalu, ikutilah langkah cara daftar Google Analytics berikut:

  1. Masuk ke halaman Google Analytics menggunakan akun Google kamu. Kemudian, klik tombol Start measuring.
  2. Isikan nama akun kamu pada kolom Account Name. Kemudian, beri tkamu ceklis pada semua opsi Data Sharing Setting dan klik Next.
  3. Masukkan nama property yang mewakili website atau aplikasi bisnis kamu di kolom Property name. Kemudian, ubah zona waktu dan mata uang yang ingin digunakan.
  4. Pilih kategori website bisnis kamu pada kolom Industry Category. Kemudian, pilih opsi jumlah anggota bisnis pada bagian Business Size dan tujuan penggunaan Analytics.
  5. Klik tombol Create untuk membuat akun Google Analytics dan klik I Accept pada popup Terms and Condition.
  6. Pilih platform untuk mengumpulkan data pada Data Stream. Di tutorial ini, kami memilih platform Web.
  7. Masukkan URL website kamu di kolom yang tersedia, lalu klik tombol Create stream.
  8. Di halaman Web Stream Details, kamu akan melihat MEASUREMENT ID ( Tracking ID). Salin kode tersebut untuk digunakan di langkah selanjutnya.

Langkah cara daftar Google Analytics sudah selesai. Sekarang, saatnya memasang Google Analytics di website kamu.

Bagaimana Cara Memasang Google Analytics di WordPress

kamu bisa mengikuti salah satu dari tiga cara memasang Google Analytics di WordPress berikut ini:

  1. Cara Memasang Google Analytics di Website Menggunakan Plugin Google Site Kit, GA Google Analytic & MonsterInsights
  2. Cara Memasang Google Analytics secara Manual di File Tema WordPress biasanya sudah ada pada customize tema, lebih jelasnya baca documentasi tema yang kamu beli.

Cara Pasang Google Analytics di plugin Google Site Kit

Google Site Kit adalah plugin gratis yang resmi dari Google. Oleh karena itu, kami menyarankan plugin ini sebagai rekomendasi pilihan pertama. Untuk menginstalnya, ikuti langkah berikut:

  1. Pilih menu Plugins > Add New, cari plugin Site Kit by Google di kolom pencarian. Kemudian, klik tombol Install Now, lalu klik Activate. Setelah aktifkan plugin ikuti step by step sampai dengan selesai.
  1. Klik tombol START SETUP untuk mengikuti cara setting Google Analytics di WordPress setelah plugin aktif.
  2. Di langkah Setup Site Kit, klik tombol SIGN IN WITH GOOGLE untuk login ke akun kamu.Berikan izin akses terhadap akun Google kamu untuk plugin Site Kit, lalu klik continue atau lanjutkan
  3. Di halaman setup, ada tiga langkah yang harus kamu lakukan, antara lain:
  • Memverifikasi kepemilikan website
  • Memberikan izin website untuk mengakses data akun Google kamu
  • Melakukan setup search console website
  1. Kalau semua langkah sudah kamu selesaikan, klik tombol Go to my Dashboard untuk kembali ke halaman dashboard WordPress kamu.

Sekarang, kamu sudah berhasil melakukan setup plugin. kamu akan melihat menu Site Kit muncul di sidebar halaman admin WordPress seperti ini:

  1. Hubungkan WordPress dengan Analytics dengan klik Connect Service pada bagian Analytics. Kemudian, pilih nama Account dan Property Google Analytics yang akan kamu hubungkan. Lalu, klik tombol Configure Analytics.
  2. Kalau sudah terhubung, kamu bisa melihat performa website kamu pada menu Site Kit > Analytics.

Menariknya Site Kit tidak hanya bisa mengambil data dari Analytics saja. Plugin ini juga mengambil data dari layanan Google lainnya seperti Google Search Console, Google AdSense dan PageSpeed Insights.

Apa manfaat Memasang Google Analytics di WordPress?

Setelah memasang Google Analytics di WordPress, kamu bisa menggunakan Google Analytics untuk melihat data-data berikut ini:

  1. Melihat Data Pengunjung secara Real Time

Dengan Google Analytics, kamu bisa melihat overview website kamu secara real time. kamu bisa melihat data jumlah pengunjung yang membuka website, jumlah pengguna berdasarkan perangkat yang digunakan, pageview, dll.

  1. Melihat Demografi Pengunjung Website

Dengan mengetahui demografi pengunjung, kamu bisa menentukan strategi untuk mengembangkan bisnis, seperti membuka jenis usaha baru ataupun meningkatkan kualitas pelayanan untuk segmen konsumen tertentu.

Di Google Analytics, kamu bisa mengetahui info demografi pengunjung website dengan lengkap seperti info usia audiens, jenis kelamin, negara, kota, bahasa, dll.

  1. Mengidentifikasi Perilaku Pengunjung

Perilaku pengunjung atau visitor’s behaviour juga bisa kamu ketahui dengan Google Analytics. Data yang ditampilkan mencakup pengunjung baru dan pengunjung lama, frekuensi dan keterkinian, engagement, kualitas sesi dan kemungkinan konversi.

  1. Dapat Melihat Jumlah Keseluruhan Traffic

Kamu pun bisa melihat seberapa banyak website kamu dikunjungi dalam jangka waktu tertentu. Bagi sebuah website, tentu data ini cukup penting untuk mengukur keberhasilan website dan apakah konten website menarik perhatian pengunjung.

  1. Mudah Mengetahui Sumber Traffic Berasal

Tak hanya jumlah trafik secara keseluruhan, kamu juga bisa mengetahui dari mana trafik itu berasal. Dengan begitu, kamu memiliki pertimbangan untuk membuat promosi yang tepat atau strategi bisnis yang lebih menjangkau audiens.

  1. Bisa Mengecek Kecepatan Website

Google Analytics cukup efektif untuk mengecek kecepatan website. Beberapa data yang ditampilkan antara lain rata-rata waktu download halaman, waktu respon server, kecepatan situs berdasarkan browser, negara, halaman, dan lainnya.

Hal ini tentu bisa menjadi pendukung dari tool kecepatan yang biasa kamu gunakan seperti Google PageSpeed Insight.

Kesimpulan

Mungkin itu saja beberapa cara pasang google Google Analytics di WordPress dengan mudah dan cepat terbaru 2022, semoga bermanfaat yaa..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *