Cara Menonaktifkan dan Menjeda Pembaruan Windows 10

Cara Menonaktifkan Auto Update Windows 10
Cara Menonaktifkan Auto Update Windows 10

Windows 10 secara otomatis mengunduh dan juga menginstal pembaruan ketika tersedia. Untuk membatalkan ini, Kalian bisa “menjeda” pembaruan sampai 35 hari ataupun menonaktifkan pembaruan W10 cuma dengan beberapa klik terlebih di Windows 10 Home.

Inilah yang perlu Kalian kenali mengenai menjeda atau menghentikan Pembaruan Windows.

Bacaan Lainnya

Cara Menjeda atau menonaktifkan Autoupdate Windows 10

Pertama, Mungkin tidak sepenuhnya menonaktifkan pembaruan pada w10 terlebih menjeda saja yakni dengan luncurkan layar Pengaturan. Kalian bisa membuka menu Start dan mengklik ikon roda gigi “Pengaturan” atau menekan Windows + i untuk membukanya.

Arahkan ke Pengaturan> Pembaruan & Keamanan> Pembaruan Windows.

Klik opsi “Jeda pembaruan selama 7 hari” di sini. Windows tidak akan mengunduh atau menginstal pembaruan secara otomatis selama 7 hari ke depan.

Kalian bisa mengklik lagi “Jeda pembaruan selama 7 hari” untuk menambahkan lebih banyak waktu ke rentang waktu jeda. Saat Kalian mendekati 35 hari, opsinya akan berubah warna menjadi abu-abu — itu maksimum.

Penting: Saat kurun waktu jeda Kalian kedaluwarsa, Pembaruan Windows akan secara otomatis mengunduh dan menginstal pembaruan apa pun yang tersedia sebelum Kalian menjeda lagi.

Cara Menjeda Pembaruan Hingga Tanggal Tertentu

Kalian bisa menjeda pembaruan sampai tanggal tertentu. Di layar setelan Pembaruan Windows, klik “Pilihan lanjutan”.

Gulir ke bawah ke bagian Jeda Pembaruan. Klik kotak “Pilih tanggal” serta pilih tanggal Kalian ingin melanjutkan pembaruan Windows.

Baca juga:  Hp Samsung Full Screen Harga Murah 1 Jutaan

Gulir ke bawah dalam daftar ini dan Kamu bisa memilih tanggal sampai 35 hari di waktu mendatang.

Penting: Saat tanggal tersebut tiba, Windows akan secara otomatis mengunduh dan menginstal pembaruan yang tersedia sebelum membiarkan Kalian menjeda pembaruan lagi.

Bagaimana Mengatasi Pembaruan Besar

Versi modern Windows 10 memberi Kalian lebih banyak kendali atas pembaruan fitur besar sekali tiap enam bulan yang dirilis Microsoft.

Windows tidak akan lagi mengunduh dan menginstal pembaruan ini secara otomatis. Ketika ada, Kalian akan diberi pilihan di layar Pembaruan Windows. Hanya saja, janganlah klik “Unduh serta instal” di bawahnya, dan juga itu tidak akan diinstal pada PC Kalian.

Catatan: Pembaruan Windows pada akhirnya bisa menginstal pembaruan ini secara otomatis — misalnya, jika versi Windows 10 Kalian kala ini mendekati akhir masa dukungannya dan PC Kalian perlu meningkatkan untuk terus menerima pembaruan keamanan.

Cara Menjeda Pembaruan Lebih Lama

Kalian pun bisa mengontrol pembaruan dengan menandai koneksi Kalian sebagai “terukur”. Opsi ini diarahkan untuk koneksi yang Kalian memiliki bantuan terbatas untuk mengunduh data.

Untuk mengetahui koneksi sebagai terukur, buka Pengaturan> Jaringan & Internet. Pilih “Wi-Fi” untuk koneksi nirkabel atau “Ethernet” untuk koneksi kabel. Klik nama jaringan serta aktifkan opsi “Set as metered connection”.

Untuk memastikan Windows tidak secara otomatis mengunduh pembaruan pada koneksi terukur, buka Pengaturan> Pembaruan & Keamanan> Pembaruan Windows. Klik opsi “Opsi lanjutan” dan pastikan “Unduh pembaruan dengan koneksi terukur (biaya tambahan mungkin berlaku)” disetel ke “Nonaktif”.

Catatan: Pembaruan Windows akan tetap mengunduh pembaruan secara otomatis pada koneksi yang tidak diukur. Misalnya, jika Anda menyambungkan laptop ke jaringan Wi-Fi lain yang tidak ditandai sebagai jaringan terukur di Windows, pembaruan akan segera dilanjutkan.

Baca juga:  Aplikasi Belajar Bahasa Inggris untuk Anak dan Dewasa

Gunakan Kebijakan Grup untuk Kontrol Lebih Lanjut
Untuk bisnis yang menginginkan kontrol lebih atas pembaruan, Microsoft menawarkan berbagai opsi “Pembaruan Windows untuk Bisnis” yang dapat dikonfigurasi baik dalam Kebijakan Grup atau melalui kebijakan MDM.

Kebijakan ini memerlukan Windows 10. Versi Professional, Enterprise, atau Education tidak akan berfungsi dengan perangkat lunak Windows 10 Home standar pada umumnya PC.

Namun, Kalian bisa mengubah pengaturan ini melalui Editor Kebijakan Grup Lokal pada PC Windows 10 Professional, dan Kalian dapat membeli pemutakhiran Windows 10 Professional dari Microsoft untuk mengakses Kebijakan Grup dan fitur lain seperti enkripsi disk BitLocker.

Jadi, jika Kalian merasa nyaman dengan Kebijakan Grup dan bersedia membayar ekstra untuk Windows 10 Professional, opsi ini tersedia untuk pengguna rumahan.

Dalam Kebijakan Grup, opsi ini terletak di Konfigurasi Komputer> Template Administratif> Komponen Windows> Pembaruan Windows> Pembaruan Windows untuk Bisnis.

Untuk informasi lebih lanjut tentang mengonfigurasi pengaturan ini, periksa dokumentasi resmi Microsoft Configure Windows Update for Business .

Pastikan untuk mengatur Jam Aktif Kalian sehingga Windows 10 tidak memulai ulang untuk pembaruan pada masa yang buruk. Kalian bisa “menjeda” memulai ulang pembaruan selama jam-jam Kalian biasanya menggunakan PC, mencegah Pembaruan Windows mengganggu penggunaan PC Kamu.

  • Cara Membuat dan Menggunakan Memoji di Apple Watch
  • Cara Menggunakan Google Stadia di iPhone dan iPad
  • Cara Menonaktifkan Panggilan Whatsapp di Android

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *