Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot

3 min read

Bagaimana Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot ?

Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot – Pada era internet laptop dan PC menjadi alat yang wajib di miliki untuk berselancar di dunia maya, apalagi bagi pekerja kantoran yang sangat penting untuk digunakan terlebih para pelajar.

Bagaimana Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot ?

jika kamu mengalami penurunan performa pada laptop atau pc yang kamu gunakan semakin hari semakin lemot bisa jadi minta upgdare windows yang terbaru seperti windows 10 terbaru dan terkenal sangat cepat.

Namun kembali lagi pada spesifikasi dan penggunaan software yang digunakan, apakah sesuai dengan performance laptop kamu, atau bisa jadi laptop kamu udah tua atau lawas yang masih menggunakan dualcore belum menggunakan CPU core i3 sampai Core i7 yang mendukung performance yang lebih mendukung.

Jika dirasa laptop kamu keluaran terbaru dan merasa sangat lemot saat digunakan mungkin beberapa langkah langkah berikut bisa membuat performa laptop atau PC kamu kembali normal yik simak.

Hapus program yang berjalan saat Startup

Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot

Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot yakni memiliki Penyebab umum laptop atau PC kamu selalu lemot bisa jadi munculnya banyak aplikasi pada background secara automatis, setiap ingin menyalakan. Kamu juga harus tau semakin banyak aplikasi dibalik layar yang berjalan maka akan memperlambat kinerja perangkat laptop yang mengakibatkan lemot saat digunakan.

Maka dari itu untuk mengetahui seberapa banyak program yang berjalan pada background dan seberapa banyak memori yang digunakan, yakni dengan cara membuka Taskmanager, caranya cukup tekan windows+X pada keyboard kamu, lalu pilih taskmanager untuk windows 10, klik program yang merasa membebani lalu dihapus dan pilih disable.

Hard drive penuh

Sadar atau tidak jika kamu menyimpan banyak data pada laptop, selain membuat hard drive penuh akan mempengaruhi kecepatan perangkat sehingga mengakibatkan hang dan lemot. Apalagi jika hard drive digunakan untuk menyimpan vide dengan kapasitas besar, video game, atau software berat lainnya.

Maka untuk mengatasi laptop lemot, bersihkan file yang kurang penting atau bisa kamu pindahkan file video dan yang tidak terlalu penting kedalam hardisk atau flashdisk, supaya meringakan kinerja laptop kamu.

Matikan Laptop

Percaya atau tidak laptop lemot disebabkan oleh pengguna nya juga seperti membiarkan laptop tetap meyala dalam mode sleep atau hibernate sepanjang waktu. Jika ini dibiarkan maka justru kinerja laptop kamu akan melambat.

Informasi paling baru, melakukan shutdown laptop sangat baik untuk kinerja dan menambah usia laptop kamu loh.. Sebab hardware dapat beristirahat walaupun hanya beberapa jam saja, maka dari itu mematikan laptop setelah digunakan memungkinkan laptop akan menerima update windows secara berkala untuk menambah performa laptop juga kan.

Bersihkan browser Extension atau Add-on Browser

Sayangnya jika kita banyak menggunakan Add-on pada browsing chrome ataupun mozila akan memberatkan kinerja prosesor sehingga membuat laptop lemot.

Maka dari itu matikan atau menonaktifkan dengan menghapus beberapa ekstensi yang tidak terlalu dibutuhkan, kamu hanya perlu masuk extension chrome lalu disable atau menghapus ektensi yang dirasa sudah tidak digunakan.

Upgrade Hard Drive SSD

Komponen yang sangat penting untuk memperlancar laptop kamu ialaj seperti Hard drive.Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot dengan melakukan upgrade harddrive standar berlaih ke Solid State Drive (SSD) dipercaya dapat meningkatkan performa laptop kamu.

Meskipun ngga semua laptop menyediakan slot SSD, namun kamu hanya perlu melakukan cara dan langkah diatas supaya tidak laptop lemot yaa..

Upgrade RAM

Lebih banyak memori yang membuat laptop kamu jadi lebih kencang dalam beroperasi. Jika merasa laptop yang kamu gunakan sudah lemot parah banget, cobalah ganti RAM berukuran besar yang bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhan kamu.

Cek Virus

Percaya atau tidak biarpun Google sudah mengklaim laptop kita aman saat berselancar internet, namun karena semakin maju nya teknologi tanpa kita sadar laptop yang kita gunakan terkena virus, kamu tidak perlu menginstal aneh aneh cukup aktifkan windows Defender pada laptop kamu, cara ini cukup efektif untuk menolak virus spyware dan Malware.

Ganti pengaturan Batrei

Jika kamu ingin menghemat batrei dan listrik, pilihan yang tepat yang bisa meningkatkan perfotma laptop kamu dengan mudah caranya masuk control panel > System and security > Power option, lalu klik tanda panah sebelah kanan untuk menampilkan additional plans lalu pilih HIGH PERFORMANCE.

Grafis & Animasi

Windows 10 memiliki banyak animasi dan efek yang membuat tampilan aplikasi menjadi lebih halus, tapi ternyata efek grafis ini membuat laptop kita jadi lemot.

Cara mengatur untuk menonaktifkan cukup masuk Control panel > System and security > System > Advanced System Setting. lalu masuk tab performance yaa dan kalian bisa memilih mana saja yang bisa di non aktifkan.

Aplikasi Tune up

Tidak jauh beda dengan hp android yang automatis hapus chace, namun untuk mengatasi laptop lemot dengan menginstal aplikasi tune-up. Aplikasi ini berfungsu menghapus file duplikat atau doubel yang tidak lagi digunakan hingga mempengaruhi harddisk laptop kamu.

Tapi jangan mencoba untuk download aplikasi gratis yang bisa membuat kinerja laptop kamu menjadi lambat dan terserang virus.

Instal ulang windows

Percaya atau tidak karena udah saking lemotnya laptop, kamu sudah mencoba cara cara diatas namun tidak berhasil, kamu bisa mencoba untuk meng instal ulang windows kamu supaya lebih fresh dan baru.

Instal Software boster Laptop

Kamu bisa menggunakan aplikasi yang akan mengoptimalkan performa laptop kamu, beberapa aplikasi yang sering kita gunakan ialah CCleaner, IObit Advance System Care Razer Game Booster.

Software ini bisa kamu gunakan ketika merasa laptop kamu lemot dan akan mengoptimalkan secara maksimal

Penutup

Mungkin itu saja 12 Cara Memperbaiki Laptop yang Lemot bagi para pengguna PC yang sering mengganggu saat ada kepentingan tertentu.