BerandaWisataCara Memperbaiki laptop tidak ada suara Windows 10

Cara Memperbaiki laptop tidak ada suara Windows 10

Cara memperbaiki suara laptop yang tidak ada suara atau tidak keluar dan mengeluarkan suara speaker yang kresek serta berisik bagi pengguna windows 10, 8 , 7 dan sebagainya. Kamu tidak perlu khawatir ada solusinya.. tentunya cara ini sangat mudah.

Jika kamu mengalami masalah pada sound audio laptop, mungkin ini akan sedikit membantu untuk kamu. Tips dan cara dibawah ini cukup berurutan , jadi cobalah satu persatu, lalu lanjutkan dari awal sampai akhir yaa.

Periksa output Speaker Kamu

  1. Sekarang kamu periksa perangkat ouput speaker kamu yang berlogo gambar speaker klik kanan, lalu pilih Open Volume Mixer
  2. Pastikan ikon atau gambar audio seperti gambar dibawah ini, maka driver speaker audio laptop kamu tidak bermasalah, jika tidak ada bersuara berti speaker laptop kamu sudah mati dan minta diganti.

Trobleshoot Sound Problem

  1. Hampir seperti cara pertama klik kanan gambar icon speaker
  2. Lalu Pilih Trobleshoot Sound Problem
  3. Cara ini terbukti ampuh karena kita tidak tahu jika driver sound pada windows 10, 8. 7 yang kita pakai meminta update atau secara automatis windows akan mencari permasalah pada driver sound windows.

Periksa Pembaharuan Windows

  1. Cara ini hanya opsi lain saja, coba kamu cek windows yang kamu pakai lalu cek windows kamu, apakah minta di update, jika iya silahkan update terlebih daulu
  2. Jika dirasa cara ini tidak berpengaruh skip cari cara dibawah aja
Baca juga:  7 Cara Mudah Blokir Semua Panggilan Masuk saat bermain Game

Copot Driver Sound di Device manager

  1. Pengguna windows 10, 8.1, 8, 7 klik kanan ikon windows pojok kiri dan pilih Run atau klik pada keyboard kamu icon Windows + R secara bersamaan.
  2. Jika sudah muncul pada bagian kiri ketik devmgmt.msc lalu klik OK dan akan menuju device manager
  3. Pada Device manager pilih Sound, Video and Game Controller setelah itu klik kanan realtek high Definition Audio, pilih uninstal.
Baca juga:  10 Foto Tempat Nongkrong di Bogor Instagramable yang terkenal
  1. Tidak perlu khawatir, lalu konfirmasikan instalasi dengan centang kota, Hapus Perangkat lunak driver perangkat ini Klik OK
  2. Setelah itu restar laptop kamu makan windows akan menginstal ulang driver yang teleh kamu delete tadi
  3. Semoga berhasil.

Perbaharui sound driver

  1. Masih di Device manager seperti cara diatas namun berbeda, Jika sudah di delete dan tidak ada solusi untuk masalah suara pada laptop lakukan update driver
  2. Klik sound, video and game controlller lalu pilih realtek High Definiton Audio klik kanan lalu Update Driver software
  3. Lalu pilih ” Search automatic update driver “, wajib menggunakan internet yaa, nanti automatis akan update sendiri.

Jika tidak ada solusi dengan permasalah yang ada pada suara laptop yang tidak keluar suara baiknya cara efektif selanjutny pada langkah langkah ini, yuk simak..

Cara memperbaiki sound laptop windows 10

Kita tahu permasalah umum pada windows 10 adalah tidak ada suara, terutama tentang melakukan upgrade dari versi windows, jika kamu mengalami masalah ini, kamu ternyata tidak sendiri, yang lebih penting masalah ini ternyata cukup mudah untuk diselesaikan.

Berikut ini adalah cara memperbaiki sound windows yang tidak keluar atau tidak bunyi, antara lain:

Baca juga:  6 Resep Es Kolang Kaling & Cara Membuatnya 2021

Langkah Pertama, Check pengaturan Speakar

  1. Klik kanan ikon suara disudut kanan bawah desktop laptop lami, klik perangkat pengatura (Playback Device)
  2. Akan muncul beberap tab playback, pastikan ada centang hijau pada speaker laptop kamu, ini menandai bahwa speaker laptop kamu adalah pemutaran default.
  3. Untuk permasalah ini klik Speaker klik ke set Default pada gambar dibawah ini
  1. Namun jika tidak keluar suara juga, pilih properti disamping seat deaful lalu pilih Advanced pilij 16 bit, 192000 Hz (audio Quality) klik OK atau Apply
Baca juga:  10 Fakta Rahasia dibalik Logo Perusahaan Terkenal di Dunia

Penutup

Jika permasalah seperti diatas tidak ada solusi seperti laptop tidak ada suara maka baiknya tidak perlu diambil pusing, bisa jadi memang speaker laptop kamu sudah rusak atau wajib diganti. Jadi bawalah ke tempat service terdekat biaya untuk service speaker laptop juga terbilang murah tidak lebih dari Rp. 100 ribu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Baca juga:  10 Foto Tempat Nongkrong di Bogor Instagramable yang terkenal

Most Popular

x