Cara Memeriksa dan Mengetahui Kesehatan Baterai iOs iPhone

3 min read

iOS menambahkan beberapa peranti yang berguna untuk menampilkan sisa masa pakai baterai iPhone Kalian, dan aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan baterai Kalian . Akan Tetapi, tidak satu pun dari alat ini yang benar-benar memberi tahu Kamu tentang kesehatan jangka panjang baterai Kalian, yang sama pentingnya.

Cara Cek Kesehatan Baterai Masa Pakai Baterai iOS Iphone iPad dan Machbook

Kesehatan baterai berbeda dengan masa pakai baterai. Masa pakai baterai menentukan berapa lama baterai Kamu bertahan dengan sekali pengisian, namun kesehatan baterai Kalian menentukan seberapa banyak masa pakai baterai Kalian berkurang seiring waktu.

Sesudah satu tahun, masa pakai baterai Kamu tidak akan selama ponsel masih baru, dan akan terus menurun seiring berlalunya waktu.

Jika Kamu pernah harus terus-menerus mengisi ulang ponsel lama Kalian karena baterainya cukup akan bertahan beberapa jam, maka Kamu tahu betapa menjengkelkannya ini.

Yang memperparah permasalahannya adalah kebanyakan ponsel tidak memiliki baterai yang bisa diakses pengguna yang bisa ditukar dengan baterai baru yang segar.

Untungnya, terdapat dua metrik bagus yang bisa Kamu periksa untuk mendapatkan gambaran besar tentang kesehatan baterai Kalian.

Pertama ialah sisa kapasitas maksimum (total daya yang dapat ditampung baterai Kalian).

Kedua ialah jumlah total siklus pengisian daya yang telah dilalui baterai.

Penggunaan dunia nyata selalu mengurangi kapasitas keseluruhan dari waktu ke waktu, namun baterai yang sehat hanya akan memiliki beberapa persen dari kapasitas aslinya.

Tak Hanya itu, baterai lithium-ion (yang ditemukan di hampir semua ponsel cerdas) sedikit menurun di setiap siklus pengisian daya.

Apple menyatakan mereka mendesain baterai iPhone mereka sehingga baterai harus mempertahankan sekitar 80% dari kapasitasnya setelah 500 pengisian daya .

Informasi kesehatan baterai tidak tersedia di pengaturan iOS, jadi Kalian harus mengambil beberapa langkah ekstra untuk mendapatkan informasi ini, dan ada beberapa cara untuk melakukannya.

Baca juga:  Perbedaan Vegetarian Dan Vegan dan Manfaatnya

Cara cek Batrei Pengguna iOS 11.3 & Lebih Tinggi, Lihat Di Pengaturan

Untuk pengguna iPhone lama yang tidak dapat memperbarui perangkat mereka setidaknya ke iOS 11.3, lanjutkan ke bagian seterusnya di bawah ini, tetapi jika Kamu saat ini menjalankan iOS 11.3 dan memiliki iPhone 6 atau yang lebih baru, Kalian bisa mencari baterainya kesehatan tepat di pengaturan.

Buka aplikasi pengaturan, kemudian navigasikan ke Baterai> Kesehatan Baterai. Dari sana, Kalian akan melihat persentase di samping “Kapasitas Maksimum”, yang memberi Kalian gambaran bagus tentang apakah baterai iPhone Kamu dalam keadaan sehat atau tidak semakin tinggi persentasenya, semakin baik.

Di bawahnya, Kamu akan melihat bagaimana kinerja iPhone Kalian berdasarkan kesehatan baterai dalam teks kecil di bawah “Kemampuan Kinerja Puncak”.

Untuk baterai dalam kondisi baik, Kalian mungkin akan melihat “Baterai Kamu saat ini mendukung kinerja puncak normal”. Jika tidak, Kamu mungkin melihat pesan yang berbeda jika baterai Kalian benar-benar rusak.

Tanyakan Dukungan Apple

Di tahun-tahun sebelumnya, jika Kamu ingin mengetahui status kesehatan baterai iPhone Kalian, Kamu mesti membawanya ke Apple Store dan membiarkan mereka menjalankan tes diagnostik. Namun, hal semacam ini bisa dilakukan dari jarak jauh juga. Jadi, ini mungkin cara terbaik untuk mendapatkan info semacam ini.

Ada beberapa cara untuk mendapatkan support Apple. Kamu bisa mengunjungi situs web support mereka dan berbicara dengan seseorang di telepon atau melalui obrolan, atau Kamu dapat melakukan apa yang saya lakukan dan hanya mengirim tweet kepada mereka .

Pada dasarnya, mereka akan memberi tahu Anda untuk mengirim DM kepada mereka, dan Anda akan memberi mereka nomor seri dan versi iOS iPhone Anda.

Mereka kemudian akan menyetujui Kamu untuk tes diagnostik yang akan Kalian akses di aplikasi pengaturan. Setelah selesai berjalan, Kamu akan memberi tahu perwakilan dukungan, dan kemudian mereka akan memberi tahu Kalian tentang status kesehatan baterai Anda. Sangat keren!

Baca juga:  10 Foto Tebing Keraton Bandung Tips Lokasi Fasilitas Tiket Masuk 2020

Satu-satunya downside adalah bahwa Apple tidak akan memberi aku angka yang bisa dihitung sejauh kesehatan baterai, hanya mengatakan bahwa itu “tampaknya dalam kesehatan yang sempurna”.

Jika Kamu menginginkan opini kedua, berikut beberapa metode lain untuk memeriksa kesehatan baterai iPhone Kalian. Ingatlah bahwa meminta Apple melakukannya mungkin adalah cara terbaik, meskipun hasilnya tidak jelas.

Dapatkan Metrik Lebih Spesifik dengan Battery Life Doctor

Terdapat beberapa aplikasi di luar sana yang akan memeriksa status baterai Kalian langsung dari ponsel Kalian, tetapi kami menemukan satu yang sangat sederhana, gratis, dan tersedia di App Store.

Jika Kamu bisa menerima beberapa iklan yang mengganggu, Battery Life Doctor dapat memberi Kalian tampilan status kesehatan baterai iPhone Kalian secara langsung dan tanpa basa-basi.

Ada beberapa bagian berbeda dalam aplikasi, tetapi yang ingin Kamu fokuskan adalah “Masa Pakai Baterai”. Ketuk “Detail” untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang status kesehatan baterai Kalian.

Di layar ini, hal pertama yang akan Kamu perhatikan adalah grafik besar, yang memberi tahu Kamu kesehatan baterai secara keseluruhan, baik dengan mengatakan “Sempurna”, “Bagus”, “Buruk”, dll.

Kalian juga akan melihat “Pakai Level ”diikuti dengan persentase. Ini adalah seberapa banyak baterai Kalian mengalami degradasi. Jadi jika terbaca 13%, maka total kapasitas pengisian yang dapat ditampung baterai adalah 87% dari maksimum aslinya (baterai baru akan 100%).

Lebih jauh di bawah, ini akan menunjukkan kepada Kalian beberapa hal, termasuk berapa banyak jus yang tersisa pada muatan saat ini (yang tetap disediakan iPhone Kamu), kapasitas pengisian daya (seperti yang disebutkan di atas), voltase baterai, dan apakah telepon atau tidak. sedang mengisi.

Periksa Kesehatan Batrei dari Komputer dengan CoconutBattery atau iBackupBot

Aplikasi kesehatan baterai datang dan pergi, jadi jika Battery Doctor tidak tersedia, masih ada harapan untuk mendiagnosis sendiri kesehatan baterai iPhone Kalian.

Baca juga:  Pantai Mutiara Trenggalek & Harga tiket masuk 2021

Untuk pengguna Mac, ada utilitas gratis bernama CoconutBattery yang tidak hanya menyediakan informasi tentang baterai MacBook Kalian tetapi juga iPhone (atau iPad) Kamu. Cukup colokkan iPhone Kalian ke Mac Kamu, buka CoconutBattery, lalu klik “Perangkat iOS” di bagian atas.

Dari sana, Kalian akan melihat status pengisian daya saat ini, serta “Kapasitas Desain,” yang memberi tahu Kamu status keseluruhan kesehatan baterai iPhone Kalian. Itu tidak memberi aku pembacaan yang sama seperti aplikasi Battery Life Doctor, tapi hasilnya sangat dekat.

Untuk pengguna Windows, ada iBackupBot . Biayanya $ 35, tetapi ada uji coba gratis selama 7 hari, yang akan memberi Kalian banyak waktu untuk mengintip kesehatan baterai iPhone Kamu.

Sekali lagi, Kamu akan mencolokkan iPhone Kalian ke komputer Anda, buka aplikasi, dan diamkan sejenak saat itu membuat profil perangkat Kalian. Lihat di sisi kiri untuk menu “Perangkat” dan pilih perangkat Kalian, seperti yang terlihat di bawah ini.

Di panel informasi tentang perangkat Kamu, klik tautan “Informasi Lebih Lanjut”.

Di bagian atas layar, Kamu akan menemukan informasi yang Kalian cari. Di sana Kamu dapat melihat “CycleCount” untuk melihat berapa banyak siklus pengisian baterai yang telah dilalui perangkat.

Kamu juga dapat melihat kapasitas awal (ditunjuk oleh “DesignCapacity”) dan daya maksimum yang dapat ditampung baterai saat ini (ditunjuk oleh “FullChargeCapacity”). Jadi dalam hal ini, baterai mengalami penurunan sekitar 50 mAh (atau sekitar 3%).

Jika Kalian berkecil hati karena baterai Kamu tidak dalam keadaan sehat atau cukup lama dalam siklus pengisian, Apple akan mengganti baterai iPhone dengan biaya jika Kamu belum siap untuk menaikkan ke iPhone baru. Namun, pastikan untuk mengetahui tanda-tanda untuk baterai yang buruk sebelum Kamu membayar uang tunai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x