Panduan Komprehensif: Cara Membuat Story IG di Laptop


Panduan Komprehensif: Cara Membuat Story IG di Laptop

Cara membuat story IG di laptop adalah cara untuk membagikan momen atau informasi melalui fitur story di Instagram menggunakan laptop atau komputer.

Tutorial ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat story IG di laptop, mulai dari menyiapkan laptop hingga mempublikasikan story.

Setelah mengikuti tutorial ini, Anda akan dapat membuat dan berbagi story IG dari laptop dengan mudah dan efisien.

Cara Membuat Story IG di Laptop

Membuat story IG di laptop menjadi mudah dengan memahami aspek-aspek pentingnya:

  • Persiapan Laptop
  • Buka Instagram Web
  • Buat Story Baru
  • Unggah Foto/Video
  • Edit Story
  • Tambahkan Teks dan Stiker
  • Tentukan Penonton
  • Publikasikan Story

Selain aspek-aspek teknis tersebut, memahami cara membuat story IG yang menarik juga penting. Sertakan foto atau video yang berkualitas, gunakan teks yang singkat dan jelas, serta tambahkan stiker atau filter yang sesuai. Dengan menguasai aspek-aspek ini, Anda dapat membuat story IG yang menarik dan efektif untuk menyampaikan pesan atau berbagi momen.

Persiapan Laptop

Persiapan laptop merupakan langkah awal yang sangat penting dalam proses membuat story IG di laptop. Berikut adalah langkah-langkah persiapan laptop yang perlu dilakukan:

  • Pastikan laptop terhubung dengan jaringan internet. Koneksi internet diperlukan agar laptop dapat mengakses aplikasi Instagram berbasis web.
  • Buka aplikasi browser web. Anda dapat menggunakan browser apa saja, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari.
  • Ketik “Instagram” di bilah alamat browser. Hal ini akan membuka halaman web Instagram.
  • Masuk ke akun Instagram Anda. Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk ke akun Instagram Anda.

Setelah melakukan persiapan laptop di atas, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu membuka aplikasi Instagram berbasis web.

Buka Instagram Web

Untuk membuat story IG di laptop, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Instagram berbasis web. Aplikasi ini dapat diakses melalui browser web di laptop, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, atau Safari.

Setelah membuka aplikasi Instagram berbasis web, Anda perlu masuk ke akun Instagram Anda menggunakan nama pengguna dan kata sandi. Setelah berhasil masuk, Anda akan melihat halaman beranda Instagram yang menampilkan postingan dari orang-orang yang Anda ikuti.

Untuk melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu membuat story baru, Anda perlu klik ikon kamera yang terdapat di pojok kiri atas halaman beranda Instagram.

Buat Story Baru

Membuat story baru merupakan langkah awal dalam proses membuat story IG di laptop. Berikut adalah langkah-langkah membuat story baru yang perlu dilakukan:

  • Klik ikon kamera yang terdapat di pojok kiri atas halaman beranda Instagram. Ikon kamera ini berfungsi untuk membuka halaman pembuatan story baru.
  • Pilih jenis story yang ingin dibuat. Anda dapat memilih untuk membuat story berupa foto, video, atau Boomerang.
  • Ambil foto atau rekam video. Jika Anda memilih untuk membuat story berupa foto, Anda dapat langsung mengambil foto menggunakan kamera laptop. Jika Anda memilih untuk membuat story berupa video, Anda dapat merekam video menggunakan kamera laptop atau mengunggah video yang sudah ada.
  • Tambahkan efek atau filter. Anda dapat menambahkan efek atau filter untuk mempercantik story Anda. Instagram menyediakan berbagai efek dan filter yang dapat Anda gunakan.

Setelah membuat story baru, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu mengunggah foto atau video ke story Anda.

Unggah Foto/Video

Mengunggah foto atau video merupakan langkah penting dalam membuat story IG di laptop. Berikut adalah langkah-langkah mengunggah foto atau video ke story IG Anda:

  • Klik ikon tambah (+) di bagian bawah halaman pembuatan story. Ikon ini berfungsi untuk membuka galeri foto dan video di laptop Anda.
  • Pilih foto atau video yang ingin diunggah. Anda dapat memilih beberapa foto atau video sekaligus untuk dijadikan satu story.
  • Klik tombol “Open” atau “Pilih”. Foto atau video yang dipilih akan langsung terunggah ke story IG Anda.

Setelah mengunggah foto atau video, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu mengedit story Anda.

Edit Story

Mengedit story merupakan tahap penting dalam membuat story IG di laptop yang menarik dan informatif. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengedit story:

  • Pangkas dan potong foto atau video. Anda dapat memotong bagian tertentu dari foto atau video agar sesuai dengan ukuran story.
  • Tambahkan teks dan stiker. Anda dapat menambahkan teks dan stiker untuk mempercantik story dan menyampaikan pesan yang ingin disampaikan.
  • Tambahkan musik atau efek suara. Anda dapat menambahkan musik atau efek suara untuk membuat story lebih hidup dan menarik.
  • Simpan sebagai konsep. Anda dapat menyimpan story sebagai konsep jika belum siap untuk dipublikasikan.

Setelah selesai mengedit story, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu menentukan penonton.

Tambahkan Teks dan Stiker

Menambahkan teks dan stiker pada story Instagram di laptop menjadi cara ampuh untuk mempercantik tampilan dan menyampaikan pesan secara lebih efektif. Berikut adalah langkah-langkah menambahkan teks dan stiker pada story Instagram di laptop:

  1. Klik ikon “Aa” pada bagian atas layar untuk menambahkan teks.
  2. Ketik teks yang diinginkan dan sesuaikan ukuran, warna, dan gaya font sesuai kebutuhan.
  3. Klik ikon stiker pada bagian atas layar untuk menambahkan stiker.
  4. Pilih stiker yang diinginkan dari berbagai kategori yang tersedia.
  5. Atur posisi dan ukuran stiker sesuai keinginan.

Dengan menambahkan teks dan stiker, story Instagram di laptop akan menjadi lebih menarik, informatif, dan sesuai dengan tujuan penyampaian pesan.

Tentukan Penonton

Sebelum mempublikasikan story IG di laptop, menentukan penonton sangatlah penting untuk memastikan pesan yang disampaikan tepat sasaran. Berikut adalah langkah-langkah menentukan penonton pada story IG di laptop:

  • Pilih Pengaturan Privasi

    Pada halaman pembuatan story, klik ikon roda gigi untuk membuka pengaturan privasi. Di sini, Anda dapat memilih apakah story akan dibagikan hanya kepada pengikut atau semua orang.

  • Tambahkan Pengguna Tertentu

    Jika ingin membagikan story hanya kepada pengguna tertentu, Anda dapat menambahkan mereka ke daftar “Closed Friends”.

  • Gunakan Stiker Lokasi

    Menambahkan stiker lokasi pada story akan membuat story terlihat oleh pengguna yang berada di sekitar lokasi tersebut.

  • Gunakan Tagar Relevan

    Menambahkan tagar relevan pada story akan membuat story muncul pada halaman tagar yang sesuai, sehingga dapat dilihat oleh pengguna yang tertarik dengan topik tersebut.

Dengan menentukan penonton dengan tepat, story IG di laptop dapat menjangkau audiens yang lebih relevan dan berpotensi meningkatkan engagement.

Publikasikan Story

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, Anda dapat mempublikasikan story Anda dengan mengklik tombol “Bagikan”. Tombol ini terletak di bagian bawah halaman pembuatan story.

Dengan mengklik tombol “Bagikan”, story Anda akan langsung dipublikasikan dan dapat dilihat oleh pengikut atau pengguna lain sesuai dengan pengaturan privasi yang Anda pilih.

Memublikasikan story merupakan langkah penting dalam membuat story IG di laptop karena memungkinkan Anda untuk membagikan momen atau informasi yang ingin disampaikan kepada audiens.

Pertanyaan Umum tentang Cara Membuat Story IG di Laptop

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum beserta jawabannya terkait cara membuat story IG di laptop:

Pertanyaan 1: Bagaimana cara menambahkan teks dan stiker ke story IG di laptop?

Jawaban: Setelah mengunggah foto atau video ke story, klik ikon “Aa” untuk menambahkan teks dan ikon stiker untuk menambahkan stiker. Sesuaikan ukuran, warna, dan posisi teks dan stiker sesuai keinginan.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menentukan penonton story IG di laptop?

Jawaban: Klik ikon roda gigi pada halaman pembuatan story untuk membuka pengaturan privasi. Pilih apakah story akan dibagikan hanya kepada pengikut atau semua orang. Anda juga dapat menambahkan pengguna tertentu ke daftar “Closed Friends” atau menggunakan stiker lokasi dan tagar relevan untuk menentukan penonton.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara mengedit story IG di laptop?

Jawaban: Setelah mengunggah foto atau video, gunakan fitur pengeditan yang tersedia untuk memotong, menambahkan filter, menyesuaikan kecerahan, dan menambahkan efek suara atau musik.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara menyimpan story IG di laptop sebagai konsep?

Jawaban: Sebelum mempublikasikan story, klik tombol “Simpan Sebagai Konsep” di bagian bawah halaman pembuatan story. Story yang disimpan sebagai konsep dapat diedit dan dipublikasikan kapan saja.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara mempublikasikan story IG di laptop?

Jawaban: Setelah selesai mengedit dan menambahkan teks, stiker, dan efek, klik tombol “Bagikan” di bagian bawah halaman pembuatan story untuk mempublikasikan story.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara menghapus story IG di laptop?

Jawaban: Buka story yang ingin dihapus, klik ikon tiga titik di bagian bawah story, lalu pilih “Hapus”.

Semoga FAQ ini dapat membantu Anda dalam membuat dan mengelola story IG di laptop secara efektif.

Selanjutnya: Tips Membuat Story IG yang Menarik dan Berkesan

Tips Membuat Story IG yang Menarik dan Berkesan

Untuk membuat story IG yang menarik dan berkesan di laptop, ikuti beberapa tips berikut:

Tips 1: Gunakan Foto dan Video Berkualitas Tinggi
Pilih foto dan video yang jernih, menarik, dan sesuai dengan tema story yang ingin disampaikan.

Tips 2: Tambahkan Teks Singkat dan Padat
Tulis teks yang singkat, padat, dan mudah dibaca. Hindari menggunakan terlalu banyak kata atau kalimat yang berbelit-belit.

Tips 3: Gunakan Stiker dan Efek yang Relevan
Manfaatkan stiker dan efek yang tersedia di Instagram untuk mempercantik story dan membuatnya lebih menarik.

Tips 4: Tambahkan Musik atau Efek Suara
Tambahkan musik atau efek suara yang sesuai dengan suasana atau tema story untuk meningkatkan engagement.

Tips 5: Tentukan Penonton yang Tepat
Sesuaikan pengaturan privasi dan tambahkan tagar yang relevan untuk menentukan penonton yang tepat untuk story yang dibuat.

Tips 6: Konsisten Memposting Story
Konsistensi dalam memposting story akan membantu mempertahankan engagement dan membangun hubungan dengan pengikut.

Tips 7: Analisa Performa Story
Gunakan fitur analitik Instagram untuk melacak performa story dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat story IG yang menarik, berkesan, dan efektif dalam menyampaikan pesan atau informasi yang diinginkan.

Penutup: Kesimpulan dan Ajakan Bertindak

Kesimpulan

Membuat story IG di laptop merupakan salah satu cara efektif untuk berbagi momen atau informasi dengan cara yang menarik dan mudah diakses. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat membuat story IG di laptop dengan mudah dan efektif.

Mulai dari persiapan laptop, membuka Instagram web, hingga mempublikasikan story, setiap langkah sangat penting untuk menghasilkan story IG yang berkualitas dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Jangan lupa untuk selalu berkreasi, konsisten, dan analisa performa story untuk terus meningkatkan kualitas dan engagement story IG Anda.

Youtube Video:

cara membuat story ig di laptop



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *