Cara Mudah Melihat Tipe Laptop HP


Cara Mudah Melihat Tipe Laptop HP

Mengetahui tipe laptop HP sangat penting untuk berbagai alasan, seperti menentukan spesifikasi, mengunduh driver yang tepat, dan memecahkan masalah. Ada beberapa cara untuk mengetahui tipe laptop HP Anda, berikut langkah-langkahnya:

Cara Melihat Tipe Laptop HP

1. Periksa Bagian Bawah Laptop

Pada bagian bawah laptop HP, biasanya terdapat stiker yang berisi informasi tentang tipe dan model laptop. Carilah stiker dengan tulisan “Product Name” atau “Model Number”.

2. Melalui Command Prompt

Buka Command Prompt (cmd) dengan menekan tombol Windows + R, lalu ketik “wmic csproduct get name”. Tekan Enter, dan tipe laptop Anda akan ditampilkan.

3. Melalui System Information

Tekan tombol Windows + R, lalu ketik “msinfo32”. Tekan Enter, dan jendela System Information akan terbuka. Cari bagian “System Model” untuk melihat tipe laptop Anda.

4. Melalui BIOS

Restart laptop Anda dan masuk ke BIOS. Cari bagian “System Information” atau “Main” untuk melihat tipe laptop Anda.

5. Melalui Aplikasi HP Support Assistant

Jika Anda memiliki aplikasi HP Support Assistant terinstal, Anda dapat menggunakannya untuk melihat tipe laptop Anda. Buka aplikasi, lalu pilih tab “My devices”. Tipe laptop Anda akan ditampilkan di sana.

Cara Melihat Tipe Laptop HP

Mengetahui tipe laptop HP penting untuk berbagai hal, seperti menentukan spesifikasi, mengunduh driver yang tepat, dan memecahkan masalah. Ada beberapa cara untuk mengetahui tipe laptop HP Anda, di antaranya:

  • Periksa Bagian Bawah Laptop
  • Melalui Command Prompt
  • Melalui System Information
  • Melalui BIOS
  • Melalui Aplikasi HP Support Assistant
  • Melalui Label pada Kemasan Laptop
  • Melalui Invoice Pembelian
  • Melalui Situs Web Resmi HP

Selain cara-cara di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Speccy atau HWiNFO untuk melihat informasi detail tentang tipe laptop HP Anda, termasuk spesifikasi hardware dan software.

Periksa Bagian Bawah Laptop

Memeriksa bagian bawah laptop adalah salah satu cara termudah dan tercepat untuk mengetahui tipe laptop HP Anda. Biasanya, terdapat stiker yang berisi informasi tentang tipe dan model laptop di bagian bawah laptop. Berikut langkah-langkahnya:

  • Balik laptop dan cari stiker di bagian bawahnya.

    Stiker biasanya berwarna putih atau silver dan berisi informasi seperti nama produk, nomor model, dan nomor seri.

  • Cari bagian “Product Name” atau “Model Number”.

    Bagian ini biasanya terletak di bagian atas atau tengah stiker.

  • Catat informasi yang terdapat pada stiker.

    Informasi ini dapat Anda gunakan untuk mencari informasi lebih lanjut tentang tipe laptop HP Anda di situs web HP atau sumber daya online lainnya.

Memeriksa bagian bawah laptop adalah cara yang mudah dan efektif untuk mengetahui tipe laptop HP Anda. Stiker yang terdapat di bagian bawah biasanya berisi informasi yang jelas dan akurat tentang tipe dan model laptop.

Melalui Command Prompt

Salah satu cara untuk mengetahui tipe laptop HP adalah melalui Command Prompt. Command Prompt adalah fitur bawaan Windows yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah dan mengotomatiskan tugas. Berikut langkah-langkah untuk mengetahui tipe laptop HP melalui Command Prompt:

  • Buka Command Prompt.

    Tekan tombol Windows + R, lalu ketik “cmd” dan tekan Enter.

  • Ketik perintah berikut dan tekan Enter:

    wmic csproduct get name

  • Command Prompt akan menampilkan tipe laptop HP Anda.

    Contoh output: HP EliteBook 840 G3

Dengan menggunakan Command Prompt, Anda dapat dengan mudah mengetahui tipe laptop HP Anda hanya dengan beberapa langkah sederhana. Cara ini sangat berguna jika Anda tidak memiliki akses ke stiker di bagian bawah laptop atau jika stiker tersebut rusak.

Melalui System Information

System Information adalah alat bantu bawaan Windows yang menampilkan informasi detail tentang perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Anda dapat menggunakan System Information untuk mengetahui tipe laptop HP Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka System Information.

    Tekan tombol Windows + R, lalu ketik “msinfo32” dan tekan Enter.

  • Cari bagian “System Model”.

    Bagian ini biasanya terletak di bagian atas jendela System Information.

  • Tipe laptop HP Anda akan ditampilkan di sebelah “System Model”.

    Contoh: HP EliteBook 840 G3

System Information menyediakan cara yang mudah dan akurat untuk mengetahui tipe laptop HP Anda. Cara ini sangat berguna jika Anda tidak memiliki akses ke stiker di bagian bawah laptop atau jika stiker tersebut rusak.

Melalui BIOS

BIOS (Basic Input/Output System) adalah firmware yang tersimpan dalam chip pada motherboard komputer. BIOS berisi instruksi dasar yang diperlukan komputer untuk melakukan booting dan menjalankan sistem operasi. Anda dapat menggunakan BIOS untuk mengetahui tipe laptop HP Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Restart laptop Anda dan masuk ke BIOS.

    Cara masuk ke BIOS berbeda-beda tergantung pada model laptop. Biasanya, Anda dapat masuk ke BIOS dengan menekan tombol tertentu saat laptop melakukan booting, seperti F1, F2, atau Del.

  • Cari bagian “System Information” atau “Main”.

    Bagian ini biasanya berisi informasi tentang tipe laptop Anda.

  • Tipe laptop HP Anda akan ditampilkan di bagian tersebut.

    Contoh: HP EliteBook 840 G3

Cara ini sangat berguna jika Anda tidak memiliki akses ke stiker di bagian bawah laptop atau jika stiker tersebut rusak.

Melalui Aplikasi HP Support Assistant

HP Support Assistant adalah aplikasi resmi dari HP yang dapat membantu Anda mengelola dan memelihara laptop HP Anda. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur, termasuk kemampuan untuk melihat tipe laptop HP Anda. Berikut langkah-langkah untuk melihat tipe laptop HP melalui HP Support Assistant:

  • Buka aplikasi HP Support Assistant.

    Anda dapat menemukan aplikasi ini di menu Start atau dengan mencarinya di bilah pencarian Windows.

  • Pilih tab “My devices”.

    Tab ini menampilkan daftar semua perangkat HP yang terhubung ke komputer Anda.

  • Pilih laptop HP Anda dari daftar.

    Jika laptop Anda tidak terdaftar, klik tombol “Add a new device” dan ikuti petunjuknya.

  • Tipe laptop HP Anda akan ditampilkan di bagian “Device information”.

    Contoh: HP EliteBook 840 G3

HP Support Assistant adalah cara yang mudah dan nyaman untuk melihat tipe laptop HP Anda. Aplikasi ini juga menyediakan berbagai fitur lain yang berguna, seperti pembaruan driver, pemecahan masalah, dan dukungan teknis.

Melalui Label pada Kemasan Laptop

Jika Anda masih menyimpan kemasan laptop HP Anda, Anda dapat menemukan tipe laptop pada label yang terdapat pada kemasan tersebut. Biasanya, label tersebut berisi informasi tentang produk, termasuk nama produk, nomor model, dan nomor seri. Berikut langkah-langkah untuk melihat tipe laptop HP melalui label pada kemasan laptop:

  1. Cari kemasan laptop HP Anda.
  2. Temukan label yang biasanya terdapat pada bagian atas atau samping kemasan.
  3. Cari bagian “Product Name” atau “Model Number” pada label.
  4. Catat informasi yang terdapat pada bagian tersebut.

Contoh: HP EliteBook 840 G3

Mengetahui tipe laptop HP melalui label pada kemasan laptop sangat mudah dan cepat. Cara ini sangat berguna jika Anda tidak memiliki akses ke laptop atau jika laptop Anda mengalami masalah.

Melalui Invoice Pembelian

Invoice pembelian merupakan bukti transaksi pembelian laptop HP. Invoice ini biasanya berisi informasi detail tentang produk yang dibeli, termasuk tipe laptop HP. Berikut langkah-langkah untuk melihat tipe laptop HP melalui invoice pembelian:

  1. Cari invoice pembelian laptop HP Anda.
  2. Temukan bagian “Nama Produk” atau “Model Produk” pada invoice.
  3. Catat informasi yang terdapat pada bagian tersebut.

Contoh: HP EliteBook 840 G3

Mengetahui tipe laptop HP melalui invoice pembelian sangat mudah dan cepat. Cara ini sangat berguna jika Anda tidak memiliki akses ke laptop atau jika laptop Anda mengalami masalah.

Selain itu, invoice pembelian juga dapat digunakan untuk mengetahui informasi penting lainnya tentang laptop HP Anda, seperti nomor seri, tanggal pembelian, dan harga pembelian.

Melalui Situs Web Resmi HP

Situs web resmi HP menyediakan cara yang mudah dan akurat untuk mengetahui tipe laptop HP Anda. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web resmi HP: https://support.hp.com/id-en.
  2. Klik pada menu “Dukungan” di bagian atas halaman.
  3. Masukkan nomor seri laptop HP Anda di kolom pencarian yang tersedia.
  4. Klik tombol “Cari”.
  5. Situs web HP akan menampilkan informasi detail tentang laptop Anda, termasuk tipe laptop.

Mengetahui tipe laptop HP melalui situs web resmi HP sangat berguna jika Anda tidak memiliki akses ke laptop atau jika laptop Anda mengalami masalah. Selain itu, situs web HP juga menyediakan berbagai sumber daya lain yang berguna, seperti driver, pembaruan perangkat lunak, dan dukungan teknis.

Pertanyaan Umum tentang Cara Melihat Tipe Laptop HP

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara melihat tipe laptop HP, beserta jawabannya:

Pertanyaan 1: Bagaimana cara melihat tipe laptop HP melalui stiker di bagian bawah laptop?

Jawaban: Balik laptop dan cari stiker di bagian bawahnya. Stiker tersebut biasanya berisi informasi tentang tipe dan model laptop, seperti “Product Name” atau “Model Number”.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara melihat tipe laptop HP melalui Command Prompt?

Jawaban: Buka Command Prompt (cmd) dan ketik perintah “wmic csproduct get name”. Tekan Enter, dan tipe laptop Anda akan ditampilkan.

Pertanyaan 3: Bagaimana cara melihat tipe laptop HP melalui System Information?

Jawaban: Tekan tombol Windows + R dan ketik “msinfo32”. Tekan Enter, dan cari bagian “System Model” untuk melihat tipe laptop Anda.

Pertanyaan 4: Bagaimana cara melihat tipe laptop HP melalui BIOS?

Jawaban: Restart laptop dan masuk ke BIOS. Cari bagian “System Information” atau “Main” untuk melihat tipe laptop Anda.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara melihat tipe laptop HP melalui aplikasi HP Support Assistant?

Jawaban: Buka aplikasi HP Support Assistant dan pilih tab “My devices”. Tipe laptop Anda akan ditampilkan di bagian “Device information”.

Pertanyaan 6: Bagaimana cara melihat tipe laptop HP melalui situs web resmi HP?

Jawaban: Buka situs web resmi HP dan masukkan nomor seri laptop Anda di kolom pencarian. Situs web HP akan menampilkan informasi detail tentang laptop Anda, termasuk tipe laptop.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah melihat tipe laptop HP Anda. Mengetahui tipe laptop sangat penting untuk berbagai keperluan, seperti mengunduh driver yang tepat, memecahkan masalah, dan mendapatkan dukungan teknis.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau mengalami kesulitan dalam melihat tipe laptop HP Anda, silakan hubungi dukungan HP untuk bantuan lebih lanjut.

Tips Melihat Tipe Laptop HP

Mengetahui tipe laptop HP sangat penting untuk berbagai hal, seperti mengunduh driver yang tepat dan mendapatkan dukungan teknis. Berikut adalah beberapa tips untuk melihat tipe laptop HP:

Tip 1: Periksa Bagian Bawah Laptop

Biasanya terdapat stiker di bagian bawah laptop yang berisi informasi tentang tipe dan model laptop. Carilah stiker dengan tulisan “Product Name” atau “Model Number”.

Tip 2: Gunakan Command Prompt

Buka Command Prompt (cmd) dan ketik perintah “wmic csproduct get name”. Tekan Enter, dan tipe laptop Anda akan ditampilkan.

Tip 3: Gunakan System Information

Tekan tombol Windows + R dan ketik “msinfo32”. Tekan Enter, dan cari bagian “System Model” untuk melihat tipe laptop Anda.

Tip 4: Gunakan BIOS

Restart laptop dan masuk ke BIOS. Cari bagian “System Information” atau “Main” untuk melihat tipe laptop Anda.

Tip 5: Gunakan Aplikasi HP Support Assistant

Jika Anda memiliki aplikasi HP Support Assistant terinstal, Anda dapat menggunakannya untuk melihat tipe laptop Anda. Buka aplikasi dan pilih tab “My devices”. Tipe laptop Anda akan ditampilkan di sana.

Tip 6: Gunakan Situs Web Resmi HP

Buka situs web resmi HP dan masukkan nomor seri laptop Anda di kolom pencarian. Situs web HP akan menampilkan informasi detail tentang laptop Anda, termasuk tipe laptop.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat dengan mudah melihat tipe laptop HP Anda. Mengetahui tipe laptop sangat penting untuk berbagai keperluan, seperti mengunduh driver yang tepat, memecahkan masalah, dan mendapatkan dukungan teknis.

Kesimpulan

Dengan mengetahui cara melihat tipe laptop HP, Anda dapat memperoleh informasi penting tentang perangkat Anda. Informasi ini berguna untuk berbagai keperluan, seperti mengunduh driver yang tepat, mendapatkan dukungan teknis, dan memecahkan masalah.

Ada beberapa cara mudah untuk melihat tipe laptop HP, seperti dengan memeriksa stiker di bagian bawah laptop, menggunakan Command Prompt, atau melalui System Information. Jika Anda memiliki aplikasi HP Support Assistant yang terinstal, Anda juga dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk melihat tipe laptop Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan situs web resmi HP untuk melihat tipe laptop Anda dengan memasukkan nomor seri laptop.

Youtube Video:

cara melihat tipe laptop hp



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *