Cara Jualan di Tokopedia Untuk Pemula

Cara Jualan di Tokopedia Untuk Pemula
Cara Jualan di Tokopedia Untuk Pemula

Cara Jualan di Tokopedia Untuk Pemula – Di era digital ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk berjualan secara online tanpa harus mendirikan toko. Salah satunya melalui Tokopedia. Seperti marketplace lainnya, berjualan di Tokopedia sangat praktis.

Selain itu, Tokopedia saat ini mulai populer di Indonesia. Jika Anda tertarik namun masih bingung bagaimana cara berjualan di Tokopedia, yuk simak ulasan cara memulai dari awal berikut ini. Cara Jualan Online Laris Untuk Pemula

Bagaimana Cara Jualan di Tokopedia untuk Pemula

Sebagai pemula, Anda tentu perlu tahu cara berjualan di Tokopedia dari awal. Mulailah dengan membuat akun, buka toko untuk tips mengelolanya. Jadi, inilah langkah-langkah yang harus Anda ambil.

Cara Buat akun Tokopedia

Sebelum Anda dapat membuka toko, Anda harus memiliki akun. Berikut 4 langkah membuat akun di Tokopedia:

  • Unduh aplikasi Tokopedia dari smartphone Anda.
  • Setelah download berhasil, buka dan klik tombol “Join Now”, lalu klik “Sign Up”.
  • Pada kolom yang tersedia, masukkan email atau nomor ponsel aktif yang ingin Anda gunakan.
  • Kemudian akan muncul dua metode verifikasi yang bisa kamu pilih melalui SMS atau Whatsapp.
  • Setelah menerima OTP, masukkan kode verifikasi.
  • Isikan nama sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan klik “Lanjut”.

Ya! Akun Anda telah berhasil dibuat.

Bacaan Lainnya

Cara Buka toko di Tokopedia

Setelah memiliki akun, Anda tidak bisa berjualan di Tokopedia tanpa toko, bukan? Nah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuka toko.

  • Buka aplikasi Tokopedia di ponsel Anda.
  • Pilih menu “Akun Toko”.
  • Anda kemudian akan diarahkan ke halaman toko, pilih “Buka toko gratis”.
  • Masukkan nama toko Anda. Pastikan nama sudah benar karena nama toko tidak dapat diubah lagi.
  • Kemudian masukkan deskripsi dan alamat toko yang jelas dan lengkap untuk memudahkan kurir mengambil barang.

Ya! Toko Anda telah berhasil dibuka.

Tentukan pengiriman yang didukung

Bisnis yang beroperasi secara online tentunya tidak terlepas dari dukungan logistik. Agar cara berjualan di Tokopedia berjalan, Anda harus mengaktifkan layanan logistik. Marketplace menawarkan dua jenis layanan, pengiriman ke outlet dan penjemputan ekspres dari berbagai mitra logistik Tokopedia.

Tambahkan produk

Setelah toko berhasil dibuka, semua produk yang Anda jual akan dirilis. Hal ini untuk memudahkan konsumen melihat produk apa saja yang ada di toko Anda. Buat mereka lebih mudah membuat pilihan.

Kelola toko dengan baik

Bahkan jika Anda sedang online, Anda masih harus mengelola toko Anda. Misalnya, jangan lupa untuk memperbarui inventaris produk. Juga, periksa bilah obrolan setiap hari agar Anda tidak ketinggalan menanggapi pesan konsumen. Toko yang tidak dikelola dengan baik dapat mengurangi kredibilitas bisnis Anda.

Tips Cara berjualan di Tokopedia tanpa modal

Mau jualan, tapi tidak punya dana atau produk, kenapa tidak? Anda dapat menggunakan fitur dropshipping untuk memulai bisnis online. Anda bisa menggunakan sistem dropship untuk berjualan di Tokopedia tanpa modal.

Dropshipping adalah sistem penjualan dimana Anda cukup mengirimkan barang dari pemasok ke konsumen tanpa membeli produk untuk dijual kembali. Namun, sejak 2018, Tokopedia telah melarang sistem dropship internal, yang menjual barang dari Tokopedia ke Tokopedia. Namun, dropshipping luar masih berfungsi sampai sekarang.

Strategi penjualan Supaya Laris di Tokopedia

Setelah mengetahui langkah-langkah membuat akun dan mendirikan toko, Anda juga perlu menyusun strategi berjualan di Tokopedia agar bisa berjualan dengan cepat. Saat Anda mempersiapkan, pertimbangkan hal berikut.

Posting foto produk yang menarik dan variasinya

Foto produk menjadi hal utama yang dilihat konsumen. Jadi, jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara berjualan di Tokopedia agar cepat laku, posting foto-foto lucu dan pastikan sesuai dengan kenyataan. Pastikan Anda memiliki foto lengkap semua varian.

Isi deskripsi produk dengan akurat

Selain foto, konsumen melihat ke deskripsi produk untuk melihat deskripsi produk. Untuk itu, agar pembeli tidak banyak bertanya, tulis deskripsi produk secara lengkap dari awal.

Gunakan media sosial sebagai Promosi

Cara berjualan di Tokopedia juga akan berhasil jika Anda juga mempromosikannya melalui media sosial. Misalnya, masukkan tautan toko Tokopedia Anda di akun Instagram Anda untuk memudahkan konsumen mengaksesnya.

Pasang Kupon Pengiriman Gratis

Sistem pengiriman gratis adalah salah satu layanan yang populer di kalangan semua konsumen. Tidak ada salahnya mengaktifkan pengiriman gratis di toko Anda sebagai promosi dan untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Memberikan pelayanan yang memuaskan

Seperti halnya membuka toko offline, berjualan di Tokopedia juga harus berhati-hati dalam melayani konsumen dengan baik. Misalnya, tunjukkan apresiasi kepada konsumen yang memberikan review menarik, berusaha merespon dengan cepat dan menanggapi pesan mereka dengan ramah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.