Cara Instal WordPress Manual di cPanel

Jika kamu ingin tahu tentang bagaimana cara menginstal wordpress secara manual di cPanel maka kamu berada di website yang tepat, tidak semudah instal wordpress di Softaculous App Installer. Simak terus yaa

Bagaimana Cara Instal WordPress Manual di cPanel

Berikut cara untuk instal wordpress manual di cPanel dengan mudah dan cepat,

  1. Download File Instalasi WordPress

Langkah pertama, masuklah ke website resmi WordPress. selanjutnya, download file instalasi dengan cara klik tombol Download WordPress.

Klik disini untuk download file wordpress resminya

File ini akan di upload atau diunggah ke cPanel di langkah selanjutnya, jadi jangan sampai kamu lupa folder downloadnya yaa.

  1. Upload File WordPress di cPanel

Buka File Manager di cPanel, lalu masuklah ke folder tempat kamu akan menyimpan file instalasi WordPress, biasanya di folder public_html. Kemudian, klik fitur Upload untuk mengunggah file WordPress.

Selanjutnya, klik Select File dan pilih file WordPress yang sudah kamu download

Tunggu hingga upload selesai 100% berwarna hijau

  1. Ekstrak File WordPress

Selanjutnya, klik kanan pada file instalasi WordPress, dan pilih Extract untuk mengekstrak seluruh file WordPress.

kamu akan melihat folder baru bernama WordPress. Masuklah ke folder tersebut dan klik Select All. Kemudian klik kanan, lalu pilih Move untuk memindahkannya ke folder utama public_html.

Masukkan path /public_html di kolom yang tersedia dan klik Move Files.

Setelah memindahkan semua file WordPress ke folder public_html, kamu bisa menghapus folder WordPress dan file instalasi WordPress .zip yang sebelumnya kamu unggah.

  1. Membuat Database MySQL

Langkah cara install WordPress di cPanel selanjutnya adalah membuat database MySQL di cPanel. kamu bisa melakukannya melalui menu MySQL Databases, ataupun menu MySQL Database Wizard.

Di tutorial ini, kami menggunakan MySQL Database Wizard.

Langkah pertama dalam membuat database adalah memasukkan nama database baru pada kolom yang tersedia. Kami membuat database dengan nama db_baru. Selanjutnya, klik Next Step.

Berikutnya, kamu perlu membuat user database dengan memasukkan username dan password. Agar lebih aman, pastikan kamu menggunakan password yang kuat hingga indikator Strength berwarna hijau seperti ini:

Simpan password di tempat yang aman, ya. Karena di langkah selanjutnya kamu akan membutuhkannya untuk menjalankan instalasi WordPress. Kemudian, klik tombol Create User.

Selanjutnya, kamu akan diarahkan untuk menambahkan user baru ke database baru. Klik opsi ALL PRIVILEGES, kemudian klik tombol Make Changes untuk menyimpan perubahan.

Kalau sudah, klik tombol Next Step. kamu akan mendapatkan pesan notifikasi bahwa database sudah berhasil dibuat seperti ini:

  1. Menjalankan Instalasi WordPress

Nah, setelah kamu berhasil membuat database, sekarang saatnya kamu menjalankan instalasi WordPress. Untuk itu, silakan akses nama domain kamu pada web browser dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama, pilih bahasa yang akan kamu gunakan di WordPress. Kemudian, klik Let’s Go untuk menghubungkan WordPress dengan database yang telah kamu buat.

Kedua, isilah informasi database MySQL meliputi nama database, username dan password dengan menggunakan detail database kamu. Sedangkan, untuk kolom Database Host dan Table Prefix, kamu bisa mengisinya dengan nilai default seperti ini:

Ketiga, pastikan kamu mengisinya dengan benar agar tidak terjadi error. Kalau sudah, klik tombol Submit. Jika database sudah terhubung dengan WordPress, maka kamu akan mendapat pesan seperti ini:

Keempat, sekarang saatnya menjalankan instalasi WordPress dengan cara klik tombol Run the installation.

Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengisi informasi website berikut ini:

  • Site Title – Judul website kamu
  • Username – Username administrator yang akan digunakan untuk login ke halaman admin
  • Password – Password administrator yang akan digunakan untuk login ke halaman admin
  • Your Email – Alamat email administrator
  • Search Engine Visibility – Beri tanda ceklis pada opsi ini jika kamu ingin mencegah mesin pencari untuk membaca website kamu
  1. Berhasil Instal WordPress Manual di cPanel

Jika proses instalasi WordPress berhasil dilakukan, kamu akan mendapatkan pesan sebagai berikut:

Silakan klik tombol Log In untuk masuk ke halaman admin WordPress. Selesai**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *