10+ Aplikasi Kalkulator Lengkap Android Gratis

Aplikasi kalkulator adalah salah satu aplikasi yang paling umum digunakan pada perangkat elektronik, mulai dari komputer, smartphone, hingga jam tangan.

Fungsinya yang sederhana, yakni untuk melakukan perhitungan matematika, membuat aplikasi kalkulator sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Meski demikian, aplikasi kalkulator telah mengalami banyak perkembangan dari waktu ke waktu, dengan menambahkan fitur-fitur baru yang semakin memudahkan penggunanya dalam melakukan perhitungan.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang perkembangan aplikasi kalkulator kamera dan bagaimana aplikasi ini terus beradaptasi dengan kebutuhan pengguna.

Ada beberapa aplikasi bawaan di smartphone kita, termasuk pengingat jadwal, kalender, dan kalkulator. Namun, seringkali aplikasi bawaan tidak memenuhi kebutuhan kita, terutama dalam hal kalkulator yang hanya mampu melakukan perhitungan sederhana.

Jika Anda membutuhkan kalkulator yang dapat menangani perhitungan yang lebih kompleks, Anda tidak perlu membeli kalkulator fisik, karena sekarang banyak aplikasi kalkulator terbaik untuk Android yang tersedia.

Aplikasi Kalkulator Lengkap 2023

Dalam artikel ini, waktubaca.com merekomendasikan sejumlah aplikasi kalkulator terbaik untuk Android karena dapat menawarkan kalkulator yang lengkap dan mampu menangani perhitungan yang rumit.

Dengan memilih aplikasi kalkulator terbaik untuk Android, Anda dapat melakukan perhitungan matematika dengan mudah dan cepat, bahkan untuk perhitungan yang lebih rumit.

1. ClevCalc

ClevCalc

ClevCalc adalah aplikasi kalkulator yang dapat memudahkan Anda melakukan semua jenis perhitungan sehari-hari dengan hanya satu aplikasi.

Dengan antarmuka yang bersih dan mudah digunakan, aplikasi ini telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna Android.

Kalkulator yang didukung oleh ClevCalc mencakup kalkulator standar dan ilmiah yang dapat melakukan empat operasi dasar, perhitungan kuadrat, akar, kurung, persentase, trigonometri, eksponensial, dan logaritmik.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk memodifikasi ekspresi yang salah dengan kursor yang dapat digerakkan.

ClevCalc juga mendukung konverter unit untuk panjang, berat, lebar, volume, waktu, suhu, tekanan, kecepatan, efisiensi bahan bakar, dan jumlah data.

Ada juga konverter mata uang untuk 135 mata uang dunia, seperti dolar, euro, yen, dan yuan.

2. HiPER Scientific Calculator

HiPER Scientific Calculator

HiPER Scientific Calculator merupakan aplikasi kalkulator serbaguna yang cocok untuk anak-anak sekolah dalam mempelajari ilmu pengetahuan. Aplikasi ini menyediakan kalkulator ilmiah dasar, lebih dari 200 unit konverter, dan fitur pendukung lainnya seperti generator nomor acak dan permutasi.

Anda dapat mengunduh HiPER Scientific Calculator secara gratis, tetapi versi pro aplikasi ini menawarkan hingga 100 tempat desimal dan sembilan digit eksponen.

Dengan kalkulator ini, Anda tidak perlu membeli kalkulator fisik karena memiliki fitur lengkap dan sangat membantu dalam melakukan perhitungan yang kompleks.

3. RealCalc Scientific Calculator

RealCalc Scientific Calculator

RealCalc Scientific Calculator adalah salah satu kalkulator ilmiah paling populer di Android dengan lebih dari 10 juta unduhan di Play Store. Keunggulan dari RealCalc Scientific Calculator adalah desainnya yang mirip dengan kalkulator genggam.

Aplikasi ini memiliki semua fungsi ilmiah standar, seperti histori, memori, konversi satuan, dan konstanta.

RealCalc Scientific Calculator juga mendukung perhitungan biner, oktal, dan heksadesimal dengan mode RPN opsional. Anda dapat memilih dari berbagai gaya dan format tampilan.

RealCalc juga menawarkan versi pro dengan fitur tambahan seperti pecahan, derajat/menit/detik, konversi dan konstanta yang dapat disesuaikan, mode lanskap, widget layar beranda, tampilan 12 digit, dan presisi internal yang lebih besar.

4. Calculator Plus Free

Calculator Plus Free

Dengan lebih dari 50 juta unduhan, Calculator Plus Free merupakan salah satu aplikasi kalkulator paling populer di Android.

Aplikasi ini dapat mengingat semua perhitungan yang telah dilakukan dan memungkinkan penggunanya untuk memeriksanya kapan saja.

Calculator Plus Free cocok untuk berbelanja, melakukan pekerjaan rumah, menyeimbangkan buku cek, atau bahkan menghitung pajak.

Dalam Calculator Plus Free, pengguna dapat menggunakan spasi mundur kapan saja untuk memperbaiki kesalahan sederhana, alih-alih memulai perhitungan dari awal.

Tampilan perhitungan di aplikasi ini juga didesain dengan jelas dan elegan, sehingga mudah dibaca, termasuk pemisah koma yang diletakkan pada tempat yang tepat.

Bagi pengguna ponsel Samsung, Calculator Plus Free memberikan dukungan penuh untuk Samsung Multi-Window, yang memudahkan pengguna dalam melakukan pekerjaan multitasking.

5. Mobi Calculator

Mobi Calculator

Mobi Calculator merupakan aplikasi kalkulator gratis tanpa iklan yang telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna Android. Rata-rata ulasan yang diberikan oleh pengguna terhadap aplikasi ini bagus.

Selain versi gratis, Mobi Calculator juga memiliki versi berbayar dengan harga sekitar Rp 50 ribuan yang menawarkan fitur lebih lengkap.

Mobi Calculator menawarkan banyak fitur yang disukai oleh penggunanya, seperti kalkulator waktu yang dilengkapi dengan riwayat perhitungan, komentar, dan fitur pembagian perhitungan berfitur lengkap, memori klasik, multi bahasa, akurasi tinggi hingga 30 digit, dan sebagainya.

Sementara di versi berbayarnya, pengguna akan mendapatkan mode HEX/BIN/OCT hingga 64 bit, kemampuan untuk menyimpan catatan sejarah hingga 1000, kemampuan untuk mengedit ekspresi hingga 7 baris di layar, serta tema tambahan yang tidak tersedia di versi gratis.

6. Stylish Calculator Free – CALCU

Stylish Calculator Free - CALCU

Stylish Calculator Free – CALCU adalah aplikasi kalkulator yang memungkinkan pengguna untuk memilih gaya tampilan sesuai dengan preferensi mereka.

Pengguna dapat memilih tema berwarna dan bergaya, sehingga proses perhitungan menjadi lebih menarik.

Stylish Calculator Free – CALCU mudah digunakan untuk perhitungan sehari-hari, baik untuk keperluan bekerja maupun belajar.

Salah satu fitur unggulan dari CALCU adalah kemampuannya untuk menambah atau menghapus fungsi dan konstanta yang dibutuhkan oleh pengguna.

Jadi, jika Anda memerlukan aplikasi kalkulator dengan tampilan yang menarik, maka unduhlah Stylish Calculator Free – CALCU sekarang.

7. CalcTape Calculator with Tape

CalcTape Calculator with Tape

CalcTape Calculator with Tape adalah aplikasi kalkulator yang menggabungkan fitur kalkulator standar, kalkulator desktop klasik, dan aplikasi catatan.

Aplikasi ini menyediakan lebih banyak fitur daripada sekadar aplikasi penghitungan. Sejauh ini, lebih dari 1 juta pengguna Android telah mengunduh CalcTape Calculator with Tape.

Ada versi gratis dan versi berbayar dari aplikasi ini. Versi berbayar memungkinkan pengguna untuk menyimpan perhitungan mereka dalam file dan membuat fungsi atau potongan teks khusus untuk dimasukkan saat menekan tombol.

Selain itu, pengguna juga dapat membuat tata letak keypad sendiri (ubah penetapan semua tombol kecuali angka dan spasi mundur/ubah ukuran tombol), memilih dari berbagai tata letak keypad yang berbeda, dan membagikan perhitungan dengan orang lain.

8. Scientific Calculator + advanced 991 calc

Scientific Calculator + advanced 991 calc adalah aplikasi kalkulator ilmiah yang sangat berguna bagi siswa sekolah dan mahasiswa, terutama jurusan teknik.

Aplikasi ini memiliki fitur kuat seperti kalkulator 300 991 asli. Sejauh ini, lebih dari 10 juta pengguna Android telah mengunduh aplikasi ini.

Beberapa kalkulator yang dapat digunakan dalam Scientific Calculator + advanced 991 calc antara lain kalkulator dasar 300 plus, kalkulator canggih 115 plus, kalkulator ilmiah 991, kalkulator ilmiah 991 plus, dan kalkulator grafik 84 plus.

Kalkulator canggih 115 plus, misalnya, menggabungkan kalkulator hiper dan perhitungan ilmiah sederhana.

Kalkulator ini adalah kalkulator canggih multi-fungsi 991 dengan semua fitur dalam satu aplikasi, seperti aljabar linier, kalkulus, bilangan kompleks, hasil tampilan dalam koordinat persegi panjang dan kutub, matriks, dan vektor.

9. Kalkulator – Xiaomi

Xiaomi, yang dikenal sebagai merek ponsel murah, juga mengembangkan sejumlah aplikasi Android. Tidak hanya dapat digunakan di perangkat Xiaomi, beberapa aplikasi buatan Xiaomi juga dapat digunakan di merek ponsel Android lain. Salah satunya adalah aplikasi kalkulator.

Aplikasi kalkulator Xiaomi terdiri dari kalkulator reguler, ilmiah, hipotek, dan pengonversi mata uang dan unit, serta banyak lagi.

Dengan fitur-fitur yang ditawarkannya, kalkulator Xiaomi telah diunduh lebih dari 500 juta kali di Play Store, termasuk menjadi kalkulator ponsel Xiaomi itu sendiri.

10. Kalkulator – Google

Aplikasi kalkulator Google mungkin sudah tertanam dalam ponsel Android tertentu. Namun, jika belum, Anda dapat menginstalnya sebagai kalkulator sehari-hari.

Kalkulator Google menyediakan fungsi matematika sederhana dan lanjutan dalam aplikasi yang dirancang dengan baik.

Anda dapat melakukan perhitungan dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, atau operasi ilmiah seperti fungsi trigonometri, logaritma, dan eksponensial.

Nah mungkin itu saja beberapa rekomendasi aplikasi kalkulator, dan tak perlu berkecil hati dengan aplikasi kalkulator bawaan perangkat Anda yang hanya menawarkan perhitungan sederhana.

Tambahkan saja sejumlah aplikasi di atas sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda bisa memperolehnya secara gratis melalui Google Play Store, untuk apa Anda membeli kalkulator lengkap yang harganya tergolong mahalkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *