20+ Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Populer

Aplikasi Edit Foto Kartun – Berfoto merupakan aktivitas yang populer di kalangan pengguna Android saat ini. Kamera pada perangkat Android yang semakin canggih memungkinkan pengguna untuk memotret di mana saja dan kapan saja. Setelah memotret, foto-foto tersebut biasanya diunggah ke berbagai jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan lainnya.

Untuk mempercantik foto yang diambil, terdapat banyak aplikasi edit foto yang menyediakan aneka efek atau filter. Salah satu efek yang banyak digemari saat ini adalah efek kartun, yang akan mengubah orang di dalam foto menjadi karakter kartun yang lucu.

Tentu saja, ada banyak aplikasi edit foto yang dapat digunakan untuk menambahkan efek kartun pada foto. Beberapa di antaranya adalah PicsArt, Photo Lab, dan Cartoon Camera. Selain itu, ada juga aplikasi yang dapat membuat efek kartun 3D, seperti ToonMe dan Cartoon Face. Pengguna dapat mencoba aplikasi-aplikasi tersebut dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan.

PicsArt

PicsArt adalah aplikasi edit foto yang banyak digunakan oleh pengguna Android dan iOS. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan untuk mempercantik foto, termasuk efek kartun.

Pengguna dapat memilih dari berbagai macam filter kartun yang tersedia di PicsArt, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur crop, rotate, dan adjust, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengatur foto sesuai keinginan.

Pengguna juga dapat berbagi foto yang telah diedit ke berbagai jejaring sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Dengan aplikasi PicsArt, pengguna dapat dengan mudah membuat foto yang lebih menarik dan menambahkan efek kartun yang lucu.

Pencil Sketch

Pencil Sketch adalah aplikasi edit foto yang dikembangkan oleh Dumpling Sandwich Software Inc. Aplikasi ini memiliki fitur utama yang bisa mengubah foto menjadi sketsa dengan efek kartun.

Pengguna dapat memilih dari berbagai macam filter yang tersedia, seperti sketsa hitam putih, sketsa warna, dan sketsa kartun. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur crop, rotate, dan adjust, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengatur foto sesuai keinginan.

Clip2Comic & Caricature Maker

Clip2Comic & Caricature Maker adalah aplikasi edit foto yang hanya tersedia di iOS. Aplikasi ini memiliki fitur utama yang bisa mengubah foto menjadi kartun atau karikatur.

Pengguna dapat memilih dari berbagai macam filter yang tersedia, seperti kartun Jepang, kartun barat, dan kartun 3D. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur crop, rotate, dan adjust, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengatur foto sesuai keinginan.

Kedua aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dan dapat digunakan untuk menambahkan efek kartun pada foto. Namun, Pencil Sketch hanya tersedia di Android sedangkan Clip2Comic & Caricature Maker hanya tersedia di iOS.

Pixlr

Selain Picsart, ada aplikasi populer bernama Pixlr. Ini adalah aplikasi edit foto yang menyediakan alat yang cukup lengkap, salah satunya adalah memberi efek kartun pada foto Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah membuat foto Anda terlihat seperti gambar kartun.

Selain itu, Anda dapat menambahkan efek keren lainnya untuk membuat foto Anda semakin menarik. Kerennya, jika Anda memiliki foto yang terlalu buram atau terlalu gelap, Anda bisa langsung memperbaikinya dengan beberapa alat yang ada di Pixlr.

ToonCamera (iOS)

ToonCamera, dari namanya saja, Anda mungkin sudah bisa menebak untuk apa aplikasi ini. Anda tidak hanya mengubah foto dari galeri Anda menjadi kartun dengan gaya berbeda, tetapi Anda juga dapat melihat efek kartun langsung dari tampilan jendela bidik.

Selain memberikan gaya sketsa, ada juga beberapa efek lain seperti lukisan cat minyak, hitam putih, serta efek tinta. Efek ini tidak hanya dapat diterapkan pada foto, tetapi juga pada video. Ya, fitur efek kartun ini umumnya jarang untuk video, yang memberikan daya tarik tersendiri bagi ToonCamera. Namun, pengguna Android harus bersabar karena ToonCamera hanya tersedia untuk iPhone dan iPad. Anda dapat mengunduhnya menggunakan tautan ini.

MomentCam

MomentCam atau Mo Man Xiang Ji merupakan aplikasi Android yang mulai populer di Indonesia beberapa waktu lalu. Aplikasi ini dibuat oleh developer asal negeri tirai bambu bernama Hightalk Software Corp dan bisa diunduh di link ini.

Pada aplikasi ini, terlebih dahulu kita harus memilih beberapa karakter kartun yang disediakan. Kemudian karakter tersebut akan digabungkan dengan foto wajah kita. Hasilnya adalah kombinasi yang sangat unik dan menyenangkan. Aplikasi ini masih memiliki menu dalam bahasa Cina, jadi ini bisa menjadi tantangan tersendiri jika Anda baru mengenalnya.

Avatoon

Membuat versi kartun wajah Anda tidak harus sulit atau menyita waktu. Dengan aplikasi Avatoon, Anda dapat menggunakan fitur deteksi wajah untuk mengambil foto wajah Anda dan membuat avatarnya secara instan.

Karena menggunakan biometrik, versi kartun yang dihasilkan terlihat seperti wajah asli. Anda juga bisa mengatur apakah ingin membuat versi kartun full body atau hanya wajah saja.

Setelah mengambil foto, avatar dapat disisipkan ke dalam foto pemandangan atau ditambahkan ke latar belakang yang disediakan oleh aplikasi. Ingin mencoba? Download saja sekarang di link ini.

Pencil Photo Sketch – Minerva Studios

Aplikasi ini tidak akan mengubah foto Anda menjadi karakter kartun. Namun, efek gambar pensil terlihat begitu asli sehingga tidak heran pengikut Anda tidak menyadari bahwa foto tersebut sedang diedit.

Agar tidak bosan dengan sketsa yang itu-itu saja, pengguna juga bisa mengaplikasikan efek warna crayon. Menggunakannya sangat mudah dan sederhana, cukup sisipkan gambar dari galeri atau kamera Anda, pilih efek dan voila! Kreasi “karikatur” Anda sudah siap. Unduh sekarang untuk Android atau melalui tautan ini.

Artisto (iOS)

Apakah Anda seorang influencer dengan jumlah pengikut yang banyak? Jangan biarkan penggemar Anda lari dari Instagram lama karena foto-foto yang membosankan. Jadi jika Anda berhasil mendapatkan foto portrait yang cantik, Anda juga bisa membawanya ke level selanjutnya. Metode? Anda dapat menggunakan aplikasi Artisto yang hanya dapat digunakan oleh pengguna iOS.

Gaya seni yang berbeda dalam aplikasi ini sangat unik dan halus. Sangat halus bahkan pemandangan laut pun bisa terlihat seperti lukisan karya seniman terkenal. Kelemahan dari aplikasi ini adalah iPhone atau iPad Anda harus selalu terhubung ke internet untuk menggunakannya. Klik di sini untuk mengunduh Artisto.

Dollify

Ada lagi aplikasi edit foto kartun bernama Dollify. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengubah rupa mereka menjadi versi kartun. Namun sayang versi kartun ini hanya memberikan satu perspektif saja, dan art style tidak berubah. Namun yang menarik, versi kartun yang dihasilkan berbentuk 3D.

Dan, jika Anda menginginkan penyesuaian mendalam dengan banyak pilihan, Dollify adalah aplikasi untuk Anda. Segala sesuatu yang Anda lihat di manga dapat diubah sesuka hati Anda, dalam hal jenis dan warna rambut, aksesori, pakaian, bentuk dan warna mata, dan banyak lagi.

Bahkan, kamu bisa menambahkan tanda lahir, lho! Pilih juga latar belakang untuk membuat potret kartun Anda lebih menarik. Yuk coba Dollify melalui link ini!

Cartoon Photo Editor – Game Brain

Jika Anda ingin mengubah foto Anda menjadi kartun, cobalah aplikasi besutan Game Brain ini. Nama aplikasinya adalah Cartoon Photo Editor. Seperti namanya, di sini Anda tinggal memasukkan foto Anda dan mengeditnya menjadi karikatur. Mudah untuk diedit, Anda hanya perlu mengubah efek foto.

Nah, semua efek yang ada di aplikasi Cartoon Photo Editor adalah efek kartun. Pilihan kartun, sketsa, lukisan cat minyak, pensil, penglihatan termal, penetasan, dan efek lainnya. Plus, aplikasi ini menawarkan fitur solid lainnya seperti zoom dan fokus otomatis.

Sketch Camera – Pixelab

Aplikasi dari Pixelab ini membuat sketsa dalam waktu nyata dan memberikan efek kartun langsung ke kamera Anda. Terapkan efek pilihan Anda dan mulailah memotret diri sendiri atau orang lain. Sketch Camera tidak hanya memberikan efek kartun, tetapi juga berbagai efek lainnya, mulai dari sketsa, gambar pensil, cat minyak, lukisan cat air, dan masih banyak lagi.

Bahkan, Sketch Camera mampu menghadirkan efek karikatur pada kamera Anda. Dengan menerapkan efek langsung pada kamera, Anda tidak perlu repot mengedit foto agar terlihat seperti gambar kartun. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat foto atau video dengan efek kartun. Berminat? Anda dapat mengunduh aplikasinya di sini.

Sketch Me! Sketch&Cartoon (iOS)

Aplikasi iPhone lain yang layak dipilih adalah Sketch Me! Berkreasilah dan sesuaikan foto Anda dengan berbagai filter kartun yang menyenangkan. Anda dapat mengubah kecerahan atau saturasi hanya dengan menggeser penggeser. Semuanya telah dirancang dengan cermat agar Anda bisa mendapatkan efek foto kartun yang diinginkan sesuai selera dengan sedikit usaha.

Tapi aplikasi ini tidak gratis, Anda harus membayar $1,99. Tetapi mengingat kinerja instannya untuk mengonversi gambar dan menyesuaikannya dengan mudah, kami harus mengatakan bahwa aplikasi ini sangat berharga. Klik di sini untuk mendapatkan aplikasinya.

ArtistA Photo Editor

ArtistA juga bisa mengubah foto kamu menjadi kartun dengan cepat, lho! Namun sayangnya jumlah filternya tidak sebanyak beberapa aplikasi lain yang ada di daftar ini. Anda dapat memilih dari puluhan filter untuk menampilkan gambar kartun terbaik dari foto, dan semuanya dapat dilakukan hanya dengan beberapa ketukan.

Ingin menyimpan hasilnya ke galeri atau membagikannya di platform manapun juga sangat mudah. Pengembang mengatakan bahwa aplikasi ini tersedia gratis 100%. Namun, aplikasi ini memiliki banyak iklan dan mengandung watermark. Anda juga perlu membayar secara berkala (berlangganan) untuk menikmati fitur-fiturnya tanpa iklan dan watermark. Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silakan klik tautan ini.

Painnt – Pro Art Filters

Painnt Pro Art Filters adalah aplikasi konversi gambar kartun lain yang bisa Anda dapatkan secara gratis. Namun, versi gratisnya mengandung banyak iklan dan resolusi keluarannya bahkan lebih terbatas.

Anda dapat memilih untuk membeli versi berbayar melalui transaksi mikro di dalam aplikasi. Ada lebih dari 1000 filter HD yang terdiri dari gambar kartun klasik dan modern. Anda juga bisa membuatnya seperti komik, mozaik, abstrak, dan berbagai jenis filter lainnya yang dijamin bagus. Klik tautan ini untuk mencoba aplikasi di Android.

Cartoon Pictures – Cartoon Photo Editor

Tanpa harus menggunakan aplikasi yang ribet di PC, aplikasi Caroon Pictures untuk Android juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Hanya perlu tiga langkah cepat untuk mengubah foto yang tampak biasa menjadi menakjubkan.

Pilih gambar dari galeri atau dari kamera, pilih filter seni yang akan digunakan, dan gambar kartun akan selesai hanya dalam beberapa detik! Resolusi gambar yang dihasilkan juga sangat tajam walaupun ini aplikasi gratisan. Download aplikasinya melalui link ini.

ToonMe

Jika Anda ingin mengubah foto Anda menjadi kartun 3D ala Disney, aplikasi bernama ToonMe ini dijamin tidak akan mengecewakan. Aplikasi ini tersedia untuk iOS dan Android, bisa digunakan untuk mengubah foto menjadi karakter Tangled atau Frozen.

Hanya dengan beberapa ketukan, Anda dapat menyulap foto menjadi berbagai gaya animasi ikonik. Selain terlihat seperti karakter Disney, kamu juga bisa membuat versi karakter animasi Archer. Dapatkan aplikasinya secara gratis melalui link ini (Android) dan juga link ini (iOS).

Photo To Cartoon Yourself Edit (iOS)

Teknologi kecerdasan buatan yang dimiliki aplikasi ini sangat canggih. Anda dapat membuat versi kartun dan memberikan kebebasan kepada pengguna untuk mengatur pencahayaan, saturasi, dan kontras.

Resolusi gambarnya juga sangat tajam sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan noise yang mengganggu pada gambar. Dengan catatan, pintu masuk fotografi juga harus dalam kondisi baik. Untuk lebih memberikan kesan gambar komik, ada juga fungsi menambahkan gelembung teks. Menyenangkan, bukan? Dapatkan aplikasinya sekarang melalui tautan ini (iOS).

PicsKit Photo Editor

Sementara aplikasi lain dalam daftar memiliki fitur khusus untuk membuat gambar animasi, PicsKit sedikit berbeda. Ya, PicsKit adalah aplikasi pengeditan foto umum yang dapat melakukan hampir semua hal dengan foto Anda.

Tidak hanya dengan filter kartun, kamu juga bisa melakukan beberapa trik keren seperti menggabungkan dua foto menjadi satu. Selain itu, penghapusan latar belakang juga tersedia sehingga Anda dapat mengubah latar belakang ke mana pun Anda mau. Ingin menggunakan aplikasi foto all-in-one ini? Klik di sini untuk mengunduhnya (Android).

Cartoon Sketch Camera PRO (iOS)

Tidak ingin melakukan registrasi akun? Tenang saja, dengan Cartoon Sketch Camera PRO yang dikhususkan untuk iOS ini, Anda bisa langsung mengonversi gambar biasa menjadi kartun dalam hitungan detik. Mau membuat foto jadi sketsa atau ala-ala karya seni kontemporer, aplikasi ini sangat mampu menjadi andalan.

Tersedia 8 jenis filter kartun yang bisa dipilih yakni Sketch, Cartoon, Dots, Halftone, Crosshatch, Swirl, Pixellate, dan terakhir adalah Emboss. Hasil fotonya tentu bisa Anda bagikan ke aplikasi lain seperti Instagram dan Email, dan di dalam aplikasinya juga tersedia opsi untuk print. Walau ada embel-embel Pro di namanya, tapi aplikasi ini tersedia secara gratis, lho! Kunjungi laman unduhannya di App Store atau klik di sini.

Nah itulah berbagai macam aplikasi foto di Android dan iOS yang dapat Anda gunakan untuk edit foto jadi kartun. Dari berbagai macam aplikasi di atas, manakah yang paling Anda sukai? Jika Anda memiliki aplikasi favorit lainnya yang belum tercantum di sini, silahkan bagikan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *