Aplikasi Cek Sinyal TV Digital

Cara Menggunakan Aplikasi Cek Sinyal TV Digital

Posted on

Bingung gimana cara cek sinyal TV digital, karna dunia semakin maju ada aplikasi untuk mengecek sinyal TV digital kalian dengan mudah cara menggunakannya cukup mudah, jadi simak terus ya.

Sejak pemerintah memblokir siaran TV analog, banyak pengguna yang menyediakan STB menyediakan siaran TV digital, untuk memudahkan Anda menemukannya, Anda dapat menggunakan aplikasi cek sinyal TV digital.

TV analog memang sudah resmi ditutup oleh pemerintah, meski prosesnya bertahap dan tidak merata di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk itu, para pemilik televisi harus siap mengantisipasi hal tersebut agar tetap dapat menikmati siaran televisi kesayangannya yang kerap ditonton setiap hari.

Salah satu antisipasinya adalah dengan menggunakan STB atau Set Top Box atau perangkat TV yang sudah mendukung siaran digital.

Meskipun disarankan untuk memasang STB, Anda tetap harus memasang antena. Tenang saja, antena yang digunakan tidak sama dengan antena yang biasa Anda gunakan untuk TV analog, dimana bentuknya lebih kompak dan mudah diatur.

Antena ini akan berfungsi sebagai pilihan lain untuk menangkap sinyal dari tower pemancar, sehingga sinyal pada TV digital yang Anda gunakan tetap stabil.

Lalu bagaimana cara mengetahui sinyal tetap stabil? Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mengetahuinya, salah satunya dengan menginstal aplikasi cek sinyal TV digital.

Jangan khawatir, kamu tidak perlu membeli aplikasi ini, karena kamu bisa mendownloadnya secara gratis di Google Play Store. Berikut ulasan lengkapnya.

Bagaimana Mengunakan Aplikasi Cek Sinyal TV Digital

Aplikasi Cek Sinyal TV Digital
Aplikasi Cek Sinyal TV Digital

Aplikasi yang dirancang khusus untuk pengecekan sinyal dan jangkauan jaringan TV digital ini valid dan hanya dapat digunakan di Indonesia dan telah resmi ditandai oleh Kominfo.

Dalam aplikasi ini Anda dapat menemukan berbagai fitur yang akan membantu Anda memeriksa jangkauan sinyal, ketersediaan saluran di lokasi Anda, memberikan informasi tentang pemancar terdekat untuk mengetahui kekuatan sinyal dari setiap yang terdeteksi.

Selain itu, menggunakan aplikasi ini juga dapat membantu pengguna menemukan frekuensi saluran TV digital yang terjangkau. Dengan cara ini, Anda dapat memilih saluran yang cocok untuk digunakan dan mengaturnya secara manual.

Jangan khawatir, aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana dan dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja, termasuk pemula. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis dari Google Play atau App Store untuk mendapatkannya.

  1. Pertama-tama, unduh dan instal aplikasi sinyal TV digital di perangkat yang Anda gunakan.
  2. Jika sudah terpasang, buka aplikasinya.
  3. Kemudian izinkan aplikasi untuk mengakses lokasi saat ini
  4. Kemudian klik tombol Get Started untuk mulai menggunakan aplikasi.
  5. Aplikasi akan secara otomatis memindai lokasi perangkat, jika Anda menggunakannya untuk pertama kali.
  6. Jika lokasi tidak terdeteksi, Anda dapat mengklik Cakupan untuk memindai ulang.
  7. Kemudian, tekan tombol Pemancar untuk melihat saluran mencapai lokasi Anda saat ini.
  8. Kemudian, ketuk saluran dan klik Lihat Detail Mux untuk melihat informasi terperinci tentang kekuatan dan jangkauan sinyal saluran.
  9. Terakhir tekan tombol Galeri untuk melihat daftar saluran yang memiliki sinyal bagus di area tempat tinggal Anda.
  10. Daftar Saluran atau Saluran yang baik sesuai dengan lokasi yang terdeteksi.
  11. Dengan menginstal aplikasi ini, Anda akan sangat up to date untuk mendapatkan saluran dengan sinyal yang bagus, walaupun hasilnya sering tidak akurat di beberapa daerah karena apk ini akan bekerja berdasarkan jarak dari lokasi ke pemancar, bukan memindai TV digital sinyal.

Di Indonesia sendiri, untuk mentransfer sinyal TV digital, Anda harus menggunakan alat pengolah khusus DVB-T2 untuk memindai sinyal, karena HP belum memiliki kemampuan khusus untuk mendeteksinya setelah itu.

Jadi, jangan heran jika informasi yang diberikan oleh aplikasi ini tidak sesuai bahkan berbeda dengan scan TV digital atau STB yang Anda miliki. Meski demikian, aplikasi ini sangat membantu dan tetap direkomendasikan untuk digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *