Wajib Tonton! 10 Anime Tentang Ayakashi Terbaik

Dunia terkadang terasa membosankan, kan? Untungnya, ada anime! Langsung dari Jepang, anime menyajikan cerita-cerita seru dengan visual yang fantastis.

Nggak heran kalau anime digandrungi banyak orang di seluruh dunia. Dari aksi menegangkan sampai kisah cinta yang bikin baper, selalu ada anime yang siap menghibur.

Nah, ngomongin soal anime, pernah dengar tentang “Ayakashi”? Ayakashi itu sejenis roh atau siluman dalam cerita rakyat Jepang. Seru banget, deh, nonton anime tentang Ayakashi! Selain menikmati ceritanya, kita juga bisa belajar tentang mitologi Jepang dan nilai-nilai budayanya. Jadi, siap-siap terpesona dengan dunia Ayakashi yang penuh misteri!

Rekomendasi Anime Tentang Ayakashi

Siap menjelajahi dunia Ayakashi yang penuh misteri? Berikut beberapa rekomendasi anime seru yang wajib ditonton:

1. Natsume Yuujinchou – Slice of Life, Supernatural


1. Natsume Yuujinchou - Slice Of Life, Supernatural, Anime

Ringkasan cerita: Natsume Takashi mewarisi buku berisi nama-nama Ayakashi dari neneknya. Berbekal buku itu, ia pun bisa melihat dan berinteraksi dengan para Ayakashi. Alih-alih menggunakan kekuatan buku itu untuk kejahatan, Natsume justru bertekad mengembalikan nama-nama Ayakashi ke pemiliknya yang sah.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Ceritanya menghangatkan hati, fokus pada hubungan Natsume dengan para Ayakashi dan manusia di sekitarnya.
  2. Visualnya indah dan menenangkan, menggambarkan dunia Ayakashi dengan detail.
  3. Setiap episodenya menyajikan cerita yang menyentuh dan sarat makna tentang persahabatan, keluarga, dan penerimaan.
  4. Cocok untuk yang mencari anime ringan dengan cerita yang bermakna.

2. Mushishi – Adventure, Slice of Life, Supernatural


2. Mushishi - Adventure, Slice Of Life, Supernatural, Anime

Ringkasan cerita: Di dunia ini, ada makhluk halus yang disebut Mushi. Mereka bisa membawa berkah, tapi juga bencana bagi manusia. Ginko, seorang Mushishi, berkelana untuk meneliti Mushi dan membantu orang-orang yang terpengaruh oleh mereka.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Setiap episodenya menyajikan cerita yang unik dan penuh makna, mengajak kita merenungkan tentang hubungan manusia dengan alam.
  2. Visualnya artistik dan menenangkan, menggambarkan keindahan dunia Mushi dengan detail.
  3. Suasana ceritanya yang tenang dan misterius bikin penasaran.
  4. Cocok untuk yang mencari anime yang tenang dengan cerita yang dalam dan menyentuh hati.

3. Hotarubi no Mori e – Fantasy, Romance, Supernatural


Anime Tentang ayakashi

Ringkasan cerita: Bayangkan jatuh cinta dengan seseorang yang nggak boleh disentuh! Hotaru, gadis kecil yang tersesat di hutan, bertemu Gin, pemuda misterius yang ternyata adalah roh hutan. Setiap musim panas, Hotaru kembali ke hutan untuk bertemu Gin. Persahabatan mereka pun tumbuh menjadi cinta, meski terhalang kenyataan bahwa Gin akan menghilang jika disentuh manusia.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Kisah cintanya unik, manis, sekaligus mengharukan, bikin hati teriris-iris deh!
  2. Visualnya cantik banget, menggambarkan suasana hutan yang magis dan romantis.
  3. Meskipun filmnya pendek (sekitar 45 menit), tapi ceritanya berkesan dan ngena di hati.
  4. Cocok banget buat kamu yang suka kisah cinta yang bittersweet dan bikin mewek.

4. Kamisama Hajimemashita – Romance, Comedy, Supernatural


4. Kamisama Hajimemashita - Romance, Comedy, Supernatural, Anime

Ringkasan cerita: Gimana jadinya kalau tiba-tiba jadi dewa tanah? Nah, itulah yang dialami Nanami! Setelah ayahnya kabur karena utang, Nanami jadi tunawisma. Untungnya, ia bertemu pria misterius yang mengangkatnya jadi dewa tanah! Tapi, tentu saja, jadi dewa nggak gampang. Apalagi, ada Tomoe, siluman rubah yang awalnya ogah-ogahan jadi pengawalnya.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Ceritanya seru dan kocak, perpaduan yang pas antara romance, komedi, dan elemen supernatural.
  2. Karakter-karakternya unik dan menarik, bikin gemes sekaligus baper!
  3. Visualnya colorful dan eye-catching, memanjakan mata!
  4. Cocok buat kamu yang suka anime romance dengan bumbu komedi yang kocak dan visual yang cantik.

5. Spirited Away – Adventure, Fantasy


5. Spirited Away - Adventure, Fantasy, Anime

Ringkasan cerita: Chihiro, gadis kecil yang awalnya cengeng, terjebak di dunia roh! Untuk menyelamatkan diri dan orang tuanya yang disihir, Chihiro harus bekerja di pemandian umum para roh. Seru banget, deh, petualangan Chihiro bertemu dengan berbagai macam Ayakashi di dunia yang magis ini!

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Visualnya spektakuler! Studio Ghibli emang jagonya bikin animasi yang memanjakan mata.
  2. Ceritanya penuh imajinasi, bikin betah nonton sampai habis.
  3. Banyak pesan moral tentang keberanian, persahabatan, dan menghargai perbedaan.
  4. Cocok ditonton semua umur, dari anak-anak sampai dewasa.

6. Princess Mononoke – Action, Adventure, Fantasy


6. Princess Mononoke - Action, Adventure, Fantasy, Anime

Ringkasan cerita: Seorang pangeran terjebak di tengah perang antara manusia dan penghuni hutan yang dipimpin Princess Mononoke, gadis manusia yang dibesarkan serigala.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Animasinya keren banget, khas Studio Ghibli!
  2. Ceritanya seru, menegangkan, dan bikin penasaran.
  3. Princess Mononoke keren banget, karakter perempuan tangguh yang menginspirasi.
  4. Banyak pesan tentang pentingnya menjaga alam.

7.xxxHOLiC – Mystery, Supernatural, Psychological


7.xxxHOLiC - Mystery, Supernatural, Psychological, Anime

Ringkasan cerita: Wih, gimana rasanya bisa ngelihat hantu dan yokai? Kimihiro Watanuki mengalaminya! Saking terganggunya, ia sampai minta tolong ke penyihir dimensi bernama Yuuko. Tapi, Yuuko nggak kasih bantuan gratis, dong! Watanuki harus kerja paruh waktu di toko Yuuko yang penuh misteri. Di sini, ia bertemu banyak orang dengan masalah supernatural dan belajar banyak hal tentang dunia roh.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Alurnya susah ditebak, bikin penasaran terus!
  2. Visualnya unik dengan style yang khas banget.
  3. Setiap kasusnya seru dan bikin mikir, deh!
  4. Cocok buat yang suka anime misteri dengan sentuhan supernatural yang kental.

8. Pom Poko – Adventure, Fantasy


8. Pom Poko - Adventure, Fantasy, Anime

Ringkasan cerita: Wah, para rakun tanuki ini jago banget menyamar! Mereka lagi berusaha melindungi hutan tempat tinggal mereka dari pembangunan manusia. Seru banget lihat aksi kocak para tanuki yang bisa berubah wujud!

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Animasinya keren, khas Studio Ghibli!
  2. Ceritanya kocak dan mengharukan, deh!
  3. Banyak pesan moral tentang pentingnya menjaga alam.
  4. Cocok ditonton semua umur, dari anak-anak sampai dewasa.

Tips untuk Meningkatkan Pengalaman Menonton Anime

Menonton anime itu seru banget! Tapi, ada beberapa tips simpel yang bisa bikin pengalaman nonton makin asik dan berkesan. Siap jadi wibu level 99? Cekidot!

  1. Cari Sumber Streaming Berkualitas dan Legal: Nonton di situs legal itu penting banget, guys! Selain mendukung para animator dan kreatornya, kualitas gambar dan suaranya juga dijamin jernih. Nggak perlu nonton sambil ngira-ngira karena subtitle ngaco, deh!
  2. Gabung Komunitas Penggemar Anime Terkeren: Seru banget, deh, bisa ngobrol dan berbagi keseruan nonton anime bareng teman-teman sesama wibu! Bisa saling rekomendasi anime, bahas episode terbaru, atau sekadar curhat tentang waifu/husbando tercinta.
  3. Kuasai Sedikit Bahasa Jepang: Nggak perlu jadi ahli bahasa, kok! Cukup hafal beberapa kosakata dasar dan frase umum. Nonton anime jadi lebih greget karena bisa nangkep nuansa bahasa aslinya.
  4. Tetap Update Berita dan Tren Anime Terbaru: Pantengin terus website atau media sosial tentang anime biar nggak ketinggalan info anime terbaru, event seru, atau rilisan merchandise keren!

Jadi, Tunggu Apa Lagi?

Itu dia tadi beberapa rekomendasi anime tentang Ayakashi yang siap menghibur dan bikin jatuh cinta dengan dunia supernatural Jepang. Mulai dari kisah yang mengharukan sampai aksi yang menegangkan, selalu ada anime yang pas buat semua orang.

Yuk, langsung aja nonton dan rasakan sendiri serunya petualangan di dunia Ayakashi! Siapa tahu, kamu bisa menemukan waifu/husbando Ayakashi idaman, hehehe.

Yang Bikin Penasaran tentang Anime Ayakashi

Masih bingung atau punya pertanyaan seputar anime bertema Ayakashi? Tenang, beberapa FAQ ini mungkin bisa bantu!

Pertanyaan 1: Apa sih sebenarnya Ayakashi itu? Kok kayaknya familiar tapi lupa?

Ayakashi itu istilah umum buat makhluk supernatural dalam cerita rakyat Jepang, kayak yokai, youkai, atau obake. Bentuknya macem-macem, ada yang kayak manusia, hewan, atau perpaduan keduanya. Ada yang baik, jahil, bahkan ada yang jahat!

Pertanyaan 2: Anime Ayakashi itu biasanya genre-nya apa aja, sih?

Genre-nya beragam banget! Ada action, adventure, comedy, romance, sampai horror. Tinggal pilih aja yang sesuai selera.

Pertanyaan 3: Selain yang tadi disebutin, ada rekomendasi anime Ayakashi yang lain nggak?

Wah, banyak banget, sih! Coba cek “Nurarihyon no Mago”, “Ushio to Tora”, “Inuyasha”, atau “xxxHOLiC” (yang tadi udah disebutin sih, tapi emang seru!).

Pertanyaan 4: Nonton anime Ayakashi itu bikin merinding nggak, sih?

Tergantung animenya juga, sih! Ada yang emang fokus ke unsur horror, tapi banyak juga kok yang ceritanya menghangatkan hati atau bikin ngakak.

Pertanyaan 5: Selain nonton anime, gimana lagi caranya memperdalam pengetahuan tentang Ayakashi?

Bisa baca-baca buku atau artikel tentang mitologi Jepang, nonton film Jepang bertema Ayakashi, atau main game yang ada unsur Ayakashi-nya. Seru, deh!

Youtube Video:

sddefault


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *