5+ Anime Tentang Astronomi yang Wajib Ditonton!

Dari negeri sakura yang penuh keajaiban, anime telah menjelma menjadi fenomena hiburan mendunia! Menggunakan animasi yang khas dan cerita yang memikat, anime menawarkan beragam genre untuk dinikmati.

Tak hanya populer di Jepang, anime juga memikat hati jutaan penggemar di seluruh dunia. Dengan visual memukau dan jalan cerita yang seru, tak heran jika anime selalu menjadi perbincangan hangat.

Menyelami dunia anime seperti membuka jendela ke budaya Jepang yang unik dan kaya akan nilai. Lebih dari sekadar hiburan, anime juga mengajak kita berpetualang melalui cerita-cerita inspiratif, mengajak kita merenung tentang kehidupan, dan tentu saja, memberikan hiburan berkualitas.

Rekomendasi Anime Tentang Astronomi

Siap menjelajahi luasnya galaksi dan misteri bintang-bintang? Anime bertema astronomi siap membawa penonton ke petualangan seru menembus batas langit! Berikut rekomendasi anime tentang astronomi yang wajib ditonton:

1. Sora no Manimani (SoraMani) – Slice of Life, Romantis


1. Sora No Manimani (SoraMani) - Slice Of Life, Romantis, Anime

Ringkasan cerita: Berkisah tentang Saku Ooyagi yang kembali ke kampung halamannya dan bertemu kembali dengan teman masa kecilnya, Mihoshi Akeno. Keduanya berbagi kecintaan pada astronomi dan menghidupkan kembali klub astronomi di sekolah mereka.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Visual anime ini sangat indah, terutama saat menampilkan langit malam bertabur bintang.
  2. SoraMani menyajikan kisah persahabatan yang manis dan menghangatkan hati.
  3. Menyisipkan unsur edukasi tentang astronomi dengan cara yang ringan dan mudah dipahami.
  4. Cocok untuk penonton yang mencari anime santai dengan cerita yang menyentuh.

2. Uchuu Kyoudai (Space Brothers) – Petualangan, Komedi-Drama


2. Uchuu Kyoudai (Space Brothers) - Petualangan, Komedi-Drama, Anime

Ringkasan cerita: Dua bersaudara, Mutta dan Hibito, berjanji untuk pergi ke luar angkasa saat masih kecil. Hibito mengejar mimpinya dan menjadi astronaut, sementara Mutta mengambil jalan hidup yang berbeda. Namun, setelah mengalami kejadian tak terduga, Mutta kembali tergerak untuk mewujudkan impian masa kecilnya dan menyusul jejak sang adik.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Menyajikan kisah perjuangan mengejar mimpi yang inspiratif dan penuh emosional.
  2. Menampilkan proses latihan astronaut secara realistis dan detail, sehingga penonton dapat mempelajari banyak hal tentang dunia astronomi dan eksplorasi luar angkasa.
  3. Menyuguhkan humor yang segar di sisi-sisi cerita, menciptakan tontonan yang menghibur dan menggugah.
  4. Karakter-karakternya relatable dan memiliki perkembangan yang terasa nyata.

3. Seishun Buta Yarou wa Bunny Girl Senpai no Yume wo Minai (Rascal Does Not Dream of Bunny Girl Senpai) – Supernatural, Romantis, Misteri


Anime Tentang astronomi

Ringkasan cerita: Sekilas, anime ini terlihat seperti anime romantis pada umumnya. Namun, ceritanya mengusung fenomena aneh yang disebut “Sindrom Pubertas” – kejadian misterius yang berhubungan dengan rumor dan tekanan psikologis remaja. Tokoh utama kita, Sakuta Azusagawa, terjebak dalam pusaran peristiwa ini ketika ia bertemu dengan gadis berkostum kelinci, Mai Sakurajima, yang ternyata tak terlihat oleh siapapun karena “Sindrom Pubertas”.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Meskipun bertema astronomi tidak secara langsung dijelaskan, anime ini menyinggung konsep fisika kuantum dan paralel universe, mengaitkannya dengan “Sindrom Pubertas” yang dialami para karakternya.
  2. Menyajikan misteri yang menarik dan penuh intrik, membuat penonton menebak-nebak hingga akhir episode.
  3. Perkembangan hubungan antara Sakuta dan Mai terasa natural dan menyentuh hati.
  4. Menyajikan visual yang indah dan detail, terutama dalam menggambarkan ekspresi para karakternya.

4. Kimi no Na wa. (Your Name.) – Fantasi, Romantis, Drama


4. Kimi No Na Wa. (Your Name.) - Fantasi, Romantis, Drama, Anime

Ringkasan cerita: Pernah membayangkan bertukar tubuh dengan orang asing? Itulah yang terjadi pada Mitsuha dan Taki, dua remaja yang tinggal di dunia berbeda. Mitsuha, gadis desa yang mendambakan kehidupan kota, dan Taki, pemuda Tokyo yang sibuk, tiba-tiba bertukar jiwa dan menjalani kehidupan satu sama lain! Di tengah kebingungan, mereka berkomunikasi lewat pesan, saling mengenal, dan tanpa disadari, ikatan yang kuat mulai terjalin. Namun, sebuah fenomena astronomi mengubah segalanya, mengungkap kebenaran yang mematahkan hati dan misteri yang menghubungkan takdir mereka.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Animasi luar biasa indah, terutama saat menampilkan komet dan langit malam yang memukau. Siap-siap terpukau!
  2. Cerita yang emosional dan menghanyutkan, mengajak penonton merasakan setiap suka duka yang dialami Mitsuha dan Taki.
  3. Menyentuh tema takdir, koneksi manusia, dan keajaiban yang ada di sekitar kita.
  4. Musik oleh RADWIMPS menghadirkan suasana magis dan memperkuat setiap adegan dengan sempurna.

5. Planetarian


5. Planetarian, Anime

Ringkasan cerita: Bayangkan dunia setelah perang, sunyi dan hampir hancur. Di tengah kehancuran, seorang “Junker” (penjarah) bertemu dengan seorang gadis robot cantik bernama Yumemi di dalam sebuah planetarium tua. Yumemi, dengan semangat yang tak pernah padam, mengajak sang Junker untuk menikmati keindahan bintang-bintang yang tak lagi terlihat di langit malam.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Menyentuh hati, menyajikan kisah tentang harapan dan keindahan di tengah keputusasaan.
  2. Meskipun pendek, anime ini meninggalkan kesan mendalam dan pesan moral yang kuat.
  3. Mengajarkan tentang astronomi dan apresiasi terhadap langit malam dengan cara yang puitis dan menyentuh.

6. Interstellar – Sci-Fi, Petualangan


6. Interstellar - Sci-Fi, Petualangan, Anime

Ringkasan cerita: Bumi sedang sekarat, dan harapan terakhir umat manusia berada di tangan sekelompok astronaut pemberani yang menjelajahi lubang cacing misterius untuk mencari rumah baru. Siap-siap diajak menjelajahi sudut-sudut galaksi yang belum terjamah, memahami konsep waktu dan ruang yang membengkokkan pikiran, serta mengikuti perjuangan para astronaut yang berpacu dengan waktu demi menyelamatkan masa depan umat manusia.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Visual efeknya spektakuler, menampilkan pemandangan luar angkasa yang indah dan menakjubkan.
  2. Alur ceritanya seru, penuh misteri, dan mengharu-biru, mengajak penonton ikut merasakan perjuangan para karakternya.
  3. Mengusung konsep sains yang kompleks, namun disampaikan dengan cara yang relatif mudah dipahami, membuat penonton tertarik untuk mempelajari lebih jauh tentang astronomi dan fisika.
  4. Musik yang epik dan megah menambah atmosfer film yang dramatis dan mencengangkan.

7. Ad Astra – Sci-Fi, Thriller Psikologis


7. Ad Astra - Sci-Fi, Thriller Psikologis, Anime

Ringkasan cerita: Astronaut Roy McBride harus menempuh perjalanan berbahaya ke ujung tata surya. Misinya? Menemukan sang ayah, astronaut legendaris yang hilang dalam misi bertahun-tahun silam dan mungkin memegang kunci kelangsungan hidup umat manusia. Perjalanan ini bukan hanya melintasi jarak yang jauh, tapi juga menyelami lubuk hati Roy yang penuh konflik dan misteri masa lalu.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Tampilan luar angkasa yang realistis dan memukau. Rasakan sensasi menjadi astronaut sejati!
  2. Brad Pitt tampil menawan dan menjiwai peran Roy yang dingin namun rapuh.
  3. Ceritanya mengajak kita berpikir tentang hubungan ayah dan anak, ambisi, dan dampak eksplorasi luar angkasa pada psikis manusia.
  4. Penuh dengan ketegangan dan kejutan yang tak terduga. Siap-siap menahan napas!

8. Gravity – Sci-Fi, Thriller


8. Gravity - Sci-Fi, Thriller, Anime

Ringkasan cerita: Astronaut pemula, Dr. Ryan Stone, terjebak di luar angkasa setelah kecelakaan dahsyat menghancurkan pesawat luar angkasa mereka. Berusaha bertahan hidup dengan segala cara, ia harus menemukan jalan pulang ke Bumi sambil berpacu dengan waktu dan keterbatasan oksigen.

Alasan mengapa layak untuk ditonton:

  1. Efek visualnya sangat realistis, membuat penonton serasa ikut melayang di luar angkasa!
  2. Ceritanya penuh ketegangan dan mendebarkan, membuat penonton tegang dari awal hingga akhir.
  3. Sandra Bullock memerankan karakter Dr. Ryan Stone dengan brilian, menampilkan perjuangan dan kekuatan seorang astronaut wanita dalam situasi genting.

Tips untuk Meningkatkan Pengalaman Menonton Anime

Menonton anime bakal lebih seru dan mengesankan dengan beberapa tips jitu! Siap menyelami dunia anime lebih dalam?

  1. Cari Sumber Streaming Berkualitas dan Legal: Kualitas gambar dan suara yang jernih pastinya memanjakan mata dan telinga! Pilih platform streaming legal untuk mendukung para kreator anime kesayangan.
  2. Gabung Komunitas Penggemar Anime Terkeren: Bergabunglah dengan komunitas pecinta anime untuk berbagi keseruan, info terbaru, dan rekomendasi anime lainnya! Siapa tahu, teman baru dan diskusi seru menanti!
  3. Kuasai Sedikit Bahasa Jepang: Meskipun banyak anime sudah tersedia dengan subtitle atau dubbing, mengerti beberapa kata dalam bahasa Jepang seperti “kawaii” atau “sugoi” akan meningkatkan keseruan menonton!
  4. Tetap Update Berita dan Tren Anime Terbaru: Ikuti berita dan tren anime terbaru agar tidak ketinggalan anime terpopuler saat ini!

Melangkah Lebih Dekat ke Bintang Bersama Anime

Anime tentang astronomi tak hanya menyuguhkan visual menakjubkan, tetapi juga kisah-kisah yang menyentuh hati, penuh semangat, dan sarat akan makna. Dari menjelajahi galaksi yang luas hingga merenungkan makna kehidupan di bawah taburan bintang, anime mengajak penonton untuk menghargai keindahan dan misteri alam semesta.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera tambahkan anime-anime di atas ke dalam daftar tontonan dan bersiaplah untuk petualangan tak terlupakan melintasi ruang dan waktu!

Bertanya-tanya Tentang Anime Bertema Astronomi? Temukan Jawabannya di Sini!

Tak perlu sungkan, rasa ingin tahu itu wajar, kok! Berikut beberapa pertanyaan yang sering muncul seputar anime bertema astronomi:

Pertanyaan 1: Apakah harus mengerti astronomi dulu untuk menikmati anime jenis ini?

Tenang, tak perlu jadi ahli astronomi, kok! Kebanyakan anime mengemas tema ini dengan cara yang menarik dan mudah dipahami, bahkan untuk pemula sekalipun. Justru, anime bisa jadi jalan seru untuk mulai mengenal astronomi!

Pertanyaan 2: Apa saja tema yang biasanya diangkat dalam anime astronomi?

Beragam! Mulai dari petualangan luar angkasa, pertemuan dengan makhluk asing, percintaan di bawah langit berbintang, hingga misteri alam semesta yang menunggu untuk dipecahkan!

Pertanyaan 3: Apakah anime bertema astronomi cocok untuk semua umur?

Tergantung animenya! Ada yang khusus untuk anak-anak, remaja, bahkan dewasa. Pastikan untuk memeriksa rating dan genre sebelum menonton, ya!

Pertanyaan 4: Apakah ada rekomendasi anime astronomi yang pendek saja?

Tentu! Beberapa anime pendek seperti “Planetarian: The Reverie of a Little Planet” menyajikan cerita yang menyentuh hati dalam durasi singkat.

Pertanyaan 5: Bagaimana cara menemukan rekomendasi anime astronomi lainnya?

Bergabunglah dengan komunitas anime, telusuri forum online, atau cek situs web dan aplikasi rekomendasi anime. Pastikan untuk melihat sinopsis, genre, dan rating sebelum memutuskan untuk menonton!

Youtube Video:

sddefault


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *