Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

Air Terjun Tretes Wonosalam Harga tiket masuk 2020

1 min read

Air terjun tretes – Tempat wisata alam Jombang tidak usah di ragukan lagi dengan berbagai keindahan yang alami menjadi daya tarik bagi wisatawan, salah satunya untuk datang berkunjung di air terjun tretes wonosalam. Air terjun yang dekat dengan daerah Tulung Agung ini ternyata disebut sebut sebagai air terjun tertinggi di wilayah jawa timur.

Air terjun tretes wonosalam : Harga tiket masuk, Lokasi dan Fasilitas

Air terjun wonosalam memiliki ketinggian sekitar  159 Meter dan air terjun yang berasal dari sungai sumber watu bonakah. Untuk suasana air terjun sendiri sangat sejuk yang memberikan kenyamanan untuk para pengunjung.

Lokasi

Air Terjun Tretes Wonosalam salah satu paling tertinggi di jawa timur yang berada di wilayah Tahura R. Soerjo, Area Sawah atau Kebun, Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Jarak yang harus di tempuh dari daerah wonosalam kurang lebih 16 Km dan waktu tempuh dari daerah wonosalam untuk sampai lokasi air terjun 45 menit, dan jika kamu dari wilayah kabupaten jombang untuk sampai lokasi tretes wonosalam akan menempuh jarak kurang lebih 34 Km dan membutuhkan waktu kurang lebih 58 menit.

Kondisi Jalan menuju lokasi

Jika sudah sampai lokasi pintu masuk air terjun, kamu harus siapkan tenaga lebih untuk sampai di lokasi, karena untuk sampai di titik lokasi air terjun itu tidak mudah, kamu harus mempunyai jiwa adventure, kamu harus menaiki bukit dan lereng gunung serta jalan yang licin menjadi kendala para wisata alam, tetapi jika kamu sudah terbiasa tidak menjadi masalah, jarak dari pintu masuk air terjun untuk sampai lokasi kurang lebih 1 Kilometer.

Air terjun tretes wonosalam : Harga tiket masuk, Lokasi dan Fasilitas

Tetapi saat jalan untuk menuju lokasi kamu akan melihat beberapa keindahan alam, seperti sungai, kebun, sawah yang menjadi obat penawar rasa lelah.

Baca juga :  [Fakta] 9 Kepribadian Seseorang dari cara tertawa

Setelah sampai di lokasi air terjun capek yang kamu alami akan hilang setelah melihat air terjun yang paling tinggi di jawa timur ini, memberikan eksotis dan keindahan alam yang luar biasa, suasana alam yang sejuk dan bunyi air terjun yang membuat jiwa kita seolah merinding.

Harga tiket masuk

Air terjun tretes wonosalam : Harga tiket masuk, Lokasi dan Fasilitas

Harga tiket masuk (Htm) Air terjun tretes wonosalam terbaru di tahun 2020 pengunjung akan dikenakan biaya masuk senilai Rp. 10.000 dan untuk biaya parkir kendaraan motor dikenakan tarif parkir Rp. 5.000 (tidak di anjurkan untuk membawa mobil).

Lalu jika ingin cara mudah untuk sampai lokasi air terjun tretes wonosalam bisa menyewa jasa ojek yang disediakan oleh warga sekitar dan pengelola, dikenakan harga jasa Rp. 20.000, mengapa harus memakai jasa ojek ? karena untuk sampai lokasi kalian harus melewati hutan hutan dan jarak yang ditempuh kurang lebih 1-2 Kilometer.

Untuk harga Rp. 20.000 jasa ojek tersebut hanya sekali berangkat, jika ingin menggunakan jasa ojek lagi saat pulang, harus membayar lagi.

Fasilitas

Air terjun tretes wonosalam

Terdapat fasilitas umum yang sangat dibutuhkan para pengunjung, biarpun tidak begitu lengkap para pecinta alam tetap sudah memakluminya

  • Toilet
  • Warung / Tempat makan
  • Kamar ganti di lokasi air terjun
  • Tempat parkir

Tips berwisata di Air terjun tretes wonosalam

  • Datanglah berkelompok
  • Kondisi badan harus fit dan sehat
  • Bawalah barang seperlunya
  • Gunakan alas kaki khusus tracking gunung
  • Jangan membuang sampah sembarangan
  • Jangan berkata kasar saat atau melakukan hal yang tidak sopan di tempat ini
  • Jangan berkunjung saat musim hujan
  • Jangan membawa orang tua paruh baya
Salam waktubaca, semoga wisata alam kamu semakin menarik dari beberapa ulasan tentang harga tiket lokasi dan jalan menuju lokasi serta beberapa fasilitas dan tips untuk mengunjungi wisata salam air terjun tretes wonosalam.
Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com