Pesona Air terjun Sri Gethuk & Harga Tiket masuk 2020

2 min read

Air terjun sri gethuk – Jika kamu sudah merasa jenuh dengan pekerjaan, apakah harus refreshing dengan cara menikmati alam? jika benar itu jawaban yang tepat, cobalah untuk menikmati destinasi wisata alam yang ada di gunung kidul.

Air terjun sri gethuk : Tiket masuk, Lokasi jalan dan Fasilitas

Jika kamu belum pernah mendengar atau ingin mencoba wisata alam air terjun, cobalah ber wisata  ke lokasi air terjun sri gethuk jogja, banyak wisata dekat di air terjun ini jadi kamu banyak pilihan untuk berwisata alam di jogja, tenang saja dengan ulasan lengkap ini waktubaca akan memberikan informasi lengkap wisata air terjun terkenal di gunung kidul, jogja yang sangat indah dan mempesona ini.

Lokasi

Alamat Tempat wisata sri gethuk berlokasi di desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta kurang lebih 34.5 Kilometer dari pusat kota jogja. Untuk waktu jarak tempuh kurang lebih 1 jam 15 menit.

Rute Jalan transportasi

Ternyata ada dua pilihan jalan dan transportasi yang bisa kamu pilih, untuk sampai ke lokasi jalan menuju air terjun sri gethuk yakni memilih berjalan melewati hutan dan sawah sawah dengan jarak sampai titik lokasi kurang lebih 550 meter atau dengan perahu seperti tongkang yang disediakan pengelola yang bisa di tempuh dengan waktu kurang lebih 15 menit saja.

Air terjun sri gethuk : Tiket masuk, Lokasi jalan dan Fasilitas

Jika jiwa petualang kamu ingin menantang alam, cobalah menikmati perjalanan jalan kaki dengan melewati hutan dan sawah sawah yang indah di pandu langsung oleh pengelola wisata air terjun disini.

Akan tetapi jika ingin menggunakan kapal tongkang, para pengunjung akan merasakan sensai luar biasa meskipun kapal ini terbuat dari bahan sederhana seperti drum dan papan serta mesin saja.

Air terjun sri gethuk : Tiket masuk, Lokasi jalan dan Fasilitas

Pengelola juga tidak lupa tentang keselamatan untuk para wisatawan dengan memberikan alat sebuah jaket pelampung untuk keselamatan para pengunjung, yang tidak kalah penting juga pemandangan sungai oyo yang indah, pada saat menaiki kapal tongkang dan di padu dengan bukit dan air yang hijau bersih, serta hutan dipinggir sungai oyo, serasa berada di hutan amazon.

Harga tiket masuk

para instagrama pecinta air terjun atau para pengunjung yang ingin menikmati air terjun terkenal di jogja ini akan dikenakan (Htm) harga tiket masuk Rp. 15.000 per orang, untuk biaya parkir kendaraan motor dikenakan tarif parkir Rp. 3.000 dan untuk kendaraan mobil dikenakan biaya parkir Rp, 5.000.

Untuk menggunakan jasa transportasi perahu atau kapal tongkang, pengunjung akan dikenakan biaya kurang lebih Rp. 10.000 per orang sudah termasuk pulang pergi.

Dan yang paling mengejutkan di wisata alam jogja air terjun ini menawarkan sebuah pilihan paket wisata lengkap, dimana untuk bisa menikmati air terjun disini kalian hanya perlu membayar tiket senilai Rp. 50.000 sudah termasuk pemandu wisata, bagaimana murah bukan?

Sejarah dan mitos

Jika kalian sudah tahu tentang mitos sejarah air terjun sri gethuk lebih baik skip saja, apalagi untuk para wisatawan yang takut tentang cerita mitos mitos yang kental dengan dunia lain atau spiritual.

Pada awalnya mengapa air terjun ini diberi nama Sri gethuk tentu menjadi rasa penasaran, ternyata warga penduduk sekitar memberi nama air terjun ini juga dari berbagai hal yang mulai terjadi dari kata “gethuk” sendiri berasal dari kata “ketuk” Konon masyarakat sekitar pada musim hujan, mendengar suara alunan ketukan gamelan di tempat air terjun.

Sejarah yang pernah terjadi adalah tentang kerajaan mataram yang pernah berkuasa didaerah setempat sekitar air terjun, pada jaman dulu air terjun sri gethuk dan goa rancong adalah tempat untuk menyusun strategi melawan penjajahan belanda dan voc.

Fasilitas

Terdapat fasilitas umum yang lengkap dan sangat dibutuhkan oleh pengunjung air terjun

  • Toilet
  • Warung / kuliner
  • Mushola
  • Tempat parkir

Tips berwisata air terjun

1. Perhatikan Cuaca

Hindari untuk pergi ke kawasan wisata air terjun saat musim hujan. Hal ini untuk menghindari beberapa hal seperti jalan yang licin dan membahayakan serta buruknya warna air terjun yang biasanya saat musim hujan berwarna kuning atau keruh.

2. Kenali Medan jalan dan Lokasi

Sudah menjadi hal umum terjadi jika tempat wisata air terjun jauh dari keramaian dan kadang pengunjungnya harus menempuh perjalanan dengan medan yang cukup terjal dan penuh kewaspadaan, Kenali atau bertanya dengan seseorang yang pernah menuju ke tempat air terjun yang ingin kamu datang atau datang langsung pihak pengelola agar lebih aman.

3. Pakaian Wajib Ganti

Agar tidak masuk angin setelah berlama-lama bermain air dengan kondisi baju yang basah, sebaiknya ganti baju dengan pakaian yang kering jika Sobat waktu baca sudah selesai bermain air.

4. Waspada Binatang Liar

Pada umumnya air terjun berada di Hutan karena masih memiliki lingkungan yang alami dan terkadang ada binatang liar berkeliaran di sana, seperti kawana hewan monyet liar yang tak jarang muncul menjelang sore hari . Maka sobat wajib hati hati dan waspada

5. Alas Kaki Nyaman

Untuk kenyamanan kaki, sebaiknya gunakanlah sendal gunung ketika berwisata ke air terjun karena pada umumnya akses jalan menuju air terjun terjal dan licin.

6. Jangan Pergi Sendirian

Jika ingin sekedar untuk refresing untuk menghilangkan kegalauan jangan pergi ke tempat wisata air terjun sendirian. Wajib membawa teman lebih dari 2 orang..