10 Gambar Air Terjun Sedudo Nganjuk & Tiket Masuk 2020

2 min read

air terjun sedudo

Air terjun sedudo yang terkenal di daerah Nganjuk, Jawa Timur ini memiliki keindahan yang wajib kamu kunjungi karena tempat wisata di nganjuk ini memiliki pesona alam yang sangat asri.

Kabarnya oleh masyarakat nganjuk dan sekitar air terjun sedudo dipercayai memiliki kekuatan spiritual dan pada masa zaman kerajaan majapahit pada bulan sura (kalender jawa) mitosnya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.

Jadi jangan heran setiap tahun baru jawa air terjun ini digunakan untuk upacara ritual seperti memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian air tersebut di percikan untuk keluarga atau kerabat agar mendapat keberkahan keselamatan dan awet muda.

Alamat: Jl. Raya Sedudo, Hutan, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur 64475
Htm: Rp. 15.000
Telepon: –
Lokasi google maps: Klik disini
Jam buka: Buka setiap hari pukul 09:00-18:00 WIB

Jadi untuk kamu ingin berkunjung untuk mandi ke air terjun ini siapa tahu, bisa awet muda dan penuh keberkahan serta keselamatan.

Lalu jika ada kabar air terjun ini airnya berwarna hitam, sebenanrnya bukan karena masalah gaib, tapi di akibatkan oleh bencana alam seperti longsor atau banjir bandang.

Dan setelah kabar itu hilang ada kabar lain yakni air terjun menjadi pasir hitam, menurut pemerintah daerah sendiri dikarenakan oleh beberapa sebab seperti bencana alam dan yang paling di yakini adalah air pasir hitam tersebut disebabkan oleh abu bekas kebakara hutan.

Daftar Baca

Harga Tiket Masuk air terjun sedudo

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan air terjun sedudo cukup terjangkau, yakni saat di pintu  masuk kamu akan dikenakan biaya masuk senilai Rp. 15.000 dan untuk menuju lokasi air terjun, kamu harus mengeluarkan uang lagi untuk sewa jasa ojek sampai air terjun Rp. 10.000 sekali jalan.

Harga parkir kendaraan seperti kendaraan bermotor dikenakan tarif harga Rp. 2.000 dan kendaraan mobil dikenakan tarif parkir Rp. 5.000 untuk mobil bus Rp. 10.000.

Lokasi air terjun sedudo

Lokasi dan alamat air Terjun atau grojogan Sedudo berada di Jalan sedudo, desa Ngaliman, Kecamatan sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.

Jarak yang harus di tempuh dari pusat kota nganjuk adalah sekitar 32,3 km. dengan waktu tempuh kurang lebih 58 menit dengan jalan tanjakan dan temurunan serta banyak tikungan curam.

Rute Jalan Sampai Lokasi

Jika dari pusat alun alun nganjuk dengan menggunakan kendaraan mobil tujuan awal menuju ke jalan wilis di kampung dalem dengan melalui jalan Kediri – nganjuk. Kemudian ambil jalan menuju ke arah jalan sawahan berbek, jalan sedudo dan jalan raya sedudo. Ikuti jalan sampai tujuan lokasi di pintu gerbang grojogan sedudo.

Setelah itu sobat waktubaca harus berjalan kurang lebih 700 meter dengan jalan di penuhi banyak pepohonan hijau yang bisa mampu menghilangkan lelah kalian.

Jika tidak ingin berjalan kaki gunakan saja jasa ojek yang disediakan oleh pengelola air terjun.

Fasilitas

gambar air terjun sedudo nganjuk jatim

Terdapat banyak fasilitas umum yang lengkap di air terjun yang terkenal di wialayah jawa timur ini antara lain:

  • Toilet
  • Penginapan
  • Kolam untuk mandi / berenang
  • Warung / kuliner
  • Tempat parkir kendaraan
  • Mushola
Baca juga:  Cara mengatasi layar mati xiomi mi4i

Harga jajan dan kuliner air terjun sedudo

nasi kuning air terjun sedudo


Harga makanan di area sekitar air terjun sangat terjangkau dan murah, kamu bisa membeli oleh oleh makanan disini. Makanan khas terkenal enak yang ada di grojogan sedudo adalah nasi jagung dengan harga sangat murah Rp, 5.000.

Tips berwisata air terjun sedudo

  1. Perhatikan Cuaca

Hindari untuk pergi ke kawasan wisata air terjun saat musim hujan. Hal ini untuk menghindari beberapa hal seperti jalan yang licin dan membahayakan serta buruknya warna air terjun yang biasanya saat musim hujan berwarna kuning atau keruh.

  1. Kenali Medan jalan dan Lokasi

Sudah menjadi hal umum terjadi jika tempat wisata air terjun jauh dari keramaian dan kadang pengunjungnya harus menempuh perjalanan dengan medan yang cukup terjal dan penuh kewaspadaan, Kenali atau bertanya dengan seseorang yang pernah menuju ke tempat air terjun yang ingin kamu datang atau datang langsung pihak pengelola agar lebih aman.

  1. Pakaian Wajib Ganti

Agar tidak masuk angin setelah berlama-lama bermain air dengan kondisi baju yang basah, sebaiknya ganti baju dengan pakaian yang kering jika Sobat waktu baca sudah selesai bermain air.

  1. Waspada Binatang Liar

Pada umumnya air terjun berada di Hutan karena masih memiliki lingkungan yang alami dan terkadang ada binatang liar berkeliaran di sana, seperti kawana hewan monyet liar yang tak jarang muncul menjelang sore hari . Maka sobat wajib hati hati dan waspada

  1. Alas Kaki Nyaman

Untuk kenyamanan kaki, sebaiknya gunakanlah sendal gunung ketika berwisata ke air terjun karena pada umumnya akses jalan menuju air terjun terjal dan licin.

  1. Jangan Pergi Sendirian

Jika ingin sekedar untuk refresing untuk menghilangkan kegalauan jangan pergi ke tempat wisata air terjun sendirian. Wajib membawa teman lebih dari 2 orang..