Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com

Pesona Air terjun kedung pedut Jogja & Harga tiket 2020

3 min read

Wisata alam yogyakarta menjadi salah satu objek wisatawan mulai dari pantai, tempat wisata budaya dan air terjun yang terkenal seperti air terjun kedung pedut jogja yang terletak di desa jatimulyo.

Tempat wisata alam kedung pedut yang berada di kabupaten kulon progo daerah istimewa yogyakarta ini terkenal di kalangan para instagramable dan salah satu air terjun yang banyak di kunjungi khususnya wilayah jogja dan sekitarnya.

Air terjun kedung pedut : Harga tiket, lokasi dan fasilitas

Alamat: Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674
Htm: Rp. 5.000- Rp. 10.000
Jam Buka: 07:00 WIB – 17:00 WIB
Telepon: –
Lokasi Google Maps: Klik disini

Tempat wisata alam ini menyajikan beberapa keindahan yang belum tentu ada di air terjun lainnya di indonesia, air terjun yang bersih dan bukit bebatuan yang berlapis serta warna air yang berwarna hijau toska menjadi daya tarik tersendiri.

Lokasi

Air terjun andalan kota kota jogja ini berlokasi di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jika berada di kulon progo jogja tidak salahnya menikmati air terjun ini, jarak tempuh untuk sampai lokasi air terjun kedung pedut dari daerah kulon progo kurang lebih berjarak 16 Km dan membutuhkan waktu kurang lebih 36 menit dengan menggunakan kendaraan roda empat.

Dan jika ingin menggunakan kendaraan bermotor dari kulon progo hanya membutukan waktu 15 menit saja.

Namun jika kamu dari pusat kota jogja untuk sampai lokasi waterfall kedung pedut akan menempuh jarak kurang lebih 33 Km dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan mobil.

Kondisi jalan menuju Lokasi

Untuk akes jalan menuju lokasi titik air terjun sendiri sedikit sulit, rute jalan sangat terjal dan perlu banyak perbaikan apalagi saat musim hujan. Lalu untuk waktu jarak tempuh sendiri dari pintu masuk sampai titik lokasi air terjun kurang lebih 15 menit perjalanan, itu sudah sambil istirahat dan berhenti sejenak.

Harga tiket masuk

Para pengunjung yang ingin berkunjung di air terjun kedung pedut di kenakan tarif harga Rp. 10.000 per orang dan jika para wisatawan membawa kendaraan bermotor akan dikenakan biaya parkir Rp. 3.000 dan Rp. 5.000 untuk kendaraan mobil.

  • Harga tiket masuk tersebut terbaru tahun 2020

Objek wisata

Air terjun kedung pedut : Harga tiket, lokasi dan fasilitas

Terdapat 5 mata air kedung yang bisa kamu nikmati dan diperbolehkan oleh pengelola untuk mandi bagi pengunjung, untuk kedalaman air nya setiap kedung kurang lebih 2-3 meter.

  • Kedung anyes
  • Kedung lanang
  • Kedung wedok
  • Kedung merak
  • Kedung merang

Oh iya jika kamu belum tahu apa itu kedung, kedung merupakan kolam atau kubangan.

Rasakan kesejukan alam dan indahnya air yang berwarna hijau toska, yang menurut para ahli warna air hijau toska tersebut akibat pantulan sinar matahari yang mengenai pecahan bebatuan dari pegunungan manoreh.

Fasilitas

Untuk masalah fasilitas di tempat air terjun kedung pedut jogja sendiri terbilang sangat lengkap antara lain sebagai berikut :

  • Toilet / kamar ganti / Kamar mandi
Untuk menggunakan toilet dikenakan biaya atau tarif Rp. 2.000 / orang jika ingin mandi Rp. 3.000 / orang
  • Loker / Tempat penyimpanan barang
Penyimpanan barang atau loker dikenakan biaya Rp. 10.000
  • Warung makan
Untuk tempat jajan dan makanan di tempat ini hanya tersedia di pintu masuk saja.
  • Tempat parkir
Untuk tempat parkir kendaraan cukup luas, biaya parkir pun sangat murah

Spot Foto

Air terjun kedung pedut : Harga tiket, lokasi dan fasilitas
Terdapat banyak spot foto di curug kedung pedut atau tempat foto menarik yang disediakan pengelola mulai dari rumah pohon, bukit yang sudah di modif untuk spot foto para instagramable, belum lagi spot foto air terjun yang berwarna hijau toska.

Tips singkat jika ingin berkunjung di kedung pedut jogja

  • Jangan datang saat musim hujan (air kotor dan berwarna kuning)
  • Gunakan sandal atau sepatu khusus tracking gunung karena akses jalan tidak begitu mulus
  • Bawalah air minum dan makanan sescukupnya
  • Datang lah berkelompok karena jika hari biasa tempat ini sepi pengunjung

Sejarah

Pada awalnya karena pekerjaan warga sekitar air terjun kedut pedut berkebun dan bertani, dulunya kawasan ini adalah jalan untuk warga sekitar menuju lokasi ke ladang atau perkebunan saja,

Pada tahun 2015 lalu masyarakat sekitar bergotong rotong untuk mengelola dan membangun sedikit demi sedikit seperti akses jalan agar mudah di lalui dan mendirikan beberapa fasilitas umum yang dibutuhkan para pengunjung.

Kondisi jalan pada waktu tidak begitu tertata seperti sekarang, jalan yang sempit dan terjal menjadi kendala para pengunjung untuk datang kesini, ada yang meneruskan ada pula yang baru separuh perjalanan ingin pulang karena jarak dari tempat pintu masuk sekitar 1 Km.
Pengunjung pada saat itu hanya dari warga lokal saja sekitar 10 sampai 20 orang, tetapi pada tahun 2018 sampai sekarang,  pengunjung air terjun ini rata rata perhari sekitar 100 – 500 orang perhari mulai dari warga lokal jogja dan luar kota.

Apa arti Kedung Pedut ?

Mungkin banyak yang ingin tahu apa arti dari kedung pedut ? arti nama itu sendiri tidak lain adalah filosofi dari nama tempat itu sendiri, Kedung adalah kubangan atau kolam lalu untuk kata pedut adalah kabut, yang berarti air terjun kolam berkabut..

Tips Berwisata Air Terjun

1. Perhatikan Cuaca

Hindari untuk pergi ke kawasan wisata air terjun saat musim hujan. Hal ini untuk menghindari beberapa hal seperti jalan yang licin dan membahayakan serta buruknya warna air terjun yang biasanya saat musim hujan berwarna kuning atau keruh.

2. Kenali Medan jalan dan Lokasi

Sudah menjadi hal umum terjadi jika tempat wisata air terjun jauh dari keramaian dan kadang pengunjungnya harus menempuh perjalanan dengan medan yang cukup terjal dan penuh kewaspadaan, Kenali atau bertanya dengan seseorang yang pernah menuju ke tempat air terjun yang ingin kamu datang atau datang langsung pihak pengelola agar lebih aman.

3. Pakaian Wajib Ganti

Agar tidak masuk angin setelah berlama-lama bermain air dengan kondisi baju yang basah, sebaiknya ganti baju dengan pakaian yang kering jika Sobat waktu baca sudah selesai bermain air.

4. Waspada Binatang Liar

Pada umumnya air terjun berada di Hutan karena masih memiliki lingkungan yang alami dan terkadang ada binatang liar berkeliaran di sana, seperti kawanan hewan monyet liar yang tak jarang muncul menjelang sore hari . Maka sobat wajib hati hati dan waspada

5. Alas Kaki Nyaman

Untuk kenyamanan kaki, sebaiknya gunakanlah sendal gunung ketika berwisata ke air terjun karena pada umumnya akses jalan menuju air terjun terjal dan licin.

6. Jangan Pergi Sendirian

Jika ingin sekedar untuk refresing untuk menghilangkan kegalauan jangan pergi ke tempat wisata air terjun sendirian. Wajib membawa teman lebih dari 2 orang..

Aneli Kuala Saya Mahasiswi Wisata di salah satu Universitas Indonesia dan mempunyai Hobi membuat Makanan Minuman, sekaligus menjadi pengurus di Blog waktubaca.com