11 Keindahan Air Terjun Grojogan sewu Tawangmangu

2 min read

Keindahan Grojogan sewu Tawangmangu

Grojogan sewu merupakan air terjun di pegunungan yang berada di Tawangmangu, air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 81 meter dengan debit air yang deras yang langsung dari lereng gunung lawu.

Gemericik air yang jatuh menambah kesan nyaman dan sejuk, suasana alam sekitar curug yang begitu dingin menambah betah berlama lama disini sekaligus takjub.

Keindahan Grojogan Sewu

Keindahan Grojogan sewu Tawangmangu

Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57792
Htm: Rp. 20.000
Telepon:
Lokasi Google Maps: Klik disini
Jam buka: Buka setiap hari 08:00-17:00 WIB

Keindahan air terjun ini sudah tidak bisa di ungkapkan atau di deskirpsikan, semua ciptaan alam yang alami nan sempurna membuat semua takjub dan terpukau oleh keindahan alam di Tawangamngu.

Potensi wisata air terjun tawangmangu ini sangat terkenal di Jawa tengah memiliki pengunjung yang tidak bisa dibilang sedikit pada hari biasa pun sangat ramai.

Baca juga: 7 Wisata Air terjun di Tawangmangu & Harga Tiket

Ditambah lagi, kondisi grojogan sewu saat ini semakin tahun semakin lengkap fasilitasnya dan banyak perbaikian untuk memudahkan pengunjung.

Keadaan alam sekitar serta suasana lokasi yang sangat indah nan alami menambah kesan nyaman, cocok untuk kamu yang ingin membawa pasangan atau keluarga.

Saat berada di lokasi air terjun kamu akan melihat beberapa spot foto menarik disini, untuk spot foto terbaik yakni di jembatan.

Setelah itu, para pengunjung akan disambut oleh beberapa monyet liar yang sering muncul di lokasi air terjun, pengalaman pribadi jangan meninggalkan makanan atau barang apapun di lokasi terkadang monyet disini cukup nakal.

Baca juga :  Harga Tiket Masuk Lampung Walk Terbaru 2020

Jika kamu ingin mengunjungi wisata air terjun grojogan sewu wajib tahu dulu beberapa informasi yang menarik, seperti sejarah, Mitos, Harga tiket masuk (htm) dan jalan menuju lokasi

Sejarah

Keindahan dan sejarah Grojogan sewu Tawangmangu

Cerita tentang sejarah dan mitos Grojogan sewu tentu tidak asing bagi kalian yang berada di daerah Tawangmangu, namun bagi pengunjung luar daerah atau pengunjung baru harus tahu, apa saja sejarah dan mitos di air terjun tertinggi ini ?

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Tawangmangu Terbaru 2020

Cerita sejarah dan Legenda Menurut warga sekitar, dulunya grojogan sewu adalah tempat Baladewa bertapa saat berperang dengan Batarayuda.

Lalu ada cerita Misteri dan mitos yang jarang orang tahu, tentang Jembatan yang berada tepat di air terjun Grojogan sewu yakni menurut warga sekitar Tawangmangu, jika sepasang kekasih yang belum menikah melintasi jembatan tersebut hubungan pasangan tersebut akan kandas atau tidak sampai jenjang pernikahan.

Namun mitos tersebut tidak berlaku untuk pasangan yang sudah menikah, karena saking terkenalnya mitos jembatan ini sampai dinamakan “Kreteg Pegat” jika dalam bahasa indonesia yang berarti Jembatan Pemisah.

Letak dan Kondisi Jalan Menuju Lokasi

Lokasi grojogan sewu tawangmangu

Lokasi Air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini, cukup mudah tepatnya di jalan raya yang terletak di daerah Keja, kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar di Provinsi Jawa Tengah.

Letak geografis grojogan sewu Kabupaten Karanganyar terletak antara 110º 40′ BT – 110º 70′ BT dan antara 7º 28′ LS – 7º4 6′ LS dengan luas wilayah mencapai 772,20 km².

Kondisi jalan menuju lokasi air terjun Grojogan sewu cukup baik dan sangat mudah, ada dua jalan alternatif untuk menuju lokasi air terjun yakni Jalan Pintu 1 dan Jalan pintu 2.

Baca juga :  Terbaru Harga Tiket Masuk Upside Down World Bandung 2020

Jalan pintu 1

Jika ingin menggunakan jalur alternaif pintu 1, kamu akan menaiki anak tangga sekitar 1.260 anak tangga yang cukup kokoh dan lebar untuk ukuran orang dewasa, dengan kondisi jalan cukup landai dan tidak terlalu curam. Selain itu, Kamu akan menemukan beberapa monyet liar di jalan ini.

Jalan pintu 2

Selain jalan pintu 1 ada jalan pintu 2 yang bisa kamu gunakan untuk jalan alternatif, sayangnya jalan pintu 2 ini sedikit jauh dan memutar, namun kamu bisa menyewa kuda yang disediakan pengelola untuk sampai menuju lokasi air terjun.

Harga Tiket Masuk

Jika kamu ingin berkunjung di air terjun terindah dan tertinggi di Tawangmangu, Jawa Tengah ini akan dikenakan biaya masuk yang cukup murah dan terjangkau, harga tiket masuk air terjun grojogan sewu sekitar Rp. 20.000 per orang.

Lalu untuk wisatawan luar negeri akan dikenakan biaya masuk sekitar Rp. 110.000 per orang.

*Harga tiket masuk (htm) terbaru 2020 dan akan berubah pada hari tertentu seperti saat masa liburan dan lebaran.

Fasilitas

Tempat wisata alam air terjun di daerah tawangmangu ini memiliki beberapa fasilitas dan wahan permainan yang cukup baik dan memadai bagi para pengunjung antar lain:

  • Tempat parkir
  • Spot Foto
  • Toilet
  • Mushola
  • Pos Keamanan
  • Kolam Renang
  • Flying Fox

Jika kamu membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir yang cukup terjangkau untuk mobil pribadi Rp. 10.000, Parkir Bus Rp. 25.000 dan Rp. 5.000 untuk motor.

Toilet disini ngga gratis, kamu akan dikenakan tarif Rp. 2.000-Rp.3000 per orang setelah itu jika ingin menggunakan fasilitas lain seperti ingin menggunakan jasa foto dan langsung cetak akan dikenakan biaya foto sekitar Rp. 15.000-Rp. 45.000-,

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Tawangmangu Terbaru 2020

Fasilitas lain seperti Kolam renang di grojogan sewu, pengunjung yang ingin menikmati wisata air ini akan dikenakan biaya masuk Rp. 15.000 per orang.

Wahana permainan menguji adrenalin juga ada disini seperti Flying fox meskipun tidak terlalu panjang hanya beberapa meter saja, tapi cukup menyenangkan.

jika pengunjung ingin menggunakan fasilitas wahana permainan FlyingFox pengunjung akan dikenakan biaya Rp. 25.000-Rp.35.000 per orang.

Harga sewa lain seperti sewa tikar pengunjung akan dikenakan biaya sewa Rp. 10.000 per jamnya.

Jam Operasional

Tempat wisata grojogan sewu dibuka setiap hari senin sampai dengan minggu Jam buka pukul 08:00 WIB sampai dengan tutup sekitar pukul 17:00 WIB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *