10+ Air Terjun Coban Pelangi Malang Harga Tiket & Lokasi

Air Terjun Coban Pelangi merupakan salah satu destinasi wisata air terjun populer di Malang. Terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, air terjun ini menawarkan keindahan alam yang memukau serta nuansa sejuk dan asri.

Dalam artikel ini, kami akan membahas segala hal yang perlu Anda ketahui tentang Air Terjun Coban Pelangi, mulai dari mitos hingga rute menuju lokasi, penginapan, hingga tips untuk menikmati wisata ini.

Baca juga:

Mitos Coban Talun: Kisah Menarik Seputar Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi Malang
Air Terjun Coban Pelangi Malang

Setiap tempat wisata pasti memiliki mitos dan legenda yang menjadi bagian dari cerita di sekitar tempat tersebut. Begitu pula dengan Air Terjun Coban Pelangi.

Menurut mitos yang berkembang di masyarakat sekitar, air terjun ini dulunya ditempati oleh seorang putri cantik yang terpaksa menikah dengan seorang pangeran jahat.

Untuk melarikan diri dari suaminya yang kejam, sang putri memilih untuk bunuh diri dengan melompat dari atas tebing air terjun. Sejak saat itu, tempat ini dianggap sebagai tempat yang angker dan berhantu.

Tiket Masuk dan Fasilitas di Coban Talun

Untuk masuk ke area wisata Air Terjun Coban Pelangi, pengunjung perlu membayar tiket masuk yang berbeda-beda tergantung pada hari dan jenis kendaraan yang digunakan.

Untuk kendaraan roda dua, harga tiket masuk adalah sekitar Rp. 10.000,- per orang, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau off-road, harga tiket masuknya sekitar Rp. 20.000,- per orang.

Selain itu, di area wisata ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti kantin, toilet, tempat parkir, serta beberapa penginapan dan homestay yang bisa Anda jadikan tempat bermalam.

Menantang Adrenalin dengan Coban Talun Offroad

Selain menikmati keindahan alam dan air terjun, di Air Terjun Coban Pelangi juga terdapat jalur offroad yang cocok bagi para pecinta petualangan.

Di sini, pengunjung dapat mencoba sensasi mengendarai mobil atau motor off-road melintasi jalur yang menantang dengan medan berbatu dan berlumpur.

Namun, pastikan Anda selalu memperhatikan keselamatan dan menggunakan alat pelindung diri seperti helm, jaket, dan sepatu khusus off-road.

Penginapan di Sekitar Coban Talun

Jika Anda ingin menikmati suasana wisata Air Terjun Coban Pelangi secara lebih lama, Anda bisa memilih untuk menginap di salah satu penginapan atau homestay yang berada di sekitar area wisata.

Beberapa penginapan yang bisa Anda pilih antara lain Guest House Coban Talun, Homestay Coban Pelangi, dan Villa Bukit Danau.

Harga penginapan di sini bervariasi tergantung pada jenis akomodasi dan fasilitas yang disediakan, namun secara umum, tarifnya cukup terjangkau dan sesuai dengan kantong Anda.

Jalan Menuju Coban Talun yang Indah dan Menantang

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Coban Pelangi, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 40 km dari pusat Kota Malang. Perjalanan menuju lokasi ini cukup menantang karena jalan menuju air terjun berkelok dan terjal.

Namun, perjalanan ini akan terbayar dengan keindahan pemandangan yang luar biasa sepanjang perjalanan. Anda akan melewati hamparan sawah dan kebun teh hijau, hingga akhirnya tiba di lokasi air terjun yang menakjubkan.

Coban Talun Angker ataukah Coban Talun Menakjubkan?

Kembali ke mitos yang berkembang di masyarakat sekitar, bahwa Air Terjun Coban Pelangi dianggap sebagai tempat yang angker dan berhantu. Namun, sebenarnya, air terjun ini merupakan tempat yang sangat menakjubkan dan memukau.

Keindahan air terjun yang tinggi dan gemericik airnya yang jernih, ditambah dengan panorama alam yang hijau dan asri, akan membuat Anda merasa terpesona dan ingin kembali lagi ke tempat ini.

Coban Putri: Keindahan Air Terjun Lain di Sekitar Coban Talun

Tidak jauh dari Air Terjun Coban Pelangi, terdapat juga Air Terjun Coban Putri yang tidak kalah indahnya. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang menjulang tinggi.

Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dengan berjalan kaki melalui jalan setapak yang menantang namun menarik.

Coban Kabut Pelangi: Keindahan Air Terjun dengan Kabut Menawan

Selain Air Terjun Coban Pelangi dan Coban Putri, di Malang juga terdapat Air Terjun Coban Kabut Pelangi yang memiliki keunikan tersendiri. Air terjun ini dikelilingi oleh hutan pinus yang hijau dan rimbun, sehingga terciptalah suasana yang sangat asri dan menenangkan.

Selain itu, saat pagi hari, sering terjadi fenomena kabut yang membalut area sekitar air terjun, yang tentu saja menambah daya tarik dan keunikan dari tempat ini.

Tips Menikmati Wisata di Air Terjun Coban Pelangi

Agar pengalaman liburan Anda di Air Terjun Coban Pelangi menjadi lebih menyenangkan dan tidak terlupakan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

  1. Pertama, pastikan Anda datang di pagi hari agar Anda dapat menikmati keindahan air terjun dan panorama alam dengan lebih jelas dan tenang.
  2. Kedua, jangan lupa membawa pakaian yang nyaman dan cocok untuk kegiatan outdoor seperti berjalan kaki atau trekking.
  3. Ketiga, bawa juga perlengkapan pribadi seperti kamera, sunblock, dan air minum yang cukup.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan Air Terjun Coban Pelangi?

Air Terjun Coban Pelangi merupakan salah satu destinasi wisata alam yang terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Air terjun ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau serta nuansa sejuk dan asri.

2. Apa yang membuat Air Terjun Coban Pelangi begitu populer di Malang?

Air Terjun Coban Pelangi menjadi populer karena keindahan alamnya yang memukau, suasana sejuk dan asri, serta mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai fasilitas seperti kantin, toilet, tempat parkir, dan penginapan yang membuat wisatawan semakin nyaman.

3. Berapa harga tiket masuk ke area wisata Air Terjun Coban Pelangi?

Harga tiket masuk ke area wisata Air Terjun Coban Pelangi bervariasi tergantung pada hari dan jenis kendaraan yang digunakan. Untuk kendaraan roda dua, harga tiket masuk adalah sekitar Rp. 10.000,- per orang, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau off-road, harga tiket masuknya sekitar Rp. 20.000,- per orang.

4. Apa yang perlu dipersiapkan untuk berkunjung ke Air Terjun Coban Pelangi?

Untuk berkunjung ke Air Terjun Coban Pelangi, Anda perlu mempersiapkan pakaian yang nyaman dan cocok untuk kegiatan outdoor seperti berjalan kaki atau trekking, serta perlengkapan pribadi seperti kamera, sunblock, dan air minum yang cukup.

5. Apa yang membuat Air Terjun Coban Pelangi berbeda dengan air terjun lain di Malang?

Air Terjun Coban Pelangi memiliki keindahan alam yang memukau, suasana sejuk dan asri, serta mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Selain itu, di sini juga terdapat jalur offroad yang cocok bagi para pecinta petualangan, dan berbagai penginapan dan homestay yang bisa Anda jadikan tempat bermalam.

Kesimpulan

Air Terjun Coban Pelangi adalah salah satu destinasi wisata alam yang sangat populer di Malang. Terletak di Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, air terjun ini menawarkan keindahan alam yang memukau serta nuansa sejuk dan asri.

Di sini, pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun, panorama alam yang hijau dan asri, serta mencoba berbagai kegiatan menantang seperti offroad dan trekking.

Selain itu, di area wisata ini juga terdapat berbagai fasilitas seperti kantin, toilet, tempat parkir, serta beberapa penginapan dan homestay yang bisa Anda jadikan tempat bermalam.

Di samping itu, Air Terjun Coban Pelangi juga memiliki mitos dan legenda yang menjadi bagian dari cerita di sekitar tempat tersebut. Meskipun terdapat mitos tentang tempat ini sebagai tempat yang angker dan berhantu, namun sebenarnya Air Terjun Coban Pelangi adalah tempat yang sangat menakjubkan dan memukau.

Keindahan air terjun yang tinggi dan gemericik airnya yang jernih, ditambah dengan panorama alam yang hijau dan asri, akan membuat Anda merasa terpesona dan ingin kembali lagi ke tempat ini.

Jadi, jika Anda ingin menikmati liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan di Malang, jangan lupa untuk mengunjungi Air Terjun Coban Pelangi. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *